Tentang Kami dan Keadaan Kami

Dewan Perwakilan dan Pengawasan (DPP) adalah salah satu badan resmi dalam HMIF. Tugas utamanya adalah memberikan pertimbangan dan melakukan pengawasan terhadap Dewan Eksekutif (DE) serta Senator. Anggotanya merupakan perwakilan dari setiap angkatan.

Berdasarkan status, tugas, dan anggotanya seharusnya DPP diisi oleh orang-orang terbaik di HMIF. Bukan orang-orang yang hebat dalam kajian, tapi orang-orang yang ikhlas untuk melaksanakan tugas yang besar itu. Bagaimana DPP bisa memberikan pertimbangan dan mengawasi DE dan Senator apabila anggotanya bukan orang-orang yang terbaik?

Selain bermasalah dengan anggotanya, DPP sendiri sedang mengalami krisis identitas. Krisis tersebut dapat kita lihat di keseharian kehidupan himpunan. Mayoritas massa tahu tentang DE. Tapi hanya DE, Senator, anggota DPP, dan sedikit massa yang tahu tentang DPP. Sisanya tidak tahu dan ada juga yang bertanya,

DPP itu ngapain sih? DPP itu kerjanya apa sih? DPP kok gabut sih?

Jelas sebuah masalah besar ada di HMIF. Identitas sebuah badan resmi bernama DPP tidak diakui oleh anggotanya. Padahal badan resmi inilah yang merupakan penerus suara para anggotanya.


Lalu bagaimana agar masalah tersebut bisa diselesaikan?

Pertama, anggota DPP haruslah orang-orang yang ikhlas. Orang-orang yang mau membantu melaksanakan tugas DPP dengan sungguh-sungguh. Orang-orang yang sadar kenapa DPP itu perlu ada. Orang-orang yang tahu identitas DPP sebenarnya.

Kedua, keberadaan DPP harus dapat dilihat oleh massa HMIF. Tidak cukup hanya bekerja di balik layar saja, tapi harus bisa show-off di depan layar juga. Tidak cukup DE dan Senator yang tahu kerja DPP, tapi semua massa juga harus tahu bahkan menanggapi hasil kerja dan kebijakan DPP.

Mungkinkah masalah tersebut diselesaikan? Ketika solusi bisa dibayangkan, solusi tersebut harusnya bisa dilaksanakan.


Kini DPP baru ada di awal kepengurusan. Semangat berkontribusi sedang ada di level tertingginya. Aku berharap anggota DPP baru ini adalah orang-orang ikhlas yang mau sungguh-sungguh mewujudkan kemajuan himpunan ini.

Aku ingin berterimakasih kepada 23 anggota DPP HMIF periode 2016, yang sudah mau memikul tugas yang mulia ini. Semoga kita selalu ikhlas dan bahagia di kepengurusan ini. Semoga kemajuan himpunan yang kita inginkan dapat kita wujudkan bersama-sama.

Terakhir, aku ingin memberikan sebuah kutipan yang disadur dari postingan blog seorang Daemon yang ditulis tahun 2009. Semoga dapat menginspirasi kita semua.

Tidak apa-apa fisik dan pikiranku terkuras. Karena ini semua untuk HMIF yang lebih baik.

Muhammad Fauzan Naufan

13513062

Koordinator DPP HMIF ITB 2016

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.