Aplikasi Pengingat Servis Kendaraan, Senjata After Sales Service di Era Digital

Sri Handayani
Sep 1 · 3 min read

Perkembangan dunia bisnis di era digital yang serba cepat memacu perusahaan untuk memberikan layanan terbaik bagi para pelanggan. Selain menjaga agar para pembeli tertarik dengan produk yang dijual, perusahaan berupaya untuk menjaga agar pelanggan tetap loyal.

Photo & Illustration by DSF Web Services

After sales service menjadi salah satu kunci dalam menjaga hubungan dengan customers. Di perusahaan otomotif, servis kendaraan menjadi layanan after sales yang krusial. Tak ada pemilik mobil puas dengan kendaraan yang cepat rusak atau spare parts yang susah dicari. Bahkan, antrean memanjang di tempat servis kendaraan bisa membuat mereka berpaling hati.

Aplikasi pengingat servis kendaraan (car maintenance reminder) memberikan win-win solution bagi penjual dan pembeli. Produsen atau penjual mobil bisa ‘mengikat’ para pembeli untuk bertahan menggunakan layanan di perusahaannya, sementara pembeli dimudahkan dalam banyak hal.

Saat ini ada banyak aplikasi pengingat servis kendaraan yang dikeluarkan oleh perusahaan otomotif, salah satunya Star Xperience atau dikenal juga dengan StarX. Aplikasi ini dikembangkan oleh tim DSF Web Services.

Illustration by DSF Web Services

Mari kita bedah fitur-fitur apa saja yang perlu ada dalam sebuah aplikasi pengingat servis kendaraan dan apa saja yang sudah dilakukan DSF Web Services dalam pengembangan StarX.

Perawatan Bodi Kendaraan

Tak perlu ribet mencari tempat dan jadwal servis kendaraan, aplikasi pengingat servis kendaraan memudahkan pemilik mobil untuk melakukan jadwal perawatan. Booking dan jadwalkan perawatan kendaraan seperti car wash, poles, coating, waxing bisa dilakukan di satu aplikasi. Selain itu, pemilik mobil bisa mendapatkan rekomendasi tempat-tempat perawatan yang menjadi mitra resmi dari penyedia aplikasi tersebut.

Perpanjangan STNK Online

Kini tak perlu waktu lama antre dan berkerumun untuk perpanjangan STNK. Adanya fitur STNK online membuat kita bisa menjadwalkan proses perpanjangan dengan lebih mudah. Lakukan hal itu di aplikasi pengingat servis kendaraan. Biro jasa akan mengatur dan membantu pelanggan hingga proses perpanjangan STNK selesai.

Penjualan Kendaraan

Aplikasi pengingat servis kendaraan yang dikembangkan oleh perusahaan otomotif juga perlu terhubung dengan situs jual beli mobil. Dengan fasilitas ini, jual beli kendaraan jadi lebih mudah dan mobil pelanggan akan cepat laku di pasaran. Fitur ini nantinya juga dapat dinikmati di aplikasi StarX. Fasilitas itu kini masih dikembangkan oleh DSF Web Services.

Informasi Pembiayaan

Bagi pelanggan yang ingin membeli mobil baru, fitur ini akan sangat memudahkan. Mereka bisa langsung mengecek dan mendapatkan informasi tentang pembayaran angsuran, asuransi, penghitungan pelunasan, serta data pembiayaan lainnya.

Dana Tunai

Fitur ini hampir sama dengan pinjaman online. Fungsinya memudahkan pelanggan melakukan pinjaman uang segar untuk kebutuhan konsumtif tanpa jaminan tambahan. Jadi, pelanggan bisa mendapatkan dana tambahan untuk servis kendaraan atau kebutuhan lainnya dengan lebih cepat. Fitur ini bisa dinikmati oleh pengguna yang pernah melakukan pembiayaan di Dipo Star Finance.

DSF Web Services Engineering

We are sharing our knowledge and process of project. Illustration is by Storyset, Freepik Company

Sri Handayani

Written by

DSF Web Services Engineering

We are sharing our knowledge and process of project. Illustration is by Storyset, Freepik Company