Tips Membuat dan Mempublish UI Design kamu di Dribbble #2

Barly Vallendito
Dipa Inhouse
Published in
3 min readJan 5, 2021

Hi guys, Pada artikel kali ini saya ingin melanjutkan artikel sebelumnya. Oh ya bagi temen-temen yang belum membaca bagian #1 berikut Artikelnya. So, langsung aja berikut beberapa lanjutan tipsnya.

9. Write Your Descriptions and Tags

Selanjutnya untuk description shot biasanya saya menggunakan 3 struktur kalimat seperti ini:

  • Greetings (Hi, Hello, Hey, etc)
  • Content (shot)
  • CTA (Email / Social Media) Tujuannya adalah untuk memudahakan client reach & contact tanpa harus mampir dan effort untuk mencari kontak yang bisa dihubungi ke profile kita.

Untuk Tags biasanya saya menggunakan 10 Unique tags & 10 Popular tags di Dribbble. Untuk mendapatkan list popular di Dribbble kalian bisa akses di section dribbble footer dengan menu Directories - Tags.

10. Shot at the Right Time, Bro!

Setelah semuanya sudah ready, selanjutnya saya menentukan waktu shot. Proses menentukan waktu shot ini saya berdasarkan Google Analytic yang sudah terintergrasi dengan Dribbble akun. Sayangnya feature ini hanya berlaku bagi temen-temen yang berlangganan as a Pro Player Dribbble. Bagaimana jika bukan Pro Player?

Mungkin artikel dari NVision bisa membantu temen-temen untuk menentukan golden time shot ya.

11. Active Like & Comment

Woohoo, setelah shot kita sudah terpublished, selanjutnya jangan langsung meninggalkan feed dribbble ya, biasanya saya spend waktu beberapa menit dan paling lama 30 menitan untuk active di Dribbble seperti like & comment di tab Popular dan tab New & Noteworthy, tujuannya agar kita juga dinotice player lain dan mereka melihat shot terbaru kita.

13. Share on Social Media

The last step, selanjutnya untuk reach more audience, saya melakukan share link dribbble shot dengan social media yang mendukung seperti Uplabs, Instagram, Twitter & Linkedin.

Tidak hanya share di social media, temen-temen juga bisa share ke grup-grup yang fokus untuk share hasil portfolio atau shot ya, jangan sampai spam ke grup yang bukan untuk share/showcase portfolio.

Terimakasih telah membaca tulisan saya. Jika di rasa bermanfaat silahkan 👏 & share. Tulisan ini ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi.

--

--