Bookmate, Aplikasi Membaca e-Book Andalan

Seri Kembali Rutin Membaca
I. 5 Langkah Ampuh untuk Mulai Membaca Lagi
II. Bookmate, Aplikasi Membaca e-Book Andalan

Seperti yang sudah saya tulis, dalam rangka menggalakkan kembali budaya membaca, saya pun mulai melirik beberapa aplikasi yang bisa memberi kemudahan membaca serta memiliki pilihan buku yang menarik.

Setelah mencoba berbagai aplikasi, Bookmate menjadi salah satu aplikasi membaca favorit saya.

Bookmate mengklaim memiliki koleksi lebih dari 500.000 judul buku. Aplikasi yang sudah digunakan di 10 negara, seperti Jerman, Amerika, Spanyol, Rusia, dan Singapura ini bekerjasama dengan Cipika books (Indosat Ooredo) di Indonesia dan memiliki koleksi sekitar 5.000 judul lokal. Jumlah judul yang tersedia itu sudah lumayan banget ya.

Untuk buku-buku lokal, saya melihat beberapa karya penulis laris, seperti Dee Lestari, Emha Ainun Najib, Sitta Karina, Trinity, Fahd Pahdepie, Andrea Hirata, serta buku-buku terbitan Tempo.

Tapi, sekedar koleksi buku ga akan cukup, karena untuk saya, user interface (UI) berpengaruh besar terhadap ketertarikan saya pada satu aplikasi.

Warna coklatnya memang terlihat agak membosankan ya, tetapi saya merasa Bookmate cukup simple dan user friendly.

Seperti halnya aplikasi membaca lain, Bookmate memberikan saran buku-buku yang mungkin kita sukai. Untuk melihat buku lokal dalam daftar tersebut, Anda harus memilih Bahasa Indonesia sebagai pilihan library language melalui settings. Bahasa lainnya yang dapat Anda pilih termasuk Bahasa Spanyol, Belanda, Rusia, dan Denmark.

Tak hanya itu, melalui Bookmate kita bisa berjejaring dan memamerkan buku-buku yang telah kita baca. Sangat sesuai dengan langkah-langkah ampuh untuk mulai membaca lagi yang sudah saya jabarkan sebelumnya.

Bookmate menggabungkan fungsi Google Play Books dan Goodreads.

Google Play Books + Goodreads = Bookmate

Nah, sekarang kita memasuki bagian yang paling penting. Tidak seperti iJakarta, Bookmate tidak benar-benar gratis. Anda bisa saja memilih untuk tidak berlangganan, namun pilihan buku yang gratis sangatlah terbatas.

Paket Langganan Bookmate:

a. Standard Rp 45.000/bulan (tidak termasuk buku laris dan bisnis)

b. Premium Rp 69.000/bulan (termasuk buku laris dan bisnis)

Meski tidak gratis, menurut saya paket langganan Bookmate ini worth it banget! Karena, misalnya saja kita beli novel lokal, harga satu bukunya saja bisa mencapai angka sekitar 60.000. Padahal buku tersebut selesai dilahap hanya dalam waktu 2 hari saja. Sedih.

Bagi yang ingin mencoba, Anda bisa mendapatkan gratis langganan standar selama dua minggu dengan mengklik ikon di bawah ini: (Ayooo unduh pakai link ini aja ya, biar saya kebagian langganan :D)

Jika Anda tertarik untuk membeli paket premium, saya sarankan Anda membeli melalui Cipika, karena jauh lebih murah! Haha. Naluri emak-emaknya keluar.

a. Paket Premium 1 Bulan — Rp 39.000

b. Paket Premium 3 Bulan — Rp 106.200

c. Paket Premium 12 Bulan — Rp 324.500

Cara lain untuk mendapatkan paket langganan gratis adalah dengan referral link tentunya! Semangat menyebarkan, semangat dapat paket langganan gratisan!

Selamat membaca!

ps. Untuk para penulis, Cipika Bookmate sedang mengadakan kompetisi e-book tuh. Selamat mencoba!


Originally published at kediamanmeliala.com on November 19, 2016.

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.