Prologue;

sebut saja, Ranum. perempuan yang selalu me-nik-ma-ti Hujan.

Ranum juga pernah baca Teman Imaji, dia se-jatuh-cinta aku pada Teman Imaji, pada Kica-kica, pada Adit-adit. tak pernah dia menemui dirinya jatuh hati kepada Banyu. tapi untuk Adit, itu sangat mungkin.


sebenernya cerita ini sudah memiliki judulnya sendiri, Di Balik Punggung Rhea. kenapa di balik punggung Rhea? sebutlah Ranum, perempuan yang selalu meracau di balik punggung Rhea, di balik laki-laki yang sudah menjadi sahabatnya sedari kelas tiga SMP. di kursi penumpang itulah Ranum selalu meracau. di motor biru itu. di balik punggung Rhea. dia tidak akan lelah meski harus bercerita tentang Rhea — sebut saja Rere, seperti Ranum biasa menyebutnya — lagi dan lagi.

di balik punggung itulah beribu kata mereka tukar berdua. dari hal yang tidak penting, sampai yang paling penting. dari sekedar menemukan seorang teman di jalan, sampai menebak-nebak orang lain berjodoh dengan siapa. setiap hari. tanpa tapi.

kalaulah ditanya siapa yang paling kenal Rhea, pasti Ranum jawabannya. begitupun sebaliknya.

tapi Ranum tau, di balik punggung itu.. hanya ada satu perempuan yang selalu Rhea sebut-sebut namanya. perempuan itu bukan Ranum. perempuan itu adalah perempuan paling beruntung karena menjadi seseorang yang dijatuh cintai oleh Rhea. bahkan Ranum sudah kalah, sebelum Ia memulainya.

begitu pula Ranum, sekali waktu menemukan seseorang yang membuatnya balik mencintai. bukan Rhea. tidak mungkin Rhea. seseorang itu, menjadi alasan kenapa Ranum harus menjaga hatinya, bahkan dari Rhea.

dekat, bukan berarti tak ada sekat.
Kerinduannya terhadap Rhea, sederas hujan sore itu.


tulisan di atas, sebenarnya tak termasuk prologue — atau masuk. hanya sekilas tentang Ranum yang selalu meracau dibalik punggung Rhea. yang selalu ingin bertanya kepada Rhea,

“Re, do you believe that man and woman can be just friend?”.

Kota Hujan, 3 Oktober 2016 | Echa-echa.

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.