Jadi ahli? hanya 10.000 Jam Saja!

obed nugroho
Etsah
Published in
2 min readMar 17, 2014

Di buku “outlier”, Malcom Gladwell berulang-ulang menyebutkan tentang 10.000 jam. Gladwell menyatakan bahwa seeorang akan master dalam keahlian tertentu bila menggelutinya selama minimal 10.000 jam. Kalau saya hitung, setiap hari berlatih paling banyak 4 jam, berapa hari yang dibutuhkan? Jadi butuh 2500 hari untuk jadi master atau sekitar 7 tahun, beehh…. Waktu yang sangat lama. Kalo saya refleksikan keahlian apa yang sudah saya latih selama 7 tahun ? Apa ya… makan-makan kali ya :D

Saya jadi ingat teman-teman yang belajar fotografi, biasanya mereka yang baru belajar akan bersikap alay dan mengaku punya keahlian yang mumpuni dan bahkan saling mencela. Pesan saya kepada mereka, 7 tahun bero, 7 tahun baru jadi master sudahlah jangan besar kepala beeroooo (itupun kalau setiap hari berlatih)”.

Gladwell mengambil kesimpulan dari penelitian pada violinist di Berlin. Pada tahun 1990, sebuah tim yang terdiri dari psikolog di berlin, Jerman mempelajari murid-murid violin. Mereka mempelajari kebiasan berlatih para violinist dari masa anak, remaja sampai pada dewasa. Semua subjek penelitian ditanyai pertanyaan “sepanjang karir, dimulai sejak memegang violin untuk pertama kalinya, seberapa banyak waktu yang dihabiskan untuk berlatih?”. Para violinist memulai bermain biola sekitar usia lima tahun dengan jumlah waktu yang sama. Pada usia delapan, perbedaan waktu mulai terlihat. Pada usia dua puluah, pemain biola di tim elit rata-rata menghabiskan waktu lebih dari 10.000 jam untuk belatih, untuk yang kurang mampu menghabiskan 4000 jam berlatih. Tim elit menghabiskan waktu dua kali lipat dibanding dengan yang tidak.

Lebih lagi, Natural Talent : Not Important. Kita berpikir bahwa orang dengan bakat alamiah bisa menjadi ahli dengan waktu lebih singkat daripada yang tidak berbakat. Tapi hasil study dari psikolog ini adalah tidak berkata demikian. Para peneliti ini menemukan bahwa ada hubungan langsung antara jam berlatih dan prestasi. Artinya tidak ada jalan pintas. Tidak ada alamiah.

Orang pikir Bill Gates dan Paul Allen memulai karirnya dengan mudah, yaitu drop out dari kuliah, buat perusahaan trus sukses, pandangan ini salah. Bill Gates dan Paul Allen menghabiskan ribuan jam untuk berlatih coding sebelum memulai perusahaannya. Bahkan pada waktu kuliah mereka kabur dari rumah pada malah hari untuk belajar programing. Bill Gates dan Paul Allen juga melewati 10.000 jam mereka.

Kalau jaman sekarang yang kayak Lionel Messi, sejak kecil berbakat tapi sejak usia 5 tahun dia sudah bermain di club sepak bola Grandoli. Ribuan jam sudah dihabiskan untuk menjadi pemain terbaik meskipun mengidap penyakit Growth Hormone Deficiency (Kekurangan hormon pertumbuhan) tapi berlatih dan terus berlatih mendobrak halangan itu. Prinsip ini berlaku untuk kesuksesan berlaith dan terus berlatih, sukses tidak ada jalan pintas.

Saya pikir saya harus bisa menggeluti satu hal saja selama 10,000 jam. Mungkin menulis di blog ini supaya jadi ahli saya perlu investasikan 10,000 jam saya. Sampai belekan mata dan tangan berdarah-darah :D yah demi untuk menjadi ahli :D. Selama ini saya juga seperti ayam yang nothol-nothol (mematuk) ilmu. Hanya mengambil sebagian pindah lagi, coba yang lain lagi, baru sedikit sudah nothol ke hal yang lain lagi.

Yah memang benar sudah, 10,000 jam saya habis di nothol (mematuk, baca: makan) :)

http://obednugroho.net

Obed Agung Nugroho

--

--