Membuat Ukuran “stroke” Konsisten Ketika Resizing Objek Pada Adobe Illustrator

Hello semua, Kali ini saya ingin memberi tips sederhana untuk kalian para pengguna Adobe Illustrator ketika sedang mengolah grafis maupun membuat sebuah objek.

Mungkin kamu sudah familiar dengan Rectangle Tool, Round Tool, dan kawan-kawannya. Tool tersebut pasti sering kamu gunakan ketika ingin membuat objek tertentu baik itu untuk Logo ataupun Illustrasi lainnya.

Ketika kamu sedang membuat suatu objek yang menggunakan stroke adakalanya kamu ingin ukuran stroke tersebut tetap sama walaupun kamu memperbesar ataupun memperkecil ukurannya dengan cara drag menggunakan selection tool (v).

Misalnya kamu ingin membuat objek kotak dengan stroke 1 pixel tanpa fill colour, lalu kamu ingin memperbesar objek tersebut tanpa merubah ukuran stroke tersebut dalam kata lain ukuran stroke tetap 1 pixel ketika di perbesar.

objek rectangle
objek ketika di resize

Kalian bisa merubah settingan tersebut di Preference atau menggunakan shortcut cmd+K (mac)/ ctrl+K (Windows), lalu pilih menu Scale Strokes & Effects dan kalian bisa uncheck pada menu tersebut karena setting standar bawaan Illustrator sudah tercentang, setelah itu klik OK.


Jika sudah melakukan setting tersebut, selanjutnya ketika kalian membuat objek stroke baik itu rectangle, round, dan objek lainnya yang menggunakan stroke maka objek tersebut akan tetap konsisten pada ukuran yang sudah kalian tetapkan sebelumnya.