Tulis Program dan Upload Sketch Arduino Lewat Website? Bisa Banget!

Arduino Web Editor dari Arduino Cloud, Pengganti Arduino IDE

Nabilla Mahmud
May 17 · 5 min read
Arduino Web Editor
Source: https://create.arduino.cc/projecthub/Arduino_Genuino/getting-started-with-arduino-web-editor-on-various-platforms-4b3e4a

Teruntuk para mahasiswa Teknik Informatika atau Teknik Elektro yang sedang belajar mengenai microcontroler dan IoT tetapi merasa malas untuk mendownload Arduino IDE berukuran ratusan MB untuk pemakaiannya yang hanya beberapa kali saja seperti saya, Arduino Web Editor bisa menjadi solusinya loh!

Mungkin sebelumnya teman-teman juga tidak asing lagi dengan Arduino IDE. IDE yang digunakan untuk memprogram board Arduino. Tetapi disini kita tidak akan membahas Arduino IDE, kita akan bahas layanan baru dari Arduino yaitu Arduino Web Editor. 🎉🎉

Arduino IDE (Integrated Development Environment)
Arduino IDE (Integrated Development Environment)
Arduino IDE | Source: https://www.arduino.cc/en/Guide/Environment

Tidak perlu panjang lebar, mari kita kupas tuntas apa itu Arduino Web Editor.

Arduino Web Editor

Secara singkat, Arduino Web Editor adalah Integrated Development Tools (IDE) yang bisa digunakan secara online/dalam jaringan. Web editor ini adalah salah satu bagian dari Arduino Cloud yang memungkinkan para pengembang untuk dapat menulis kode, mengakses tutorial, mengkonfigurasi board dan berbagi project.

Arduino Web Editor Interface
Tampilan Arduino Web Editor | Source: https://create.arduino.cc/projecthub/Arduino_Genuino/getting-started-with-arduino-web-editor-on-various-platforms-4b3e4a

Arduino Web Editor bisa berjalan di banyak platform. Windows, Linux, Mac dan ChromeOS dapat menjalankan Web Editor ini. Kita hanya perlu membuka browser untuk dapat mengakses Arduino Web Editor. Browser yang didukung untuk web editor ini ialah Chrome, Firefox, Safari dan Edge. Namun lebih disarankan untuk menggunakan browser Chrome ya!

Cara Menggunakan Arduino Web Editor

Diperlukan akun Arduino terlebih dahulu untuk bisa menggunakan Web Editor Arduino. Gunakan link ini untuk mendaftar atau login ke Arduino.

Agar bisa mengupload sketch (program Arduino) dari Web Editor ke board Arduino (untuk OS Windows, Linux dan Mac), kamu perlu menginstall Arduino Web Editor Plugin (Arduino Create Agent), link download installer bisa melalui halaman ini atau melalui Github. Sedangkan untuk Chrome OS, wajib menginstall Create App untuk mengupload sketch dari Arduino Web Editor ke Board Arduino. Berikut link install Create App dari Chrome Web Store.

Setelah plugin diinstall, Web Editor akan mendeteksi port board Arduino secara otomatis ketika port USB sudah dihubungkan ke perangkat komputer.

Bagian-Bagian Arduino Web Editor

Arduino Web Editor memiliki tiga kolom (lihat gambar di bawah). Kolom pertama adalah navigasi, kolom kedua adalah side panel dan yang ketiga adalah area pemrograman.

Bagian-Bagian Arduino Web Editor
Bagian-Bagian Arduino Web Editor
Bagian-Bagian Arduino Web Editor | Source: https://create.arduino.cc/projecthub/Arduino_Genuino/getting-started-with-arduino-web-editor-on-various-platforms-4b3e4a

Kolom Navigasi memiliki 6 komponen, komponen tersebut saya rincikan dalam tabel dibawah ini.

Navigasi Arduino Web Editor

Kolom Side Panel akan menampilkan item menu dari komponen navigasi. Sedangkan pada kolom Area Pemrograman kita dapat menulis kode, memverifikasi kode dan mengunggahnya ke Board Arduino. Kita juga bisa menyimpan sketch (kode program) di cloud, dan membagikannya dengan siapa pun yang diinginkan. Di kolom tersebut juga kita harus memilih port dan jenis Board Arduino yang akan diprogram nantinya.

Board Arduino yang didukung oleh Web Editor

Karena baru lunch, saat ini board yang didukung hanya board dari Arduino/Genuino Resmi, beberapa board bersertifikat dan AtHeart Boards. NodeMCU dan Wemos termasuk yang didukung oleh Arduino Web Editor.

