Dari Perjuangan Menuju Kesuksesan: Perjalanan Asim Imam bersama Fondi

Iqbal Indrawan
fondi official Indonesia
5 min readJul 10, 2024

Tak pernah terbayangkan olehku bahwa sebuah aplikasi ponsel akan mengubah arah hidupku. Namun di sinilah aku sekarang, Asin Imam, seorang Pria berusia 28 tahun dari sebuah desa kecil di Pakistan, kini dengan percaya diri berbicara dengan orang-orang dari berbagai penjuru dunia. Inilah kisahku — sebuah cerita tentang kegigihan, pertumbuhan, dan kekuatan Bahasa yang mengubah hidup. Aku berasal dari keluarga besar yang berisi lima laki-laki dan dua Perempuan. Ayahku, seorang guru pemerintah yang sudah pensiun, dan ibuku, seorang ibu rumah tangga, menanamkan nilai Pendidikan dalam diri kami. Namun di desa kami, Bahasa Inggris hanyalah Bahasa ketiga yang jauh, setelah Bahasa ibu kami Pashto dan Bahasa nasional kami Urdu. Aku tahu aku menginginkan lebih dari hidup ini, berimpi tentang karier yang akan menantangku dan membuka pint uke dunia di luar desa kami.

Profil Asin Imam di fondi

Dengan tekad yang tidak tergoyah, aku mengejar pendidikanku, meraih gelar internasional di bidang akuntansi dan keuangan ACCA dan CIA (Audit, Akuntansi, Penetapan Biaya, dan Keuangan). Pada awal karier profesional aku, aku banyak berjuang karena saya dulu bekerja dengan gaji Rs. 5.000/- PKR selama 16 bulan. Pada suatu waktu, situasinya sedemikian rupa sehingga kelangsungan hidupku sulit, jadi aku harus meninggalkan pelatihanku di tengah-tengah dan mencari pekerjaan lain. Sekarang. Aku mendapatkan pekerjaan sebagai asisten manajer di sebuah Perusahaan otomotif di Lahore. Di atas kertas, aku telah meraih kesuksesan. Namun ada sesuatu yang hilang.

Terlepas dari kualifikasiku, aku masih berjuang dengan komunikasi verbal dalam Bahasa Inggris. Aku bisa memahami dan menulis dengan baik, namun saat berbiacara, aku kekurangan kepercayaan diri dan kelancaran. Kesadaran ini menghantamku dengan keras, terutama ketika aku mulai menargetkan untuk bekerja di luar negeri. Aku tahu bahwa untuk mencapai impianku, aku harus mengatasi rintangan ini. Saat itulah takdir tunrun tangan dalam bentuk iklan sederhana di Instagram. Aku menemukan fondi — sebuah aplikasi metaverse yang memungkinkan penggunanya berlatih berbicara dengan Bahasa Inggris dengan pelajar dari seluruh dunia menggunakan avatar 3D. skeptis pada awalnya, aku memutuskan untuk mencobanya. Tidak kusangka Keputusan ini akan mengubah arah hidupku. Ketika pertama kali menggunbakan fondi, aku bahkan kesulitan berbicara dua kalimat berturut-turut dalam Bahasa inggris. Namun ketika aku menerjunkan diri ke dalam pengalaman ini dengan tekad yang sama yang telah membawaku melalui perjalanan akademisku. Aku menghabiskan dua hingga dua setengah jam setiap hari di aplikasi ini, terhubung dengan orang-orang dari berbagai latar belakang dan budaya. Setiap percakapan adalah langkah menuju tujuanku, setiap interaksi adalah batu penyusun kepercayaan diri.

