Mengoptimalkan Riset Konten: 5 Tools Untuk Bantu Menemukan Ide Konten

Aisyah Salsabila
DOT Intern
Published in
5 min readAug 14, 2023

Istilah konten tentunya sangat tidak asing bagi seorang konten kreator atau orang yang bekerja di bidang digital marketing. Lalu konten itu apa? Konten merupakan suatu informasi yang tersedia di media atau produk elektronik. Isi konten biasanya terdapat di berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan platform media sosial lainnya.

Dalam membuat konten, tentunya kita harus menyesuaikan isi konten yang akan kita buat sesuai dengan target audiens yang relevan dengan brand atau produk kita. Sebelum membuat konten tentunya kita harus memikirkan ide konten yang sedang hangat dibicarakan akhir-akhir ini. Memikirkan ide konten terkadang mudah dan juga terkadang sulit, dan pada akhirnya terkadang buntu. Seringkali, sebagai seorang konten kreator terkadang merasa kehabisan ide, kalian merasa gitu juga ga?

Dengan semakin pesatnya dunia digital, banyak bermunculan tools yang dapat memudahkan kita untuk mencari berbagai informasi terkini. Salah satunya yaitu tools yang dapat memudahkan kita untuk menemukan ide konten. Berikut beberapa rekomendasi tools yang bisa kamu coba.

REKOMENDASI TOOLS RISET IDE KONTEN

  1. Answer The Public

Tools ini akan memberikan rekomendasi judul konten berdasarkan benyaknya pertanyaan yang berkaitan dengan keyword yang kamu tulis. Answerthepublic akan menampilkan pertanyaan sesuai dengan what, who, where, when, which, how, dan masih banyak lagi.

Tools ini membantu saya dalam mencari beberapa ide konten buat Nest Academy, seperti di samping ini. Saya mencari ide topik untuk pembuatan konten dengan topik “web portfolio”. Dari berbagai hasil, saya menggunakan who dengan judul “web portfolio inspiration” sebagai ide konten yang akan saya kembangkan.

2. Title Generator dari Semrush

Tools ini mirip dengan Answer The Public, namun yang membedakannya yaitu hasil dari Title generator ini lebih banyak memberikan ide konten atau judul konten yang ingin kamu bahas. Dengan memasukkan kata kunci atau topik konten yang ingin kamu bahas, kemudian klik “get my titles”. Lalu, akan muncul hasil berbagai ide konten yang kamu inginkan.

Saya menggunakan tools ini untuk mencari ide judul konten Nest Academy. Disini saya mencari tentang proses rekrutmen untuk anak IT. Kemudian muncul hasil seperti di samping. Dari hasil tersebut, saya memilih “Process Recruitment For Tech Division : What you Need to Know”. Dari judul tersebut, kemudian dikembangkan lagi sesuai dengan kebutuhan konten tersebut.

3. Tiktok Creative Center

Seperti yang kita ketahui, Tiktok merupakan sebuah platform media sosial yang setara dengan Instagram, Twitter, dan lainnya. Namun, Tiktok bisa menjadi tools yang dapat membantu kamu dalam mencari topik konten yang sedang viral atau trending saat ini. Selain itu, Tiktok juga mengeluarkan fitur yang dapat mempermudah dalam melakukan pencarian yang sedang trending saat ini yaitu Tiktok Creative Center. Tools ini dapat menampilkan trends hashtag, lagu, kreator, dan lainnya. Selain itu, Tiktok Creative Center juga dapat menampilkan beberapa insiprasi seperti keyword, iklan, produk, dan lainnya berdasarkan popularity.

Tools ini saya gunakan untuk mencari lagu yang sedang trending. Hal ini saya gunakan ketika ingin upload konten reels di Nest Academy dengan menggunakan lagu yang sedang trending.

4. BuzzSumo

BuzzSumo adalah sebuah tools yang sangat bisa diandalkan bagi kamu yang mencari ide konten. Kelebihan tools ini yaitu, dapat mencari trending dari berbagai media sosial seperti Twitter, Facebook, dan lainnya. Selain dapat menampilkan trending, BuzzSumo juga dapat mengetahui konten yang paling banyak dibagikan, menganalisis konten dan kompetitor, membaca tren, mengidentifikasi influencer berpengaruh, dan melakukan monitoring performa konten.

Pada tools ini, digunakan untuk membantu saya dalam mencari informasi dan konten apa yang paling trending saat ini. Saya gunakan untuk mencari technology trend yang sedang hangat diperbincangkan. Namun, tools ini tidak sering saya gunakan dalam mencari ide konten untuk Nest Academy.

5. ChatGPT

Menurut Search Engine Journal, ChatGPT adalah sebuah chatbot yang berbasis teknologi AI (Artificial Intelligence) yang memiliki kemampuan untuk berinteraksi secara percakapan dengan penggunanya. Respon yang dihasilkan juga akurat sesuai dengan perintah penggunanya. ChatGPT ini bisa kamu gunakan juga dalam mencari ide konten. Kamu tinggal menuliskan perintah untuk mencari ide konten yang baru.

Contohnya, “Saya adalah Konten kreator dan saat ini saya sedang membutuhkan beberapa ide konten segar untuk instagram saya. Tema umum konten saya adalah (…) dan audiens saya adalah (…). Bisakah anda memberi saya beberapa ide konten baru yang mungkin menarik bagi mereka?” Kemudian, ChatGPT akan memberikan hasil seccara lengkap yang sesuai dengan yang kamu mau.

ChatGPT banyak sekali saya gunakan ketika untuk mencari ide konten, copywriting, caption, dan lainnya dengan memodifikasi dari hasil yang diperoleh. Salah satunya untuk ide konten dan copywriting di Instagram DOT Indonesia. Hal ini membantu saya dalam menyusun teks yang baik serta terkesan formal.

instagram.com/dot.indonesia
instagram.com/dot.indonesia

Itulah 5 tools yang bantu kamu untuk riset ide konten. Tools tersebut sangat membantu ketika kamu stuck atau tidak ada ide lagi untuk membuat konten. Jadi, coba beberapa tools diatas untuk membuat konten-konten marketing kamu! Semoga Bermanfaat.

Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Konten

https://glints.com/id/lowongan/buzzsumo-adalah/

https://www.searchenginejournal.com/what-is-chatgpt/473664/#close

--

--