Perbedaan Arduino Web Editor dan Arduino IDE

Secara garis besar, perbedaannya jelas terletak pada Web Editor yang dijalankan di web (berjalan secara online) dan Arduino IDE yang dijalankan lewat desktop software (berjalan secara offline). Namun ada banyak perbedaan lain yang mungkin bisa memperlihatkan ke teman-teman semua mengenai kelebihan dan kekurangan dari Arduino Web Editor ini.

Serial Monitor

Serial Monitor tampil pada side bar antarmuka Arduino Web Editor, sehingga saat ingin mengirimkan data/melihat respons data dari Board Arduino langsung tampak tanpa harus switch tab seperti dalam penggunaan serial monitor Arduino IDE.

Serial Monitor Arduino Web Editor

Mendokumentasikan Project

Di Arduino Web Editor kita bisa mendokumentasikan project kita langsung dalam satu interface halaman website dan menyimpannya pada sketch.

Berbagi Sketch Melalui URL

Dalam penggunaan Arduino IDE biasanya kita akan mengcopy-paste folder sketch dan memberikannya kepada seseorang menggunakan Flashdisk atau menguploadnya ke internet dan terkadang perlu mengekstrak folder tersebut menjadi rar/zip. Dengan Arduino Web Editor, kita dipermudah untuk sharing melalui URL Sketch karena masing-masing sketch yang kita buat di Arduino Web Editor memiliki URL yang unik. Untuk bisa berbagi kamu bisa klik tombol Share yang ada di kolom area pemrograman, setelah itu copy link tersebut dan berikan kepada seseorang yang kamu tuju.

Berbagi Sketch Arduino Web Editor
Berbagi Sketch Arduino Web Editor
Berbagi Sketch Arduino Web Editor

URL yang diberikan kepada seseorang akan memungkinkan seseorang bisa melihat kode sketch yang kamu buat. Kode sketch tersebut bisa mereka buat copy-annya ke sketchbook mereka atau mereka juga bisa men-download jika mereka ingin.

Code Shared Arduino Web Editor

Memilih Port dan Board Arduino yang Aktif Secara Otomatis

Arduino Web Editor Board Option

Kalau dalam penggunaan Arduino IDE biasanya sebelum melakukan upload sketch terlebih dahulu kita harus memilih Port dan Board Arduino secara manual. Untuk yang suka kerja instan mungkin hal ini menimbulkan sedikit rasa jengkel dan mau tak mau kita harus melihat dan memilih Board yang ada pada list Arduino Board. Dengan hadirnya Arduino Web Editor, kita tidak perlu lagi memilih Board dan Port Arduino yang sedang kita gunakan secara manual. Arduino Create Agent akan secara otomatis mengidentifikasi Board Arduino yang sedang kita pakai.

Penutup

Oiya.. karena Arduino Web Editor merupakan bagian dari Arduino Cloud, kita tidak bisa menggunakannya cuma-cuma tanpa batas yah! Kalau hanya penggunaan untuk belajar secara free mungkin masih bisa digunakan, penggunaan secara free dibatasi dengan ketentuan yang ada di dalam tabel di bawah. Penggunaan untuk hobi atau pekerjaan bisa memilih Entry Plan atau Maker Plan dan mungkin perlu merogoh kocek lebih dalam, hehe..

Arduino Cloud Plan

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan ke teman-teman, saya harap sharing ini bisa bermanfaat untuk teman-teman yang membaca. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan baik dalam penyampaian ataupun isi dari konten ini karena saya juga pelajar dan akan terus belajar kapanpun dan dimanapun. 😀

Jika ada yang mengganjal dan ingin bertanya silahkan langsung bertanya di story ini atau boleh melalui DM Instagram @nmauludina.

Terima Kasih!

Easyread

Easy read, easy understanding.

Nabilla Mahmud

Written by

IT Student. Seorang pemikir yang senang menyalurkan pikirannya melalui Medium. Happy reading :)

Easyread

Easyread

Easy read, easy understanding. A good writing is a writing that can be understood in easy ways

Nabilla Mahmud

Written by

IT Student. Seorang pemikir yang senang menyalurkan pikirannya melalui Medium. Happy reading :)

Easyread

Easyread

Easy read, easy understanding. A good writing is a writing that can be understood in easy ways

Medium is an open platform where 170 million readers come to find insightful and dynamic thinking. Here, expert and undiscovered voices alike dive into the heart of any topic and bring new ideas to the surface. Learn more

Follow the writers, publications, and topics that matter to you, and you’ll see them on your homepage and in your inbox. Explore

If you have a story to tell, knowledge to share, or a perspective to offer — welcome home. It’s easy and free to post your thinking on any topic. Write on Medium

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store