Wisata Olahraga dan Pantai Di Tanjung Lesung

Tanjung Lesung menawarkan beragam aktivitas dan olahraga air seru dan menyenangkan.

tANJUNG lESUNG dESTINASI INDONESIA

TANJUNG Lesung bisa menjadi alternatif berlibur bagi keluarga. Meski belum sempurna, kawasan seluas 1.500 hektare itu terus berkembang. Apalagi setelah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus, yang berarti pembangunan infrastruktur dan kemudahan perizinan satu atap akan segera terlengkapi.

Di dalam Tanjung Lesung, beragam aktivitas water sport bisa dijumpai. Juga kegiatan ringan yang bisa menghapus lelah dan kebosanan rutinitas sehari-hari. Bersepeda, memanah, fun games hingga fasilitas golf 18 hole bisa dicoba. Banana boat, ATV, snorkeling, diving, sampai sailing layak dijalani.

Ada juga trip ke berbagai objek wisata sekitar, seperti agro wisata salak birus, batik Desa Cikadu, sampai petualangan ke Ujung Kulon dan Anak Krakatau.

Untuk bisa menikmati semua itu, silakan menginap di hotel bintang dan Kalicaa Villa Estate dengan pilihan 1 hingga 3 kamar tidur yang dilengkapi dengan private pool. Mau sedikit berpetualang, pilih fasilitas camping di alam terbuka. Semuanya menawarkan keasyikan tersendiri. Harga yang dibayar dan kepuasan yang didapat sungguh sebanding.

AKTIVITAS

Tanjung Lesung menawarkan beragam aktivitas dan olahraga air. Beach Club menjadi basecamp hampir semua kegiatan. Mulai dari camping, banana boat, sampai berpetualang menggunakan ATV. Beragam paket ditawarkan, termasuk Glass Bottom Best Trip, Sunset Beach Trip, snorkeling, kayak, dan masih banyak lagi. Dari Beach Club pula, perjalanan menuju Anak Gunung Krakatau dan Ujung Kulon dimulai.

tanjung lesung destinasi indonesia

Selain itu, jangan lewatkan aktivitas sailing di Tanjung Lesung Sailing Club. Berperahu layar, berteman dengan angin, sembari menikmati surga lautan dan langit biru. Lainnya, jelajahi kawasan Tanjung Lesung untuk menemukan pemandangan pantai-pantai memesona. Jangan lupa kunjungi Desa Cikadu, desa binaan yang menekuni kerajinan batik dan Agro Wisata Salak Birus.

Sailing Club Tanjung Lesung

Di Indonesia, belajar sailing baru bisa dijumpai di Tanjung Lesung dan Bali. David Bayliss asal Inggris, pemilik Tanjung Lesung Sailing Club, mengaku jatuh cinta dengan keindahan dan ketenangan Pantai Tanjung Lesung. Dia memutuskan membuka klub dan menghabiskan hari-harinya di kawasan tersebut.

tanjung lesung destinasi indonesia

Siapa yang bisa belajar sailing?, pada dasarnya, terang Bailiss, aktivitas tersebut bisa dilakukan siapa saja, mulai dari anak usia 4 tahun. Klub menyediakan instruktur untuk mendampingi sekaligus mengajarkan teknik-teknik berlayar.

Untuk kegiatan itu, harga yang dibayar relatif terjangkau dan sebanding dengan sensasi yang didapat. Tawaran harga sesuai dengan jenis kapal yang digunakan, yaitu mulai dari Rp75 ribu hingga p300 ribu/jam. Para pengunjung juga bisa menginap di pondok-pondok yang disediakan, serta menikmati hidangan di klub tersebut.

Bersepeda

Ini adalah aktivitas yang mengasyikan, menikmati pemandangan sepanjang bibir pantai, mendatangi berbagai fasilitas yang ditawarkan sembari berolahraga. Tersedia sepeda tunggal dan tandem. Harga sewa Rp40 ribu/jam untuk sepeda tunggal dan Rp60 ribu/jam untuk sepeda tandem.

Ragam Kegiatan

Di dalam Kawasan Tanjung Lesung terdapat berbagai fasilitas pendukung yang bisa dimanfaatkan.

  • Memanah Rp25 ribu perlima busur
  • Fun games Rp80 ribu/orang minimal 30 orang sudah termasuk ice breaking
  • Painting gerabah dan caping Rp50 ribu
  • Membatik ukuran saputangan Rp35 ribu
  • Setiap akhir pekan diadakan pertunjukan, mulai dari fire dance, rampak bedug, dan debus. Jika datang berombongan bisa dipesan khusus dengan harga Rp500 ribu (fire dance), Rp5 juta (rampak bedug dan debus), dan Rp3,5 juta (organ tunggal)

Batik & Salak Birus

Tanjung Lesung memiliki Desa Cikadu yang masyarakatnya — khususnya kaum perempuan — tengah dibina untuk menekuni kerajinan batik. Dari situ mereka mendapat keahlian baru dan bisa memeroleh pendapatan tambahan. Kegiatan tersebut juga menghasilkan motif-motif khas, antara lain gambar lesung, badak, dan ikan. Harga selembar selendang atau kain batik khas Banten antara Rp150 ribu hingga jutaan rupiah.

