3 Jalan Untuk Menjadi Software Developer Professional

Ada yang bilang katanya “banyak jalan menuju roma”. tapi di sini saya cuma mau bilang bahwa :

Ada 3 Jalan untuk jadi software Developer Professional. Gak perlu banyak-banyak, cuma 3 aja.

Banyak yang email atau langsung kontak ke saya.

“Mas, saya mau jadi programmer, mulai nya dari mana ya ? saya masih bingung”

Oke, maka di sini saya akan kasih 3 Jalan yang bisa kita sama-sama tempuh untuk menggapai mimpi menjadi Software Developer Professional.

Kalian bisa jalanin ketiga nya atau bisa salah satu saja, atau mungkin dua jalan. Tapi saran saya fokus satu saja dulu. Gak usah banyak-banyak cuma butuh salah satu dari 3 jalan ini saja, saya yakin Kalian bisa jadi Software Developer.

Jadi ini lah 3 jalan menuju Software Developer / Programmer Professional:

Jalan Pertama, Lewat Kuliah

oke oke saya paham, bagian ini memang yang paling kontroversial.

“Mas saya sudah kuliah kok di jurusan Teknik Informasi, tapi setelah lulus saya gak dapet tawaran kerja programmer, saya juga malah gak bisa ngoding”

Buat kamu yang ngomong kayak di atas, berarti kamu salah milih jurusan. Seharusnya kalau kita serius kuliah di jurusan Teknik Informatika di tempat kuliah manapun, akhir lulus nya kemungkinan besar bisa jadi programmer.

Walaupun ya memang materi yang di sampaiin di kuliah itu gak 100% bisa langsung ke pake di dunia nyata. Tapi kalau kalian banyak praktek dan ngulik laptop terus belajar sungguh-sungguh tentang programming saat kuliah. Pasti lulus kalian bisa jadi programmer.

Bahkan sebelum lulus, akan ada yang mau mempekerjakan kalian sebagai programmer. Banyak teman-teman saya yang seperti itu, mereka masih kuliah tapi sudah bekerja sebagai programmer professional.

Dan memang kadang ijazah Teknik Komputer atau yang sejurusan ini di perlukan juga, karena ada beberapa perusahaan yang gak akan menerima programmer yang gak berijazah.

Dan kadang ada juga klien yang nanya kita ini pendidikan terakhirnya apa. Kan .. agak gimana gitu kalau bilang cuma lulusan SMA, atau malah Paket C kayak saya hihi 😬

Kesan pertama nya mungkin agak kurang gimanaa gitu. Tapi tenang kok, itu bisa di tutupin dengan hasil karya kita yang klien gak akan masalahin lagi soal pendidikan kita.

Harus kita camkan baik-baik dalam pikiran kita, bukan tempat kuliah yang membuat kita sukses menjadi software developer handal, bukan guru kita yang ngebuat kita sukses, bukan orang tua, bukan teman ..

Tapi diri kita sendiri yang menentukan apakah kita bisa meraih mimpi menjadi software developer professional.

Sebagus, seterkenal, semewah dan selengkap apapun perkuliahan kalian gak akan ada gunanya jika tidak di iringi dengan tekad yang tinggi untuk selalu giat belajar programming.

Jadi kalau sudah kuliah, jangan ragu-ragu lagi, bulatkan tekad , gunakan waktu yang ada, bangun relasi dan promosikan diri kita sebagai ‘Software Developer’.

Jalan Kedua, Coding Bootcamp

Kalau kalian gak punya waktu banyak untuk kuliah dan ngerasa harus se-segeranya jadi Software Developer.

Maka Coding Bootcamp ini pilihan yang amat sangat tepat.

Udah pada tahu kan coding bootcamp? Camping-camping gitu ya ? berarti manjat gunung terus hidup di hutan ya?

Jawab saya, IYA.

haha maksud saya bukan secara praktikalnya kalian manjat gunung dan hidup di hutan, tapi dengan ikut coding bootcamp ini, kalian akan merasakan perasaan yang sama dengan manjat gunung dan hidup di hutan.

Gimana rasanya ? Capek, letih, lelah, kadang bisa sampe sakit, pusing dan ngerasa ini gunung gak ada ujungnya. Dan itu yang akan kalian rasakan di coding bootcamp.

Terutama buat kalian yang sebelumnya sama sekali belum pernah kenal dunia programming. Di coding bootcamp, jadwal di buat intensif agar bisa jadi software developer yang hebat dalam waktu yang singkat.

Akan ada banyak tugas dan tantangan yang di berikan oleh instruktur agar ketika kita lulus benar-benar layak jadi software developer professional.

Tapi justru enak nya di situ, kita akan merasakan gimana sih nanti suasa ketika bener-bener kerja di dunia nyata dan enaknya lagi akan benar-benar di berikan jalan oleh instruktur programming yang sudah bertahun-tahun ngulik di dunia programming. Jadi kalian gak perlu nyari-nyari jalan kesana-sini untuk jadi software developer. semua nya sudah di depan mata.

Tinggal kita ikutin semua nya sampai akhir nya jadi software developer professional seperti yang kita impikan. Kalau klien nanya tentang apa latar pendidikan kita, terus kita jawab Coding Bootcamp.

