Terminal 3, Bandara Soetta Semakin Megah

Pembangunan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, yang dijuluki ‘Terminal 3 Ultimate’, Mendekati Rampung

Terminal 3, terminal termuda di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pada saat ini telah mendekati rampung dan dikabarkan dapat mulai operasional pada bulan Mei tahun 2016 ini. Terminal yang dijuluki “Terminal 3 Ultimate” ini memang telah lama direncanakan untuk diperluas dan diperbesar, selain untuk mengatasi begitu padat dan macetnya lalulintas penerbangan di Bandara Soetta selama ini, tapi juga untuk memperbesar kapasitas Bandara Soekarno Hatta menjadi Terminal Transit mancanegara terutama untuk kawasan Asia dan sekitarnya.

Pembangunan Terminal 3 Ultimate, Bandara Soekarno-Hatta

Sumber: dokumentasi Bandara Soekarno Hatta / PT Angkasa Pura II

Sudah tidak mengherankan lagi, bahkan bisa dibilang mulai jenuh, bahwa hampir tiap pagi dan tiap sore terjadi kemacetan kendaraan bermotor di hampir semua terminal di Bandara Soetta. Perluasan terminal telah lama dicanangkan sebagai salah satu cara mengatasi kepadatan lalulintas manusia dan kendaraan bermotor. Pengembangan Terminal 3 Ultimate juga termasuk pembangunan jalan layang agar para traveler dari Jakarta bisa berkendara dari tol akses Bandara langsung memasuki Terminal 3 tanpa harus melalui Terminal 1 ataupun Terminal 2 terlebih dahulu. Fasilitas jalan tol akses Bandara pun akan diperluas dan diperlebar, untuk mengurangi kemacetan yang masih terlalu sering terjadi di tol akses Bandara ini. Ini belum termasuk berbagai alternatif moda transportasi, antara lain Kereta Bandara dan bis TransJakarta.

Bandara Semakin Megah

Luas gedung Terminal 3 pun kurang lebih sama atau bahkan lebih besar dari Terminal 1 ataupun 2. Lahan parkir kendaraan, peron untuk ruang tunggu, kios duty-free shop, dan loket pelayanan penumpang, jelas ditambah pula. Jumlah kios untuk restoran pun penjualan oleh-oleh, barang-barang duty-free, sudah cukup banyak saat ini di Terminal 3 yang sudah ada, dan diperkirakan bahwa minat para pengusaha dan wiraswasta untuk membuka usaha-usaha baru di dalam pun sekitar terminal masih cukup tinggi.

T3 Ultimate ini memiliki lima lantai dimana lantai paling bawah akan digunakan sebagai terminal kedatangan dan lantai 2 digunakan sebagai terminal keberangkatan. Sementara sisanya akan digunakan sebagai lounge dan sarana perkantoran. Di dalam terminal, nantinya akan dipisahkan mulai dari lokasi check-in dan ruang tunggu internasional dan domestik. Untuk penerbangan internasional T3 Ultimate sudah dilengkapi garbarata ganda khusus pelayanan pesawat super jumbo ‎seperti Airbus 380.

Jumlah hotel-hotel di sekitar Bandara Soetta pun terus bertambah, dengan beberapa hotel baru yang baru rampung pembangunannya dalam setahun-dua-tahun ini.

Terminal 3 dan Terminal 4 Soetta

Foto: Dokumentasi Bandara Soekarno-Hatta / PT Angkasa Pura II

Terminal 3, lanjut Terminal 4

T3 Ultimate diperkirakan akan operasional Mei 2016, dan pembangunan secara menyeluruh diperkirakan rampung pada 2017. Sementara itu juga ada rencana untuk dibangunnya Terminal 4, di mana Terminal 4 ini ditargetkan rampung tahun 2020. Dan ini juga sesuai dengan kenyataan bahwa lalulintas travel dari dan ke Jakarta pun Indonesia masih terus meningkat; dan dengan meningkatnya kapasitas Bandara Soekarno Hatta secara keseluruhan, ini juga meningkatkan kapasitas untuk wisatawan mancanegara berkunjung ke bandara-bandara dan daerah-daerah lain se-Nusantara.

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.