Lika Liku Kehidupan Asdos di Fasilkom: Pengalaman Jadi Asdos Tiap Semester

Meldi Hafizh
Experience Worth Sharing
5 min readOct 14, 2021

Halo semuanya! Kenalin, saya Meldi Hafizh Sayoko dari Quanta. Kali ini saya akan bercerita mengenai pengalaman saya menjadi asdos selama 4 semester (otw 5) dan apa aja yang perlu kalian ketahui untuk menjadi asdos. Saya harap sih, dengan saya berbagi cerita pengalaman saya, kalian yang tadinya ragu mau jadi asdos bisa yakin dan mulai mempersiapkan diri untuk daftar asdos di semester depan nanti. 😎

Kenapa Mau jadi Asdos?

Semenjak lulus SMA saya udah suka banget ngajar. Awalnya karena volunteer untuk Rumah Belajar, waktu itu mengajari anak-anak SD, SMP dan SMA di daerah Lubang Buaya. Lalu karena berminat banget sama mengajar, makanya saya daftar jadi asdos. Di semester 3, saya mendaftar asdos DDP1. Untuk mendaftar asdos, bisa dilakukan di web siasisten.cs.ui.ac.id. Sebelum mendaftar, kalian harus login dan mengisi data diri, nomor rekening, dan upload buku tabungan, juga beberapa hal lain untuk melengkapi profil kalian.

Untuk ngeliat lowongan posisi asdos yang kosong, bisa dicek di siasisten.cs.ui.ac.id/lowongan/listLowongan. Nanti bakal keliatan ada lowongan di mata kuliah apa aja dan berapa jumlah lowongannya. Kalian tinggal klik daftar di mata kuliah yang kalian mau dan nanti bakal diseleksi oleh dosen dan admin siasisten. Sistem pemilihannya kalo gak salah sih, nanti bakal di-sort terlebih dahulu pendaftarnya, mulai dari yang nilainya paling tinggi.

The Asdos Life

Kalo jadi asdos, kita ga dapet capeknya doang kok. Kita juga dapet uang saku tambahan, alias gaji. Emang sih, gajinya gak begitu besar, tapi lumayan banget buat ngisi dompet mahasiswa. :) Untuk Fasilkom sendiri per matkul kurang lebih gajinya sekitar Rp25.000,- per jam. Nah, jamnya dihitung gimana caranya? Untuk ngasdos ini misalnya kita bikin soal, ngoreksi, asistensi, ngajarin, jaga lab, apapun itu, nanti bakal dicatet di siasisten, disebutnya ‘log’. Setiap asdos bakal ngisi log-nya sendiri dengan semua kegiatan yang mereka lakuin dan durasinya berapa lama. Contoh log itu kayak gini:

Nanti, jam dari log itu diakumulasi semua dan dikali sama gajinya. Itulah gunanya kita ngisi nomor rekening ketika awal bikin profil siasisten. Kalo kita udah isi log, dosen/TA bakal nge-review dan menyetujui lognya. Setelah disetujui, uang bakal ditransfer ke rekening kita, dan status di log siasisten tulisannya menjadi “diproses”.

Kerja asdos ngapain aja? Sebenernya itu tergantung matkulnya. Untuk matkul yang ada ngodingnya kadang ada yang jaga lab, untuk tugas-tugas, itu juga asdos yang buat soalnya. saya sendiri udah pernah jadi asdos untuk 4 matkul, yaitu DDP1 (semester 3), PSD (semester 4), PPW (semester 5), Basdat (semester 6), dan untuk semester 7 ini, saya jadi asdos untuk APAP.

  • DDP1

Jadi asdos DDP1, gak ribet-ribet amat sih. Kerjaannya paling bikin soal lab, bantuin mahasiswa, ngenilai lab, demo TP mahasiswa, dan karena offline, saya selalu jadi pengawas ujian UTS dan UAS.

  • PSD

Beda dengan DDP1, kalo PSD masih ada PR. Jadi selain ngoreksi lab, saya ngoreksi PR juga. Karena pas semester 4 masih offline, jadi bisa secara langsung praktek dan ngajar mahasiswa pake alat.

  • PPW

Nah kalo yang ini favorit saya karena ada nge-demo-in story tiap minggu. Nanti diajarin cara bikin web dan lain-lainnya. Menurut saya PPW ini yang paling banyak ngehasilin duit karena setiap minggu ada demonya dan ada yang nanya-nanya pastinya.

  • BASDAT

Basdat ini yang paling recent ya, semester lalu. Dari semua matkul, menurut saya ini matkul yang ngasdosnya nguli banget karena ada banyak interpretasi dan asumsi di soalnya, karena itu koreksiannya juga banyak.

Tantangan? Perjuangan?