Rata-rata masih pada gak ngerti, karena menurut saya dunia coding bootcamp di Indonesia utama nya, masih belum seumum kursus. Tapi ya bilang aja Coding Bootcamp.. kan keren hehe.

Kalau masalah kerjaan jangan khawatir, saat ini ada banyak Coding Bootcamp yang akan membantu kalian untuk nyariin kerjaan. Tentunya dengan bantuan relasi mereka kita akan jadi lebih mudah untuk dapatkan kerja sebagai programmer.

Kalian bingung nyari coding bootcamp yang recommended di Indonesia ?

Mungkin bisa ikut salah satu dari tempat ini :

  • Hacktiv8 , ini tempat saya juga belajar jadi fullstack web developer. Di sini kalian akan di bimbing dan di beri jalan untuk jadi fullstack javascript developer dalam waktu 3 bulan, dan jangan takut buat kalian yang sama sekali belum pernah nyentuh dunia programming, akan ada waktu dua bulan fase persiapan untuk nguasain dasar programming.
  • Impact Byte, nah ini lebih keren lagi. kalian akan di bimbing jadi programmer professional hanya dalam waktu 8 minggu saja. Tempat belajar yang nyaman, instruktur yang keren-keren. Dalam waktu 8 minggu kita akan siap memberikan impact ke dunia dengan kode kita! Kalian penasaran sama Impact Byte, bisa langsung tanya-tanya ke Co-Founder nya mas M Haidar Hanif.

Jalan ketiga, Self Thaught / Otodidak

Kalau udah denger kata Otodidak ini apa yang ada di benak kalian?

Belajar Sendirian? Belajar tanpa arahan? Belajar tanpa guru? Cari jalan sendiri?

Otodidak identik dengan kata sendirian. Tapi bukan berarti kita belajar sendiri, karena gimana cara nya belajar tanpa ada yang memberi ilmu.

Di zaman sekarang ini, internet sudah merata dan cepat. Apalagi sudah ada banyak search engine yang banyak banget ngebantu kita untuk mencari suatu informasi. Sangat memungkinkan bagi kita untuk menjadi Software Developer secara otodidak.

Gak usah ribet-ribet, mau jadi software developer ? ketikkin aja di google search “cara menjadi software developer”. Akan ada segudang link website yang memberi tahu cara nya bagaimana menjadi software developer.

“Mas, tapi tetep aja susah pake search engine harus nyari sana-sini” Oke, kalian bisa ikut kursus online yang udah bertebaran.

Favorit saya Udemy, udah ada belasan kursus yang saya beli disana, dan menurut saya worth it dan harganya cukup murah karena banyak diskonnya hehe. kalian mau jadi web developer ada, mau jadi apa ada. tergantung minat kalian ke apa.

Jadi kalau kalian gak mau kuliah dan gak mau atau gak bisa ikut coding bootcamp karena biaya nya mahal atau waktu nya gak ada. Maka otodidak ini pilihan yang sangat tepat.

Tapi otodidak ini punya satu kelemahan. Tidak ada nya environment yang mendukung kita untuk mencapai tujuan kita.

Saya ngerasain banget besarnya peran environment ini, ketika di coding bootcamp. Akan ada suasana yang ngebuat kita bakal terus ngeraih tujuan kita. Ada insturktur , teman-teman yang sama-sama pengen kita jadi software developer.

Dan itu gak akan kalian dapatkan dengan otodidak.

Jadi kalau mau otodidak, kalian harus punya motivasi yang tinggi, karena akan sangat mudah hilang motivasi apalagi di saat lingkungan tidak mendukung.

Gimana caranya supaya motivasi kita tetap terjaga?

Bikin target. gak cukup bikin target, kalian bikin tulisan “Saya Akan Jadi Software Developer di Bulan xxx”, tulis yang gede , tempel di dinding tempat kalian sering lewat atau lihat dan juga tempat di tempat banyak orang lain akan melihat nya.

Setelah itu terus-menerus omongin ke keluarga kalian, kerabat, teman, orang tua dan sahabat bahwa kalian sebentar lagi akan menjadi software developer / programmer. Selalu dan selalu ceritakan kapan dan di bulan apa kalian akan jadi programmer.

Setiap harinya selalu cari info tentang programmer, saran saya jangan melulu baca teknikal programming. baca juga tentang soft skill programmer, best practice, tips dan trik atau humor tentang programming.

Kita bawa dunia programming ke dunia nyata.


Itu dia 3 jalan yang bisa kita tempuh untuk jadi software developer professional.

Jika tulisan ini bermanfaat buat kalian silahkan berikan claps 👏 , dan boleh di share ke teman-temannya supaya mereka jadi tahu jalan apa yang harus di tempuh untuk jadi programmer 😃

Happy Coding 💻 💻 😄


Artikel ini di tulis oleh Haidar Afif Maulana, beliau adalah proffesional Full Stack Developer sejak 2014, beliau sering menulis artikel mengenai Software Engineering dan Programming. Follow profilnya untuk mendapatkan update-an terbaru artikel-artikel beliau.

Jika anda merasa artikel ini menarik dan bermanfaat, bagikan ke lingkaran pertemanan anda, agar mereka dapat membaca artikel ini.