Duplicate Group Adobe Photoshop untuk mempercepat proses Desain.

Bagi beberapa pengguna Photoshop mungkin ada yang belum mengetahui beberapa fungsi pada photoshop yang dapat meningkatkan efisiensi dalam pekerjaan.

Salah satu fitur yang sangat membantu di Photoshop yaitu duplicate gorup. Fitur duplicate group dalam photoshop sangat membantu untuk pekerjaan anda baik itu untuk keperluan web desain maupun mobile aplication.

Jika anda berencana untuk membuat lebih dari satu file berbeda yang memiliki document size yang sama, serta ingin menempatkan objek tertentu dengan tata letak yang serupa antara satu dokumen dengan dokumen lainnya, fungsi duplicate group akan sangat membantu anda untuk itu.

Kondisikan anda sedang membuka dua file Photoshop dengan asumsi kedua buah dokumen tersebut memiliki dimensi yang serupa (weight x height), disini saya akan menamakan Dokumen 1 sebagai layer yang akan di duplikasi dan Document 2 yang menjadi target file duplikasi.

Gambar Dokumen 1
Gambar Dokumen 2

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Anda cukup menyeleksi Layer yang anda ingin gandakan, baik itu layer secara individu maupun sebuah Group Layer, Pada contoh di bawah saya akan berikan seleksi Group Layer.

Pilih Group Layer

Lalu klik kanan dan pilih Duplicate Group

Selanjutnya akan ada pop up Duplicate Group dan akan muncul nama group yang anda seleksi, disini anda cukup memilih dokumen mana yang anda ingin masukan file duplikasi group tersebut pada kolom Destination.

Dalam contoh saya akan memindahkan file duplikasi “navigation TOP” dari File Blog PSD ke file Official header 1, setelah terpilih lalu klik OK.

Pop-up Duplicate Group
Pilih destination file

Setelah proses duplikasi selesai, maka objek atau layer group yang sudah anda duplikasi akan pindak ke dokumen yang anda tuju dengan letak yang sama percis seperti pada dokumen sebelumnya.

File Setelah Duplicate Group

Cukup mudah dan membantu bukan?

Silahkan share tulisan ini jika anda menyukainya, sehingga info ini dapat membantu rekan maupun sahabat anda yang lain.