Pengalaman Magang

Verry Rusdiyanto
Flipbox
Published in
3 min readJul 9, 2018

30 April 2018

My name is Vierry from SMKN 10 Jakarta, well saya akan menceritakan pengalaman PKL (Praktik Kerja Lapangan) di FLIPBOX Digital Agency.

Framework Laravel

Saya masih duduk di kelas 11 Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak , disekolah saya belajar tentang Web Programming,C#,C++.di kelas 11 menurut peraturan pemerintah harus melaksanakan PKL setiap SMK. Saya PKL di FLIPBOX karena teman saya yang ayah nya bekerja di DEFINITE (Partner FLIPBOX), saya fikir magang di FLIPBOX itu seperti di gedung gedung , tampilan rapih , berdasi. Tapi saya salah, gedung flipbox tidak seperti yang saya bayangkan , gedung yang cukup sederhana tetapi nyaman di tempati.

Flipbox itu seperti Software House , tempat dimana membuat aplikasi Android dan Web , sambutan karyawan -karyawan flipbox sangat ramah dengan kedatangan kami, disini terbagi menjadi 2 , Android Developer dan Web Developer , saya sendiri di Web Developer, saya banyak belajar mengenai framework Larvel, jquery, node JS. Di sekolah saya belajar laravel cuma sebatas CRUD, Search , dll. Tapi berkat saya magang di Flipbox , saya tau laravel itu ga cuma sebatas itu aja , masih banyak lagi. Yang di sekolah tidak saya dapatkan ,tetapi di sini saya mendapatkan nya.

Code Laravel

Pertama saya masuk , saya mencoba di Android Developer , tetapi saya di suruh pilih kembali , mau Web atau Android. Akhirnya saya pilih Web , awal nya saya disuruh membuat multi language disuatu project , dari situ saya belajar membuat multi language pada Web (walau masih blm terlalu paham hehehe). Setelah itu setiap hari selesai ada kegiatan sportday, olahraga seperti futsal , pingpong , bulu tangkis, dll. Saya selalu ikut kegiatan sport day, ini yang membuat senang disini karena bukan hanya bekerja tetapi memikirkan kesehatan karyawan nya .

Setiap hari jumat ada kegiatan share day tentang ASP.NET, saya senang karena ASP.NET tidak didapatkan di sekolahan , dengan presentasi dasar — dasar ASP.NET , sedikit tapi pasti , isinya adalah apa itu ASP.NET , apa itu ASP.NET MVC , kenapa menggunakan ASP.NET , bagaimana sistem kerja MVC di ASP.NET , dll . Mendapat sedikit membelajaran tentang ASP.NET.

Tugas berikutkan saya di suruh menjadi QA (Quality Assurance) , membuat test case , TTS , document - document yang di perlu nya untuk developer bekerja. Terus saya disuruh bongkar CMS untuk website lain, ibarat sebuah kue dan kita harus tau berapa telur yang di pake, terigu yang di gunakan. Awal memang susah dan bingung , tapi lama lama terbiasa dan paham alur dari CMS itu, dari CMS itu saya belajar banyak tentang laravel yang benar , email subcriber, integrasi backend ke frontend, betapa pusing nya di kejar deadline heheh , hal hal yang tidak di pelajari di sekolah , saya belajar di sini .

Kesimpulan nya , saya senang magang di FLIPBOX ,banyak pengalaman yang saya dapatkan, ilmu yang bermanfaat suatu saat nanti berguna di dunia kerja, ramah ramah orang nya ,gimana sistem kerja dari digital agency , gimana cara kita ngoding tapi ga saling tunggu,pokoknya banyak lagi deh, sayang nya saya cuma 3 bulan magang di sini dan dari sekolah juga tidak di izin kan tambahan waktu. Sekian cerita dan pengalaman pendek dari saya , mohon maaf bila selama saya magang disini punya salah, perkataan yang menyakitkan hati. Dan terima kasih telah menerima saya magang di sini dan saya senang

Terima Kasih Flipbox

Flipbox Digital Agency

--

--