Membuat Chatbot Apps menggunakan Bot Framework dan Xamarin

Pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan tentang pengalaman saya mengisi acara di Facebook Developer Circle Malang. Sebelum membahas tentang acara tersebut lebih baik kita kenalan dulu dengan Facebook Developer Circle. Facebook Developer Circle (FBDevC) sendiri adalah program resmi Facebook untuk meningkatkan kualitas developer local di beberapa kota di dunia. Di Indonesia, FBDevC pertama yang telah menginisiasi meetup ada di Malang. Kebetulan di sana saya juga ditunjuk sebagai internal crew.

Pada meetup bulan Agustus ini ada 2 sesi yang dibawakan.

  1. Introduction to Go Lang oleh Arief Bayu Purwanto
  2. Chatbot Development using Bot Framework and Xamarin oleh saya sendiri

Pada sesi ke-2 yaitu Chatbot Development using Bot Framework and Xamarin ini berisi ringkasan bagaimana kita bisa mengembangkan bot menggunakan Node.js dan Microsoft Bot Framework dan mengaksesnya di smartphone kita menggunakan Xamarin.

Dengan menggunakan Microsoft Bot Framework memudahkan kita dalam membuat bot karena di sana sudah disediakan SDK yang bisa kita akses untuk node.js maupun untuk .NET dan bisa dipublish di channel-channel lain seperti telegram, slack, messenger, dsb. Selain itu dengan LUIS kita bisa memasukkan keyword-keyword kita yang bisa diolah menjadi action yang telah kita definisikan.

Untuk bisa mengakses bot di smartphone kita, kita bisa menggunakan channel seperti telegram, slack, messenger, dsb atau kita bisa membuat aplikasi kita sendiri. Ketika kita ingin membuat aplikasi kita sendiri tentulah kita biasanya mengembangkan dengan teknologi native dari masing-masing OS seperti menggunakan Java/Kotlin untuk Android dan Obj-C/Swift untuk iOS. Namun di demo ini saya menggunakan Xamarin. Kenapa menggunakan Xamarin? Karena dengan Xamarin kita bisa menargetkan untuk Android dan iOS hanya dengan menggunakan satu bahasa yaitu C#. Terlebih lagi dengan Xamarin Forms kita bisa membuat 1 view dan akan otomatis bisa dirender secara native di masing-masing platform.

Jika masih penasaran dengan materi yang saya bawakan, kalian bisa download presentasinya di sini:


Bonus: Berikut video acara keseruan kemarin