How to be Scalable Engineers

What we have learned is never enough

Sintong Panjaitan
Sep 28, 2018 · 3 min read
Sumber: http://digitalassess.com/wp-content/uploads/2017/01/machine-learning-1.png

Kira-kira seminggu yang lalu, saya mengikuti acara Go-talk yang dibawakan oleh Vania Radmila dan Andi Pangeran, Engineer dari GO-JEK. Kali ini, acara ini mengangkat mengenai How to be Scalable Engineers: What we have learned is never enough”. Nah, melalui artikel ini saya akan merangkum hasil presentasi dari Andi Pangeran.

Apa sih sebenarnya Scalability?

Scalability adalah kemampuan suatu sistem, jaringan, atau proses untuk menangani jumlah pekerjaan yang terus bertambah, atau potensi untuk diperbesar guna mengakomodasi pertumbuhan tersebut. Dalam tahap membuat aplikasi yang memenuhi scalability maka seorang engineer harus mampu cepat beradapatasi. Berikut adalah beberapa cara untuk menjadi seorang scalable engineer.

Pada era ini engineer dituntut mampu memahami teknologi yang berkembang saat ini seperti Machine Learning, IOT, Blockchain, Artificial Intelligence, Reactive System, Cloud Computing, dan lain sebagainya.

Nah, disini engineer diharapkan beradaptasi dengan tuntutan lingkugan bekerja atau menjadi agen perubahan untuk memberikan teknologi baru di sekitarnya, seperti.

Menggunakan Agile Methodology. Banyak cara dalam pengembangan aplikasi namun agile memiliki kelebihan karena bersifat cepat, ringan, bebas bergerak dan waspada. Pengembangan dengan metode ini mengizinkan para engineer untuk lebih fokus dan dapat mengukur kemampuan tim.

Architecture. Memilih arsitektur yang tepat untuk memenuhi prinsip scalable adalah dengan menggunakan microservice. Microservice disini dimaksud dengan membuat arsitektur yang memisahkan setiap komponen-komponennya.

Programming Language. Mengetahui beberapa jenis bahasa pemrograman sangat membantu untuk tetap bertahan dalam perkembangan teknologi.

Tools/Library, dan sebagainya. Untuk mempermudah pengerjaan jangan lupa juga untuk menggunakan tools penunjang yang dapat membantu menyelesaikan persoalan kita, seperti penggunaan version control, CI/CD, dll.

Learning All The Time

Untuk tetap bisa survive dengan perkembangan teknologi, ada beberapa tips yang dapat dilakukan yaitu:

Memiliki cara belajar sendiri sangat efektif untuk menambah ilmu terlebih jika sudah direncanakan sebelumnya. Menyisihkan sebagian waktu pribadi untuk mempelajari ilmu baru akan lebih baik jika dilakukan dengan konsisten dan disiplin. Belajar jangan hanya sekedar untuk mengetahui saja. Contohnya jika menggunakan library sebaiknya melihat codingannya secara langsung walaupun hanya sekedar membaca penjelasannya. Untuk pembelajaran programming jangan lupa untuk melakukan push ke github atau lainnya sebagai sejarah pembelajaran.

Bar Vertikal dari T mengacu pada pengetahuan dan pengalaman sedangkan bagian atas T mengacu pada kemampuan untuk berkolaborasi dengan para ahli dari ilmu disiplin lain. Hubungannya dengan membangun suatu sistem yaitu engineer harus mampu berkolaborasi dengan orang non IT, misalnya dengan orang bisnis.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam fundamental teknologi yaitu sebagai berikut.

  • Memahami dasar struktur data seperti list, set, map,
  • Memahami manajemen memori (heap/stack dan garbage collector),
  • Mempelajari tentang concurrency dan parallelism, dan
  • Memahami paradigma komunikasi, synchronous dan asynchronous.

Sebagai seorang engineer sangat diperlukan untuk membuat program dengan clean code, telah di test dan dapat di refactor. Diperlukan juga prinsip-prinsip yang dapat membuat code yang mudah di-maintain dan di-extend. Salah satu prinsip yang dapat digunakan yaitu dengan menggunakan prinsip S.O.L.I.D.

Software development is a learning process, working code is a side effect — Alberto Brandolini


Thanks to — Vania Radmila and Andi Pangeran

Reference :

GO-TALK Presentation by Vania Radmila and Andi Pangeran


Easyread

Easy read, easy understanding.

Sintong Panjaitan

Written by

Easyread

Easyread

Easy read, easy understanding. A good writing is a writing that can be understood in easy ways

More From Medium

More from Easyread

More from Easyread

More on Programming from Easyread

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade