Migrasi AppCompat ke Material Design Component (MDC) | New in Android Studio 4.1 Part #1

Ahmad Arif Faizin
Dec 14, 2020 · 4 min read
Image for post
Image for post

Hai gaes.. beberapa minggi kemarin ada update yang cukup menggemparkan untuk kami pembuat course Android. Mengapa? Hal ini karena ada beberapa perubahan fundamental yang cukup signifikan ketika membuat project baru.

Hal yang pertama yang akan kita bahas pada blog ini yaitu berkaitan dengan theme.

Saat Anda membuat project baru pada Android Studio 4.1, tema default yang digunakan yaitu Material Design Component (MDC), berbeda dengan AS versi sebelumnya yang menggunakan AppCompat.

Untuk Anda yang belum tahu Material Design Component Anda bisa melihatnya di sini:

Secara seklias perbedaan antara MDC dan AppCompat dapat dilihat pada gambar berikut:

Image for post
Image for post

Pada MDC sudah terdapat tema bawaan mulai dari font, bentuk tombol, dsb yg lebih cerah daripada pendahulunya yang terkesan biasa aja.

Kalau dari sisi kode kalian bisa lihat perbedaannya seperti berikut:

Image for post
Image for post

Hal lain yang cukup unik yaitu dalam hal penamaan, sebelumnya kita menggunakan style dan sekarang menggunakan theme.xml (walaupun untuk memanggil style yang di dalamnya tetap menggunakan @styles, cukup aneh memang, wkwk)

Image for post
Image for post

Nah, kalau dilihat di sini ada 2 file yang langsung disediakan ketika membuat project baru, dari namanya saja pasti sudah bikin Anda tertarik, yaitu themes.xml (night) yang lain dan tak bukan digunakan untuk membuat DARK MODE.

Image for post
Image for post

Dengan thema di atas, kamu tidak perlu menambahkan kode apapun untuk membuat dark mode! Cukup mengubah setting pada handphone yang sudah support dan wuuush, aplikasi Anda akan otomatis menjadi dark mode. Mantap!

Nah kalau dari sisi kodenya akan terlihat seperti ini:

Image for post
Image for post

Anda hanya perlu menyesuaikan warna yang ingin Anda terapkan pada masing-masing tema.

Jika dilihat lebih jelas ada sedikit perbedaan attribute pada theme dengan versi AppCompat. Untuk lebih jelasnya lihatlah gambar berikut:

Attribute yang sebelumnya hanya ada 3 (colorPrimary, colorPrimaryDark, colorAccent) sekarang menjadi lebih banyak dan fleksibel.

Berikut adalah gambaran dari masing-masing attribute tersebut

Image for post
Image for post

Selanjutnya yaitu tentang warna. Jika Anda perhatikan pada colors.xml yang baru terdapat perbedaan pada penamaan warna seperti berikut:

Image for post
Image for post

Nama warna yang sebelumnya colorPrimary, colorPrimaryDark, & colorAccent kini menjadi lebih literal dan jelas sesuai dengan isi warnanya. Misal purple, teal, black, white.

Jika Anda perhatikan ada purple 200, 500, 700. Apa maksudnya? Ini merupakan standar warna yang dibuat oleh Matarial Design. Urutan angkan menunjukkan dari warna yang muda sampai tua.Contohnya seperti ini:

Image for post
Image for post

Untuk lebih lengkapnya Anda bisa melihatnya di sini:

Mantap! Banyak sekali perubahan yang terjadi pada Android Studio 4.1. ini. Semoga artikel ini bisa memberikan pencerahan dan membantu Anda dalam bermigrasi. Yang jelas supaya nggak bingung ketika membuat project baru. Hehe.

Yang penasaran series selanjutnya:

Sekian dari saya dan sampai jumpa!

change is difficult, but it will be more difficult if it does not change immediately

Easyread

Easy read, easy understanding.

Medium is an open platform where 170 million readers come to find insightful and dynamic thinking. Here, expert and undiscovered voices alike dive into the heart of any topic and bring new ideas to the surface. Learn more

Follow the writers, publications, and topics that matter to you, and you’ll see them on your homepage and in your inbox. Explore

If you have a story to tell, knowledge to share, or a perspective to offer — welcome home. It’s easy and free to post your thinking on any topic. Write on Medium

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store