Setelah jadi asdos, yang saya kira bakal ngajar-bikin soal-ngoreksi doang salah. Ternyata jadi asdos ga segampang itu karena aslinya ngasdos itu lumayan nguli. Gak perlu takut gak bisa istirahat atau takut gak punya waktu untuk sendiri. Tapi kalo kalian emang mau punya lebih banyak waktu untuk ngelakuin apapun yang kalian mau, saya gak saranin kalian ngasdos. Untuk ngoreksi itu lumayan ngabisin waktu karena emang mahasiswanya banyak banget dan terkadang satu kelas cuma ada 2–3 asdos, jadi saya kalo ngerjain tugas-tugas asdos mulainya malem karena lebih santai dan saya juga netapin kalo mau begadang itu gak boleh lebih dari jam 3.

Bikin soal juga bener-bener bikin otak bekerja ekstra, terutama untuk matkul ngoding. Bikin soal lab nguras tenaga banget karena kita harus bikin alur cerita, ketentuan program, test case, belom lagi kalo bikin template. Tapi tenang aja karena kita gak sendiri-sendiri kok bikinnya, setiap asdos bakal diskusi bareng dan saling lempar ide untuk dijadiin soal yang cocok dengan materi lab. Emang dasarnya saya lebih suka bagian ngajar sih ya jadi untuk ngoreksi dan bikin soal tuh bikin capek. Salah satu tantangan lain yang saya rasain selama jadi asdos itu saat pemberian nilai. Saya suka gak tega mau kasih nilai yang rendah untuk mahasiswa yang saya ajar karena merasa kasian. Selama mahasiswa yang submit tugas itu masih ngumpulin tepat waktu dan gak pernah ngeskip tugas, setidaknya saya kasih nilai untuk effort-nya.

Jadi asdos sebenernya nggak terlalu mengganggu akademis utama. Tapi ada beberapa instance dimana kerja asdos mempengaruhi waktu untuk akademis saya. Contohnya ya pas lagi ngoreksi tugas itu karena mahasiswanya juga gak sedikit. Untuk ngoreksi akan lebih baik kalo dicicil per hari atau per minggu tapi saya pribadi gak punya waktu untuk nyicil kayak gitu karena aktivitas saya sehari-hari juga udah penuh banget makanya saya sering begadang kalo lagi ngerjain tugas asdos.

Sedikit cerita pas saya jadi asdos PSD. Kenapa saya bisa jadi asdos untuk mata kuliah khusus Ilmu Komputer padahal saya sendiri dari Sistem Informasi? Jadi waktu itu saya mau daftar jadi asdos DDAK, tapi karena hasilnya gak keluar-keluar jadinya saya daftar PSD juga karena di siasisten emang bisa daftar lebih dari satu matkul tapi bukan jadi asdos dua matkul sekaligus ya. Nah, begitu hasil DDAK keluar, saya malah keterima jadi asdos PSD. Yaudah selama paruh pertama semester itu saya masih bisa ngajarin karena sebelumnya saya dapet matkul DDAK yang sebenernya adalah gabungan dari PSD dan POK. Tapi begitu masuk paruh kedua setelah UTS, saya gak ngerti materinya sama sekali. Jadi akhirnya saya dibantu sama temen-temen untuk ngoreksi dan ngajarin.

Sedikit saran dari saya, jangan daftar jadi asdos untuk matkul yang kalian gak ngerti materinya. Pikirkan dengan matang apakah kalian siap jadi asdos matkul ini itu, apakah kalian mampu ngajarnya atau ngga.

Apa Yang Saya Dapat

Secara keseluruhan, jadi asdos cukup seru dan bermanfaat. Matkul-matkul yang sebelumnya saya kurang paham, begitu jadi asdos jadi lebih ngerti materinya. Karena jadi asdos, saya jadi kenal dan lebih dekat sama dosen-dosen. Punya hubungan baik sama dosen itu menguntungkan karena kalian bisa dapet surat rekomendasi dan saran topik skripsi (walaupun di pacil gak wajib skripsi sih ya).

Selain makin ngerti materi dan bisa dapet keuntungan dari kenal dosen, jadi asdos juga termasuk pengalaman professional jadi kalian bisa nambah-nambahin pengalaman kerja kalian di CV. Itu termasuk salah satu jalan masuk saya untuk bisa masuk jadi intern di pinhome.id sebagai Quality Assurance Engineer. Tapi ya, pastinya dimana ada kelebihan, disitu ada kekurangan. Entah itu waktu yang kesita karena ngoreksi, bikin soal atau meeting sama dosen. But it’s all worth it, I guess. Menurut saya materi yang dulu saya belum paham dan bisa pahami sekarang karena jadi asdos itu jauh lebih valuable daripada uang yang saya hasilkan.

Kayaknya segitu aja untuk sesi sharing saya kali ini, makasih semua untuk yang sudah baca. Ayo daftar jadi asdos! ☺

--

--