Mengarahkan Request dengan Router pada Laravel

Part 7 — Router

Eko Simanjuntak
Dec 16, 2019 · 6 min read
Photo by _M_V_ on Unsplash

Taken from selftaughtcoders.com
Router menerima URL yang dikirimkan.
  • POST, digunakan untuk penambahan data
  • PATCH dan PUT, digunakan untuk pengubahan data
  • DELETE, digunakan untuk penghapusan data

Daftarkan Router-mu

Pada folder routers terdapat file web.php . Kita akan mendaftarkan semua routers kita pada file web.php . Pertama sekali, hapus semua kode program dan komentar pada file web.php kecuali tag pembuka PHP. Lalu tambahkan kode program berikut pada file web.php teman-teman.

  • ::get, adalah static method pada kelas Router yang kita gunakan untuk menentukan HTTP Verbs mana yang akan dipakai. Bisa digantikan dengan HTTP Verbs yang lain, menjadi seperti ::post, ::put, dan ::delete .
  • / , adalah path yang kita gunakan untuk menentukan kode program mana yang akan kita eksekusi nantinya untuk mendapatkan response.
  • function() {} , adalah closure function yang bersifat anonim (tanpa nama) yang akan dieksekusi ketika terdapat request yang memiliki kesamaan path dan metode dengan router yang kita daftarkan.
Respon dari path /
Respon dari path /books
HTTP error 419 akibat tidak menyertakan CSRF Token dalam request
VerifyCsrfToken::class di komen pada baris ke 18

Path Parameter pada Router

Pada router yang kita daftarkan, kita bisa melemparkan parameter melalui path. Parameter ini akan sangat berguna ketika nantinya kita mengerjakan aplikasi kita. Contoh penggunaan path parameter adalah ketika kita ingin mengakses data dengan id tertentu, maka kita akan menyertakan id-nya pada path. Misalnya kita ingin mengakses data buku dengan id 1, maka path-nya adalah /books/1 . Misalnya kita ingin menghapus data buku dengan id 5, maka path-nya adalah /books/5 .

  • function($id) , adalah closure method yang akan dijalankan ketika path /books/{id} dipanggil. Untuk mendapatkan nilai dari id , kita perlu menambahkan parameter pada closure method kita. Untuk penamaan variabelnya bebas sesuai keinginan teman-teman, tetapi saya sarankan menggunakan penamaan yang jelas dan mudah dimengerti.

Query Parameter pada Router

Jika diatas kita membahas path parameter, maka sekarang kita akan membahas query parameter. Berbeda dengan path parameter, query parameter tidak perlu didefinisikan pada router. Lalu bagaimana kita menggunakannya?

localhost:8000/books?id=1
localhost:8000/books?id=1&title=TheLostLabirin&author=Anonymous
  • function(Request $request) , adalah closure method yang menerima satu parameter yaitu $request yang merupakan instansiasi dari kelas Request . Untuk itu kita perlu mengikutsertakan kelas Request pada file web.php dengan cara menambahkan kode program use Illuminate\Http\Request; setelah tag pembuka PHP.
  • Untuk mengakses parameter yang sudah dikirimkan, kita menggunakan object operator yaitu -> . Maka untuk mengakses parameter id kode programnya adalah $request->id .

Taken from me.me

Easyread

Easy read, easy understanding. A good writing is a writing that can be understood in easy ways

Eko Simanjuntak

Written by

SRE at Gojek

Easyread

Easyread

Easy read, easy understanding. A good writing is a writing that can be understood in easy ways

More From Medium

More from Easyread

More from Easyread

More on Web Development from Easyread

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade