DOT Engineering 2018 Recap

Didik Tri Susanto
Dec 30, 2018 · 6 min read
Image for post
Image for post

Laravel

Yup, bisa dikatakan hampir seluruh project masih menggunakan PHP sebagai server side scripting dan Laravel sebagai framework utamanya.

Selamat Datang React Native

Tahun ini trend aplikasi native tergantikan dengan teknologi React Native. Setidaknya ada 2 project mobile yang dibangun menggunakan React Native. Bahkan salah satu project menggunakan Nodejs sebagai server side scripting dengan framework Restify.

Memasuki Era Kotlin

Semenjak Kotlin didukung penuh oleh Android dan stabil, Android engineer kami mulai riset dan mempelajari Kotlin sebagai bahasa pemrograman Android app mendatang.

Migrasi ke Google Cloud Platform

Semakin meningkatnya kebutuhan infrastruktur development dan riset, kami memutuskan untuk melakukan migrasi ke Google Cloud Platform (GCP) karena memiliki banyak pilihan infrastruktur yang dapat digunakan untuk development seperti Compute Engine atau pengolahan data menggunakan BigQuery.

CI/CD & Auto Deployment

Ada 3 jenis environment yang biasa kami gunakan untuk development & delivery yaitu Development, Staging, Production. DevOps culture kami sebelumnya untuk proses deployment adalah manual deployment di mana kami harus akses server di masing-masing environment dan melakukan deployment secara manual.

DOT Gitlab Runner: Tak ada lagi kuota pipeline gitlab

Semakin banyak penggunaan fasilitas CI/CD di Gitlab membuat jatah pemakaian pipeline semakin banyak, sedangkan kuota Pipeline pada Free Plan Gitlab dibatasi. Ini mendorong kami untuk membangun Gitlab runner sendiri agar proses CI/CD dapat dilakukan di server sendiri tanpa harus bergantung pada shared runner Gitlab.

Laravel Nova

Selama ini pengerjaan Admin Panel menjadi salah satu sektor development yang cukup banyak menghabiskan waktu dan ada bagian pengerjaan yang sifatnya repetitif.

Single Page Application dengan Vue

Semakin kompleksnya ranah teknologi web frontend, membuat kami akhirnya memilih Vue sebagai salah satu teknologi frontend dalam membuat web SPA. Vue relatif membutuhkan learning curve yang lebih mudah dan dapat diimplementasikan di project skala kecil hingga kompleks.

GraphQL: REST Alternative

Selama ini kami menggunakan arsitektur REST dalam mengimplementasikan API. Di salah satu project kami ada kebutuhan arsitektur API yang lebih dinamis sehingga GraphQL ini menjadi salah satu solusi untuk mempercepat dan memudahkan proses development.

Chat Bot Development

Salah satu project yang cukup menarik perhatian adalah adanya implementasi Chat bot sebagai fitur utamanya. Menggunakan salah satu platform chat bot buatan anak bangsa, ini menjadi tantangan tersendiri karena sifatnya yang bleeding edge dan terintegrasi dengan banyak 3rd party platform.

Agile Development Team

Development team kami sekarang lebih mature. 2018 adalah tahun kami membangun organisasi, SOP atau handbook, dan budaya kerja yang baik. Walaupun masih dalam proses awal namun impact yang dirasakan adalah tim kami memiliki awareness yang baik, lebih self-managed, dan yang jelas lebih memahami agility.

Malang QA Community

Divisi Quality Assurance di DOT Indonesia memang baru dibentuk tahun ini, tapi semangatnya begitu luar biasa sehingga mereka berinisiatif untuk membuat komunitas Malang QA untuk bisa berbagi dan memajukan ekosistem software quality assurance di Malang.

Techinasia Conference 2018

Diadakannya Techinasia Conference 2018 tentu tidak kami sia-siakan. 5 Assistance Vice President departemen Engineering turut serta hadir untuk networking dan menimba ilmu di sana.

Sudah siapkah untuk tahun 2019?

Tahun 2019 tentu menjadi tantangan tersendiri bagi departemen Engineering DOT Indonesia. Sebagai perusahaan IT yang harus selalu berkembang, mempertahankan nilai-nilai yang baik saat ini sambil menumbuhkan nilai-nilai baru akan menjadi target kami di tahun depan.

DOT Lab

There are bunch of stories about technology, creativity…

Didik Tri Susanto

Written by

Proud to be Moslem | Introvert | Backend Engineer | VP of Engineering DOT Indonesia | dot.co.id

DOT Lab

DOT Lab

There are bunch of stories about technology, creativity, startup life & development life cycle from our people, DOT's engineers. So here we are.

Didik Tri Susanto

Written by

Proud to be Moslem | Introvert | Backend Engineer | VP of Engineering DOT Indonesia | dot.co.id

DOT Lab

DOT Lab

There are bunch of stories about technology, creativity, startup life & development life cycle from our people, DOT's engineers. So here we are.

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store