Auto Format di Android Studio

Eminarti Sianturi
Sep 12 · 4 min read

Hai, finally saya comeback setelah sudah cukup lama sekali sejak tulisan terakhir saya di tahun lalu. Karena saya adalah orang yang moody, maka perasaan saya sangat mempengaruhi segala pekerjaan sampingan saya, untungnya tidak mempengaruhi pekerjaan utama saya.

Nah, kabar saya sebenarnya baik-baik saja dan kali ini saya ingin menuliskan hal yang baru saya pelajari kira-kira dua minggu lalu dan meskipun mungkin sangat sepele bahkan saya merasa cupu baru mengetahuinya, tetapi karena saya baru tahu dan amaze dengan hal tersebut, saya rasa saya harus menulisnya 😛.

Sesuai dengan judulnya, kurang lebih sekitar 2 minggu lalu saya belajar cara menambahkan macros ke dalam Android Studio. Sebelumnya apa itu macros?

Macros provide a convenient way to automate repetitive procedures you do frequently while writing code. You can record, edit and play back macros, assign a shortcut to them, and share them.

Nah, berdasarkan penjelasan di atas, macros adalah sebuah shortcut untuk melakukan beberapa prosedur yang biasa dilakukan berulang dalam suatu waktu saat sedang menulis kode. Contohnya, biasanya setelah saya menulis barisan kode, saya akan melakukan beberapa prosedur seperti optimize import file, reformat code dan indentasi dan lain sebagainya. Karena Android Studio sendiri sudah secara otomatis menyimpan file yang di ubah jadi saya tidak perlu lagi menyimpan file yang saya kerjakan. Untuk mempermudah pekerjaan tersebut, biasanya saya melakukan beberapa command atau perintah. Nah, bagaimana jika semua hal tersebut cukup dilakukan dengan satu command atau perintah saja? Tentu saja hal tersebut dapat dilakukan dengan macros. Prosedur berulang tersebut dapat kamu gabungkan ke dalam satu shortcut saja.

Pada tulisan kali ini, saya akan mencontohkan cara membuat macros untuk prosedur Optimize Import dan Reformat Code. Berbagai prosedur yang biasanya kalian jalankan atau yang tersedia dapat di lihat di sini.

Sekarang langkah-langkah untuk membuat macros ialah

  • Pada menu Android Studio, pilih
    Edit > Macros > Start Macro Recording.
  • Saat multi merekam, lakukan command yang biasa kalian jalankan, misalnya pada Mac, untuk optimize import menggunakan command
    ctrl + option + o dan untuk reformat menggunakanoption + cmd + l
  • Selain langsung menjalankan command nya seperti dengan shortcut di atas, kamu dapat menjalankannya dari menu Android Studio, pilih
    Code > Optimize Import dan Code > Reformat Code
  • Setelah selesai pilih kembali menu
    Edit > Macros > Stop Macro Recording
  • Selanjutnya akan muncul dialog untuk menyimpan macros recording yang sudah kita lakukan
Create Macros

Nah, taraa akhirnya macros kamu sudah bisa dijalankan.

Untuk menjalankan macros buka kembali menu Android Studio, lalu pilih
Edit > Macros > Pilih nama macros yang kamu simpan tadi misalnya Reformat , Optimize dan Save.

Tetapi tentu saja bolak balik membuka menu Edit untuk menjalankan perintah macros juga sungguh merepotkan. Lalu bagaimana jika hal tersebut kita tambahkan lagi shortcut untuk mengubahnya? Tentu saja kita dapat melakukannya.

Langkah untuk melakukannya ialah edit macros yang kita simpan tadi dan tambahkan shortcut untuk menjalankan macro tersebut.

Langkah menambahkan shortcut pada macros ialah

  • Pilih menu Android Studio > Preferences. Pada search bar, ketik macros
  • Jika sudah muncul daftar macros yang ada, klik kanan pada macros yang kita ingin ubah
  • Pilih Add Keyboard Shortcut dan masukkan shortcut yang kita inginkan misalnya cmd + s
  • Pilih simpan. Saat menyimpan dengan shortcut tertentu biasanya akan ada warning kalau shortcut tersebut sudah digunakan oleh prosedur yang lain. Jika kamu yakin ingin mengubahnya, tekan OK, tetapi jika kamu tidak yakin, kamu dapat mencoba dengan shortcut lain.
Save dan Edit Macros

Sekarang akhirnya kamu memiliki custom macros yang dapat kamu lakukan dengan satu langkah saja saat menulis kode. Bagaimana? Berguna bukan? 😉

Tentu saja mungkin sudah banyak yang mengetahui cara ini, tetapi saya ingin sekali membantu rekan-rekan yang mungkin belum tahu langkah magic ini. Seperti yang saya sampaikan di atas, bahwa masih banyak shortcut lain yang tersedia atau yang mungkin sering kalian lakukan. Kalian dapat menambah dan menghapus macros apa saja dan pekerjaan menjadi lebih mudah.

Jadi sekian cerita dari saya mengenai apa yang saya pelajari kemarin. Cukup senang karena hal ini membantu saya. Semoga saya menemukan banyak hal baru lainnya yang bisa saya bagikan secepatnya. Selamat koding :)

Easyread

Easy read, easy understanding. A good writing is a writing that can be understood in easy ways

Eminarti Sianturi

Written by

- Software Engineer -

Easyread

Easyread

Easy read, easy understanding. A good writing is a writing that can be understood in easy ways

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade