Life

Apakah anda harus kembali ke kantor?

Tetap bekerja di rumah atau harus kembali ke kantor

Fitra Akbar
Dec 28, 2020 · 4 min read
Apakah anda harus kembali ke kantor?
Apakah anda harus kembali ke kantor?
Photo by Mikey Harris on Unsplash

Setelah hampir sekitar sembilan bulan sejak bulan maret 2020 diberlakukan nya kebijakan Work from Home (WFH) total, akhirnya saya diharuskan untuk kembali ke kantor karena ada keperluan yang mendesak. Mungkin kalau tidak ada keperluan yang sangat mendesak saya juga tidak akan ke kantor.

Selama perjalanan dari tempat tinggal menuju kantor, jalanan kota Jakarta memang sedikit lebih lengang daripada biasanya. Halte Bis yang biasa nya penuh dengan karyawan yang berangkat kerja, pada hari itu terasa sedikit sekali, malah kebanyakan yang menunggu di halte adalah para driver Ojek online yang sedang menunggu penumpang. Saya juga merasakan didalam KRL Commuter Line (saya biasa menggunakan jasa transportasi ini untuk ke kantor) tidak terlalu padat seperti sebelum pandemi.

Sesampai dikantor saya merasakan hal yang berbeda. Ternyata awal nya saya mengira gedung kantor sepi, akan tetapi banyak orang lalu lalang di gedung perkantoran seperti hal nya tidak terjadi apa-apa. Asumsi awal saya adalah karena gedung kantor tempat saya bekerja merupakan salah satu Coworking Space yang isinya kebanyakan startup, maka ketika pandemi seperti saat ini banyak diberlakukan kebijakan Work from Home (WFH).

Hal ini menjadi menarik karena startup yang notabane organisasi yang masih sangat agile, tetapi banyak yang sudah menerapkan kebijakan Work from Office (WFO) atau ada juga yang masih menerapkan Work from Home (WFH) namun para karyawan nya memutuskan untuk datang bekerja ke kantor. Beberapa teman saya juga ada yang lebih senang bekerja dari kantor dibandingkan bekerja dari rumah.

Untuk itu saya mencoba mencari tahu alasan apa yang membuat mereka yang kembali ke kantor/ingin bekerja ke kantor dibandingkan dengan bekerja dari rumah.

Alasan ingin bekerja dari kantor

Berikut adalah alasan mengapa orang lebih memilih untuk bekerja dari kantor dibandingkan dari rumah. Informasi-informasi ini saya dapatkan dengan bertanya kepada beberapa teman yang sering Work from Office (WFO).

Apakah anda harus kembali ke kantor?
Apakah anda harus kembali ke kantor?
Photo by Austin Distel on Unsplash

Ketika bekerja dari kantor maka fokus kita akan diarahkan untuk bekerja bukan untuk hal yang lain. Jika dibandingkan bekerja dari rumah terkadang suasana nya tidak cocok untuk dibuat kerja karena pada dasarnya rumah memang adalah tempat untuk istirahat bukan untuk bekerja. Kecuali memang sudah disiapkan ruangan khusus sebagai ruangan kerja.

Kebanyakan dari mereka yang memilih untuk Work from Office (WFO) jika dibutuhkan interaksi langsung yang intens. Karena dengan Work From Office (WFO) untuk melakukan diskusi atau workshop akan semakin mudah dilakukan. Jika dilakukan secara online hal ini akan sulit dicapai, karena salah satu hambatan ketika Work from Home (WFH) adalah masalah komunikasi. Contoh ketika sedang didalam diskusi atau meeting seringkali kita menemui masalah jaringan internet yant tiba-tiba putus, suara yang tidak terdengar jelas, penyampaian maksud yang dituju terkadang tidak tersampaikan atau juga terdistraksi dengan hal yang lain.

Ketika bekerja dari kantor, bagi kebanyakan orang juga bisa menikmati fasilitas kantor yang memadai, seperti kursi dan meja kerja yang memadai, akses internet yang mumpuni dan fasilitas lain yang mungkin ketika bekerja dari rumah tidak bisa didapatkan.

Kombinasi antara Work from Home dengan Work from Office

Akhir-akhir ini banyak orang yang sudah mulai bekerja dari kantor dikarenakan mereka sudah mulai merasa bosan karena harus bekerja terus dari rumah, ingin bercengkrama langsung dengan tim di kantor atau karena memang ada agenda yang mengharuskan mereka datang langsung ke kantor. Dan ketika tidak ada agenda khusus yang mengharuskan datang ke kantor, mereka bisa bekerja dari rumah seperti biasa. Menurut saya gabungan dua opsi antara Work from Home (WFH) dan Work from Office (WFO) merupakan salah satu cara untuk membuat para karyawan tetap produktif.

Penutup

Baik Work from Home (WFH) maupun Work from Office (WFO) masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Ketika WFH kita tidak perlu repot harus bersiap untuk berangkat ke kantor dan juga lebih dekat dengan keluarga. Sedangkan WFO bisa membuat lebih fokus, interaksi ataupun diskusi bisa lebih terukur dan terarah karena dilakukan secara langsung dan juga mungkin ada fasilitas kantor lainnya yang tidak didapatkan jika bekerja dari rumah.

Menggabungkan kedua nya juga menjadi pilihan yang bagus agar kita bisa memilih kapan harus datang ke kantor jika ada keperluan atau kapan harus bekerja dari rumah jika ingin dekat dengan keluarga.

Pada akhirnya, dimanapun atau apapun pilihan nya, baik WFH atau WFO, tujuan nya adalah hasil dari tanggung jawab atas pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik.

Easyread

Easy read, easy understanding.

Fitra Akbar

Written by

Product Management enthusiast | Currently working on B2B Digital Products

Easyread

Easyread

Easy read, easy understanding. A good writing is a writing that can be understood in easy ways

Fitra Akbar

Written by

Product Management enthusiast | Currently working on B2B Digital Products

Easyread

Easyread

Easy read, easy understanding. A good writing is a writing that can be understood in easy ways

Medium is an open platform where 170 million readers come to find insightful and dynamic thinking. Here, expert and undiscovered voices alike dive into the heart of any topic and bring new ideas to the surface. Learn more

Follow the writers, publications, and topics that matter to you, and you’ll see them on your homepage and in your inbox. Explore

If you have a story to tell, knowledge to share, or a perspective to offer — welcome home. It’s easy and free to post your thinking on any topic. Write on Medium

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store