Dalam waktu tiga minggu, aku mengalami transformasi signifikan dalam kemampuan berbahasa inggrisku. Dedikasiku menarik perhatian tim fondi, dan aku diundang untuk bergabung dengan program magang mereka. Peran baru ini menantangku untuk mendukung pemula, menyelenggarakan acara, dan lebih mengembangkan keterampilan komunikasiku. Ini sangat cocok dengan sifatku yang ramah dan keinginanku untuk berkembang. fondi tidak hanya membantuku meningkatkan bahasa inggrisku, tetapi juga memperluas wawasanku dan menghubungkanku dengan komunitas pelajar yang beragam. Aku telah berteman dengan orang-orang dari negaraku sendiri dan luar negeri, memperkaya pemahamanku tentang budaya yang berbeda, namun perjalananku tidak tanpa hambatan. Aku menghadapi masalah teknis dengan penjadwalan acara dan terkadang kesulitan dengan aksen yang berbeda. Namun, aku melihat tantangan ini sebagai peluang untuk berkembang.

Kini, aku berdiri di ambang bab baru. Aku telah menyelesaikan tugas-tugas magangku, berbicara dengan pendatang baru dan membuat referensi. Aku bahkan mempertimbangkan peluang kerja di luar negeri, impian yang dulu tampak tak terjangkau. fondi telah memberiku kepercayaan diri untuk berbicara di depan orang banyak. Ini adalah proses pembelajaran yang berkelanjutan, dan aku bersyukur atas pertumbuhan dan kesempatan yang telah diberikan fondi kepadaku.

Aku ingin berterima kasih kepada mereka yang mendukungku: Abbas Nawaz Khan, yang mendukung kegiatanku sebagai manajer, dan teman-teman fondiku seperti Ariba (Elsa), Minahil, Alia, dan Sam. Dorongan dan dukungan mereka sangat berharga dalam perjalanan ini.

Saat aku memandang masa depan, mataku bersinar dengan tekad dan harapan. Bahasa inggris merupakan kunci untuk membuka pintu dalam karierku. Dan dengan fondi, aku tidak hanya belajar Bahasa. Aku membangun jembatan ke dunia. Dari seseorang anak desa yang berjuang dengan bahasa Inggris menjadi pembicara percaya diri yang terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia, perjalananku adalah bukti ketekunan dan dampak menemukan alat yang tepat untuk pertumbuhan pribadi.

Kepada mereka yang membaca ini dan juga bermimpi untuk meningkatkan hidup mereka melalui bahasa Inggris, aku dengan tegas mengatakan, “Percayalah pada potensimu yang tidak terbatas dan teruslah menantang dirimu sendiri.” Kunci kesuksesan terletak pada akumulasi trial and error dan ketekunan. Memperoleh keterampilan bahasa Inggris dan meningkatkan teknik membutuhkan waktu dan usaha, tetapi potensinya tak terbatas. Dengan menggunakan fondi, kamu bisa menikmati pembelajaran sambil terus meningkatkan skill kamu.

Aku akan terus mengambil tindakan dengan fondi untuk mencapai impianku menjadi seorang penerjemah. Bergabunglah denganku dalam perjalanan luar biasa pertumbuhan dan penemuan ini. Dunia menunggumu untuk berbicara!

Apakah Anda mencari pekerjaan atau karier yang lebih baik?

fondi sedang mengembangkan program ini untuk mendukung pengguna fondi.

Tentang program ini

Ini adalah program untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris dan keterampilan terkait karier di fondi. Anda akan mendapatkan serangkaian aktivitas di fondi dan kesempatan untuk terhubung dengan perusahaan setelah Anda menyelesaikan program ini.

Manfaat

Setelah menyelesaikan program ini, kami berharap Anda akan mendapatkan beberapa manfaat:

  • Keterampilan terkait karier
  • Kepercayaan diri dalam komunikasi bahasa Inggris
  • Sertifikat penyelesaian
  • Kesempatan untuk terhubung dengan perusahaan di seluruh dunia

Siap bergabung?

Silakan isi formulir ini untuk mendaftar: https://go.fondi.fun/Iqbal_writer

--

--