Dale Carnegie: How to win friends and influence people

obed nugroho
Etsah
Published in
2 min readJul 10, 2014

[caption id=”” align=”alignnone” width=”718"]

Dale Carnegie[/caption]

Pertama kali melihat-lihat buku ini di google play book. Saya rasa buku ini punya judul yang alay dan murahan tapi yah don’t judge a book by its cover. Ternyata buku ini menyimpan prinsip-prinsip hidup berdampingan dengan orang-orang lain dan buka hanya itu di dalamnya bagaimana kita bisa mendapatkan apa yang kita mau dari orang lain. Quote yang saya ingat betul kira-kira begini bunyinya “Jangan tendang pohonnya bila kita menginginkan madunya”. Sederhana tapi betul juga ya saat kita menginginkan orang lain memberikan yang kita mau ya jangan ditendang.

Ditulis oleh Dale Carnegie dimulai tahun 1920, hampir seratus tahun buku dan konsep ini eksis di dunia dan luar biasanya masih relevan masih saat ini. Konsep dari buku ini tidak hanya sekali tulis dan jadi namun terus berkembang. Menggunakan contoh-contoh nyata dari peserta kursusnya.

Saat membaca buku ini rasanya saya sedang retreat pribadi. Saya seperti mundur sebentar dari dunia saya. Tertantang untuk observasi situasi saya. Membuat saya intropeksi tentang perilaku-perilaku yang mungkin malah merugikan diri saya sendiri. Pribadi saya seperti dibongkar-bongkar lalu disusun menjadi bangunan yang baru.

Setelah membaca buku ini muncul di pikiran saya “Seharusnya saya baca sejak dulu mungkin hidup saya menjadi lebih mudah”. Ada perasaan tertolong setelah membaca ini. Saya jadi tahu bagaimana harus bersikap lebih baik lagi dan mendapatkan hubungan dengan orang lain yang baik. Bahkan salah satu teman yang juga membacanya mengatakan “Rasanya saya tertolong karena buku ini” dia pun juga membeli buku ini untuk menteenya.

Saya kategorikan buku ini adalah buku fondasi yang perlu dibaca oleh siapa saja. Buku ini menuntun seseorang untuk bisa maksimal dalam berhubungan dengan orang lain. Tidak juga terlambat bagi siapapun yang ingin memperbaiki hubungan dengan orang lain. Berbagai profesi yang berhubungan dengan manusia membutuhkan pendalaman pemahaman dari buku ini, karena bisa menolong kita untuk memenangkan hati orang lain.

Sayapun merasa harus memasukan buku ini sebagai pre-work untuk training-training kepemimpinan dan perilaku berorganisasi. Sehingga para trainee punya fondasi yang mapan untuk memahami hubungan antar manusia yang baik. Buku ini akan masuk di rak buku kesayangan saya. Thank you! Dale Carnegie.

--

--