Yeah! Lima Ide Startup Yang Mungkin Saya Eksekusi

Jume Analyes
djume
Published in
2 min readJun 9, 2018
Photo by Paul Murphy on Unsplash

Mengambil jeda atau istirahat membuat saya mencoba mencari inspirasi dan ide-ide tentang langkah saya atau konsep startup kedepannya. Beberapa ide yang sangat mungkin dieksekusi, saya coba listing dan sharing dengan teman-teman disini. Adapun ide-idenya adalah sebagai berikut:

  1. Tripgram World merupakan sebuah mobile marketplace yang bertujuan membantu traveler untuk terhubung dengan local Instagram photographer agar moment liburan mereka ter-capture dengan kualitas sekelas selebgram. Pada dasarnya mirip dengan Frameatrip dan SweetEscape tetapi lebih fokus ke pengalaman traveling-nya dan peningkatan kerja sama dengan bisnis lokal. Saat ini sudah dapat diakses di https://tripgram.world, tetapi kita belum bisa beroperasi.
  2. Hijrah Protocol merupakan sebuah blockchain protocol yang bertujuan membentuk fondasi ekonomi baru yang sesuai dengan sharia law. Hal ini terinspirasi dari minat saya yang tinggi terhadap blockchain serta pengalaman saya mendengar langsung kisah sedih seorang janda di Bandung yang terlilit hutang kepada rentenir, dia harus membayar lebih dari 100% bunganya hanya untuk pinjaman selama 2–3 minggu. Selain itu, kenapa sharia? Karena sepanjang pemahaman saya tentang ekonomi, sharia economic adalah sistem yang paling adil.
  3. Cambridge Analytica versi Indonesia merupakan data insight platform dan consulting untuk political candidate. Ide ini muncul sebenarnya karena timing tahun politik serta passion saya di bidang data dan digital branding. Pada prinsipnya ide ini lebih opportunistic akibat melihat potensi pasar yang ada serta waktu yang tepat. Namun, ada potensi juga ke arah komersial setelah tahun politik usai.
  4. One Minute Leisure TV merupakan content creator yang fokus menghasilkan video berdurasi satu menit saja dengan topik diawal seputar gaya hidup dan traveling. Ide ini muncul karena kebosanan saya membaca informasi seputar traveling yang bertele-tele dan menonton video yang terlalu panjang dan garing. Konsep awalnya memang lebih ke leisure tetapi bisa ke bidang lain juga nantinya.
  5. Cryptocurrency Consulting dan Exchange merupakan sebuah layanan dan platform yang berguna untuk membantu orang awam dalam berinvestasi pada mata uang kripto. Sederhananya, seperti Indodax, Luno, dan lain-lain. Namun, nilai yang kita coba tawarkan adalah edukasi dan pola investasi seperti reksadana, dimana investor tidak perlu melakukan trading tetapi cukup memilih paket dari kumpulan mata uang kripto yang sudah dikurasi.

Ide bisa datang dari mana saja, bisa dari masalah, peluang, atau passion kita. Nah, bagi saya ide sering tidak susah dicari tetapi perkara lain ketika bicara eksekusi. Execution menjadi hal yang krusial dalam menentukan keberhasilan startup. Salah satu prinsip yang saya pegang adalah “There is no billion dollar idea but billion dollar execution”. Langkah saya berikutnya mungkin eksekusi dari salah satu ide tersebut atau pilih karir lain seperti artikel sebelumnya.

Bagaimana menurut teman-teman? Ide mana yang lebih menarik untuk dieksekusi? Tentunya tidak mungkin semuanya pada satu waktu.

Connect with me on LinkedIn or Facebook

--

--