Tanjung Lesung Destinasi Indonesia

Selain itu, Tanjung Lesung juga tengah merintis agro wisata salak birus di Kampung atau desa yang sama, Kecamatan Panimbang, Pandegelang. Total luas wisata agro yang tengah dikembangkan sekitar 8.000 m2 dan sudah berapa kali panen. Uniknya, ukuran salak birus sangat mugil. Namun, rasanya manis dan renyah.

Banana Boat, Glass Bottom Boat

Pemandangan bawah laut bisa dinikmati lewat glass bottom boat. Petualangan dengan ketegangan bisa dilakukan dengan banana boat. Jika mau menciptakan teriakan, beri kejutan pada teman-teman, bekerjasama dengan pengemudi. Keusilan ringan dengan memiringkan banana boat bisa membuat peserta berteriak kaget. Dan itu akan menjadi kenangan tak terlupakan. Glass Bottom Boat Trip dan Banana Boat Trip ditawarkan dengan harga Rp110 ribu/orang.

Golf

Tanjung Lesung tengah membangun lapangan golf 18 hole di tepi pantai, berikut danau buatan. Menjadi tempat bersantai, olahraga, sekaligus lobi bisnis.

ATV

Aktivitas ini mesti dicoba. Menikmati ATV dengan rute-rute menantang sekaligus menyajikan pemandangan aduhai. Melintasi sungai, lumpur, hingga bibir pantai. Menjelang matahari jatuh di peraduan, suasana berubah syahdu dan indah. Membentuk siluet dengan semburat warna merah di latar pantai.

Main ATV di Tanjung Lesung

Sunset ATV tour

Tanjung Lesung menawarkan beberapa paket ATV. Easy track selama 45 menit seharga Rp400 ribu, medium track Rp500 ribu, dan hard track Rp600 ribu. Saat ini manajemen juga tengah menyusun paket Night ATV mulai pukul 17.00 hingga pagi. Pengunjung diajak menjelajahi alam dan desa-desa, berinteraksi langsung dengan warga.

Golf di Tanjung Lesung

Taman Nasional Ujung Kulon

Tanjung Lesung memiliki paket Ujung Kulon. Para tamu yang tertarik bisa menyewa speed boat seharga Rp10.750.000 dengan maksimal peserta 8 orang. Nikmati kekayaan alam di taman nasional seluas 122.956 hektar itu.

Pulau Peucang adalah salah satu tujuan di Taman Nasional Ujing Kulon. Perairannya cocok untuk snorkeling dan diving. Nikmati juga treking melihat matahari tenggelam di pulau seluas 450 hektar itu.Dari Pulau Peucang, perjalanan bisa dilanjutkan ke Cidaon, untuk menikmati padang rumput dan aktivitas satwa liar seperti rusa, banteng, burung merak, ayam hutan, dsb. Datanglah pagi hari atau sore Hari. Dari situ bisa berjalan kaki ke Cibunar untuk melihat lebih dekat habitat banteng dan berbagai jenis burung.

Ujung Kulon juga punya Kepulauan Handeuleum. Di kepulauan itu kegiatan telusur sungai dengan kano bisa dilakukan. Jika ingin menyelam dan snorkeling, kunjungi Pulau Panaitan. Kawasan itu juga memiliki titik surfing yang kerap disebut One Palm Point.

Anak Krakatau

Anak Krakatau adalah salah satu wisata alam yang layak dikunjungi, memiliki perpaduan langka antara gunung berapi dan lautan. Objek wisata alam itu menawarkan aktivitas mendaki gunung sekaligus menyelam dan snorkeling.

Tanjung Leusng Resort memiliki paket Krakatau Excursion seharga Rp9.500 ribu per trip, maksimal untuk delapan orang. Paket itu sudah termasuk pemandu wisata, lunch box, dan softdrink.

Gunung Anak Krakatau dan sekitarnya memiliki cukup banyak spot diving. Lagoon Cabe adalah salah satu yang harus dikunjungi. Kedalamannya antara 6 hingga 8 meter dan banyak cekungan yang ditumbuhi terumbu karang yang menjadi tempat hidup habitat berbagai jenis ikan.


Originally published at Destinasi Indonesia.

Show your support

Clapping shows how much you appreciated Destinasi Indonesia’s story.