Mengenal fitur Trim pada Adobe Photoshop

Hello guys, kali ini saya ingin menjelaskan salah satu fitur dalam Adobe Photoshop yang mungkin saja jarang anda gunakan ketika sedang mengolah dokumen yaitu Trim.

Fitur Photoshop yang saya bahas ini merupakan penjelasan cukup sederhana namun akan membantu pekerjaan anda menjadi lebih cepat.


Ketika anda sedang mengerjakan sebuah dokumen di photoshop, baik itu untuk desain aplikasi mobile maupun web ada kalanya anda mesti merubah ukuran layer background, bisa itu memperlebar maupun memperkecil ukuran layer. Namun biasanya anda juga harus menyesuaikan ukuran layer dokumen anda agar sesuai dengan ukuran yang anda inginkan.

Anda dapat memperbesar atau memperkecil layer (height/weight) dengan menggunakan menu Transform (Cmd+T/Ctrl+T) lalu dragging objek atau juga merubah ukurannya melalui menu Properties.

Permasalahannya yaitu, ada kalanya anda meninggalkan transparent background pada Canvas yang mesti di buang ketika anda memperkecil ukuran sebuah layer.

Anda bisa saja menghilangkannya dengan mengatur image size, namun saya akan beri tips untuk membuang transparent background pada layer dokumen anda dengan cepat dan mudah.

Gunakan menu Image-Trim, dan anda dapat memotong bagian transparan pada layer anda. Dalam menu trim, anda dapat menentukan bagian mana yang ini anda buang, apakah itu bagian transparent dari layer atau pixel color/ layer berwarna, juga area tertentu dari layer (atas-bawah-kanan-kiri).

menu trim

Dalam contoh kali ini saya akan menggunakannya untuk membuang bagian transparent pada layer. Sesuaikan ukuran objek layer yang ingin anda perkecil.

dokumen sebelum di trim
dokumen setelah di perkecil

Setelah anda memperkecil layer yang anda inginkan, lalu pilih menu trim, dan pilih transparent pixel, maka bagian transparent akan langsung terbuang dari dokumen anda.

layer setelah proses trim

Anda juga dapat menyetel shortcut untuk menu trim ini karena photoshop secara default tidak memberikan shortcut untuk menu ini. Buka menu-edit-keyboard shortcut. Pilih Shortcut For Application Menus , lalu pilih images dan cari menu Trim. dan anda bisa langsung memodifikasi shortcut trim sesuai selera anda.

keyboard shortcut

Menu trim ini sangat sering saya pakai untuk membuang bagian-bagian layer yang tidak saya inginkan khususnya untuk mengerjakan area Footer ketika mendesain sebuah website.

Kelebihan dari menggunakan menu trim ini ialah objek anda akan terpotong dengan sempurna sesuai ukuran yang anda mau. Hal ini sangat berguna bila anda ingin mendapatkan layer dengan perfect pixel pada dokumen yang anda kerjakan.

Semoga tutorial singkat ini dapat membantu, dan jangan lupa share ya guys :)