Corona Attacks

Ichsan Sholeh
ESP32 DEVKIT — AR Tech
4 min readMar 22, 2020

22 Maret 2020

Halo! Selamat datang kembali di medium gue selama hampir 2 minggu gue gak bikin tulisan di blog ini. Setelah diliburkan dari tugas mingguan mata kuliah ‘Sistem Embedded’ di minggu lalu, maka minggu ini gue diberikan tugas kembali oleh dosen gue melanjutkan dari project-project sebelumnya.

But, unfortunately, seperti yang kita tahu, beberapa waktu terakhir dunia lagi dibuat panik dengan adanya virus covid-19 yang bahkan sudah dinyatakan oleh WHO sebagai virus pandemi. Dan ternyata mulai dari jum’at lalu, Indonesia berhasil disusupi oleh makhluk mikroskopis ini dan menjadi massive outbreak di negara ini. Hingga akhirnya terdapatlah imbauan-imbauan dari banyak pihak seperti pemerintah, ilmuan, hingga adanya kebijakan dari rektor ITB yang memutuskan untuk mengadakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk menghindari pertemuan tatap muka selama perkuliahan dalam upaya menurunkan risiko penularan virus ini.

Dengan adanya sistem ini, sebenarnya membuat beberapa hal menjadi lebih sulit untuk dilakukan karena harus dilakukan secara daring. Contohnya tugas-tugas besar untuk beberapa mata kuliah lain dan tentunya tugas ini yang pada dasarnya merupakan tugas kelompok. Tentunya beberapa komunikasi dan koordinasi dalam mengerjakannya pun memiliki sedikit hambatan.

Mungkin pada blog kali ini gak seperti biasanya, gue gaakan membahas langkah-langkah melakukannya secara detail, dan cenderung menceritakan gimana proses gue dan temen gue ngerjain project ini. Tetapi, kalo ada dari kalian yang masih mau untuk melihat tutorial dari project kali ini, maka kalian bisa ngecek di blog berikut ESP32 Web Server — Arduino IDE. Oiya, project gue kali ini itu topiknya soal web-server gitu. Nah di project kali ini, kelompok gue akan mengimplementasikan bentuk pengontrolan lampu LED dengan ESP32, melalui web-server. Jadi emang topik ini adalah topik baru yang akan gue pelajari kali ini hehe.

Nah tadi kan sempet disebut kalo misalnya dengan kondisi ini, tentunya bikin komunikasi dan koordinasi dalam kelompok gue mengalami beberapa hambatan. Tetapi beruntungnya karena pada waktu gue dan temen gue ini ngerjain, kasus yang muncul di jawa barat jumlahnya masih sedikit, oleh karena itu kondisinya masih bisa terbilang aman untuk melakukan kerja kelompok tugas ini dalam waktu yang gak terlalu lama, dan dengan anggota yang berisikan 3 orang aja. Walaupun begitu, sayangnya salah satu temen gue ini udah di jakarta dan kebetulan dia lagi gak fit dan cenderung demam. Oleh karena itu, dia gabisa hadir secara langsung buat pengerjaan project kali ini.

Oleh karena itu yaudah pada saat pengerjaan, gue dan temen gue yang bisa hadir ini bikin dulu aja lah berdua, dan awalnya kita berencana untuk pake video/voicecall line supaya temen gue yang gahadir ini seenggaknya bisa lah liat langsung bikinnya gimana, tetapi, kembali lagi karena kondisinya yang kurnag fit, akhirnya gak bisa deh, dan terpasksa harus kita berdua dulu yang buat project ini. Nah, karena temen gue ini gabisa hadir secara langsung yaudah akhirnya memtuskan buat ngirimin foto dan nantinya bakal dijelasin kalo temen gue yang gak hadir ini masih belum ngerti soal project yang harus kelompok gue buat minggu ini.

Tetapi beruntungnya karena tutorial yang sangat membantu dari randomnerd, akhirnya project gue kali ini juga gak membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pengerjaannya. Berikut adalah dokumentasi dari proses pengerjaan project gue kali ini:

Alat dan Bahan
Skema Rangkaian
Testing

Taraaa! eh maksudnya voila! jadi deh hehehe. Walaupun ada beberapa kendala karena beberapa potongan kode yang gak diteliti dan sempet salah masang kabel sehingga lampunya gak nyala, tetapi itu semua gak berlaangsung lama karena tutorial randomnerd emang sengebantu itu huehuehue.

Jadi beruntungnya, walaupun dengan kondisi seperti sekarang ini, alhamdulillahnya proses pengerjaan project dengan kelompok gue ini pun bisa tetap berjalan dan selesai dengan baik. Nah tetapi untuk kedepannya, gue dan kelompok gue juga belom tau bakal kayak gimana ngerjainnya. Entah kita emang harus beli alat sendiri-sendiri, atau alatnya disatu orang, dan nanti ngerjainnya bakal secara daring. Yaaa, mari kita liat aja ya minggu depan akan kayak gimana hehe.

Sekian dulu tulisan gue kali ini, walaupun tulisan kali ini lebih ke arah cerita personal gue dalam bikin project kali ini, tetapi semoga tetap ada yang bisa diambil dan jadi manfaat untuk membaca hehe.

Sekikan dari gue,

Enjoy!

--

--

Ichsan Sholeh
ESP32 DEVKIT — AR Tech

Information System and Technology Student at Bandung Institute of Technology