Belajar Bahasa Inggris Otodidak, Siapa Takut?

sasita
fondi official Indonesia
3 min readJul 28, 2024

Besar di Sidoarjo dan sekarang kerja sebagai operator mesin di perusahaan makanan, aku adalah Habib. Hidupku dikelilingi teman-teman dan rekan kerja yang selalu inisiatif. Selain itu, keluarga selalu mendukung apapun keputusan yang aku ambil dan apapun yang aku lakukan.

Ngomongin soal minat, aku tuh pengen banget belajar dan ngembangin kemampuan Bahasa Inggrisku. Aku pengen banget jadi jago Bahasa Inggris. Tapi ya namanya kerja, belajar tuh banyak tantangannya. Sering banget aku kesulitan buat atur waktu, tenaga, dan pikiran antara kerja sama belajar Bahasa Inggris. Akhirnya, aku mutusin buat belajar Bahasa Inggris sendiri alias otodidak, tentunya online.

Pas mutusin buat belajar otodidak, aku harus pilih platform apa yang cocok buat belajar. Saat itu, iklan aplikasi fondi muncul di Instagramku. Langsung deh aku install dan cobain. Ternyata buat orang introvert kayak aku, pakai fondi tuh cocok banget! Soalnya ada avatar yang bisa komunikasi satu sama lain, bikin aku nyaman belajar di fondi. Aku bisa bebas berekspresi tanpa harus nunjukin wajah asli, tapi tetap bisa belajar. Ini juga membantu banget buat aku yang belajar otodidak, bisa atur waktu belajar dan topik apa yang mau dipelajari.

Di fondi, aku biasanya habisin waktu 3 jam sehari. Aku sering ke Plaza dan Home Country, nggak jarang juga ngobrol sama Vior dan Tihat. Bahkan aku ikut program career path karena tertarik sama benefit-nya.

Setelah 5 bulan pakai fondi, aku merasa semakin percaya diri dengan kemampuan Bahasa Inggrisku. Walaupun belajar otodidak tanpa silabus yang sistematis, tapi itu nggak jadi hambatan buat ningkatin kemampuanku. Dengan sering komunikasi sama pengguna lain di fondi, kemampuan Bahasa Inggrisku semakin baik dan aku jadi percaya diri ngomong Bahasa Inggris.

Aku rekomendasiin fondi buat siapa aja yang pengen belajar Bahasa Inggris, terutama yang mau belajar otodidak! Kita bisa eksplor topik pembicaraan yang kita mau dan bonusnya bisa kenal berbagai aksen dari negara lain!

Apakah Anda sedang mencari pekerjaan atau karier yang lebih baik?

fondi sedang mengerjakan program ini untuk mendukung pengguna fondi.

Tentang program ini

Ini adalah program untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan kemampuan Anda terkait dengan mata pelajaran karir di fondi. Anda akan mendapatkan serangkaian kegiatan di fondi dan kesempatan untuk terhubung dengan perusahaan setelah Anda menyelesaikan program.

Manfaat

Setelah menyelesaikan program ini, kami berharap Anda akan mendapatkan beberapa manfaat:

  • Keterampilan yang berkaitan dengan mata pelajaran karir
  • Percaya diri dalam komunikasi bahasa Inggris
  • Sertifikat prestasi
  • Peluang untuk terhubung dengan perusahaan di seluruh dunia

Siap bergabung?

https://go.fondi.fun/Sasita_writer

--

--