Dimulai Dari Meniru Hingga Mahir: Perjalanan Menemukan Gaya Menulis Asli di Fondi

Jira Perbawa Atmawirja
fondi official Indonesia
4 min readAug 4, 2024

Godaan Meniru

Dalam dunia penulisan, menemukan suara asli bisa jadi perjalanan rollercoaster. Awalnya, ketika mulai di Fondi, saya sangat semangat untuk menemukan gaya saya sendiri di tengah berbagai pengaruh. Ini adalah cerita tentang bagaimana saya melewati fase meniru orang lain dan akhirnya berani menjadi diri sendiri, menemukan kepercayaan untuk mengekspresikan suara autentik saya.

Saat pertama bergabung dengan Fondi, saya kagum dengan komunitas yang hidup dan banyaknya peluang. Sebagai penulis baru, target utama saya adalah membuat klien terkesan dan menciptakan konten yang sesuai harapan. Cara paling gampang? Meniru gaya penulis sukses. Toh, kalau berhasil untuk mereka, kenapa nggak buat saya?

Tapi meniru ternyata cepat terasa salah. Walau aman dan memberi jalur jelas, rasanya seperti memakai pakaian orang lain. Setiap tulisan saya jadi gema dari suara orang lain, membungkam pikiran asli saya dan menekan kreativitas. Dalam upaya memenuhi ekspektasi, saya mulai lupa alasan awal kenapa saya suka menulis.

Perjuangan Mencari Style Sendiri

Titik baliknya datang ketika saya diminta menulis artikel pertama. Sebagai pemula, saya mengikuti contoh-contoh yang diberikan, membuat tulisan yang meniru penulis mapan. Meski teknisnya benar, ada rasa tidak puas yang makin besar. Tulisan saya, meski sesuai aturan, kehilangan percikan yang datang dari sentuhan pribadi.

Saat itulah supervisor saya memberi nasihat yang mengubah permainan: “Tulis dengan gaya kamu sendiri.” Kata-kata sederhana ini menjadi pencerahan. Mereka menandai awal perjalanan saya untuk menemukan dan merangkul suara unik saya.

Menemukan Suara Saya

Jalan menuju keaslian jarang lurus. Saya mulai bereksperimen, memasukkan pengalaman, pikiran, dan emosi pribadi ke dalam tulisan. Pelan-pelan, saya menemukan ritme dan nada yang terasa benar-benar milik saya. Saya mengambil inspirasi dari kehidupan saya sendiri, passion, dan berbagai pengaruh yang membentuk perspektif saya.

Komunitas Fondi memainkan peran penting dalam transformasi ini. Berinteraksi dengan penulis lain, ikut diskusi, dan menerima masukan konstruktif membantu saya mengasah suara saya. Melalui interaksi ini, saya menemukan keberanian untuk merayakan keunikan saya dan membiarkannya meresapi karya saya.

Kekuatan Kepercayaan Diri

Seiring tumbuhnya kepercayaan diri dalam gaya menulis, dampak tulisan saya pun meningkat. Artikel saya mulai lebih mendalam dengan pembaca, yang menghargai keaslian dan sentuhan pribadi yang membuat tulisan saya berbeda. Keyakinan baru ini sangat membebaskan, memberi saya kebebasan untuk mengeksplorasi berbagai topik dengan kreativitas dan kedalaman lebih besar.

Salah satu momen paling berkesan adalah ketika saya menulis sebuah artikel yang menggabungkan narasi cerita dengan pengalaman hidup pribadi yang penting. Umpan balik positif yang saya terima menguatkan bahwa suara saya berarti dan bahwa keaslian adalah senjata paling ampuh seorang penulis.

Merangkul Masa Depan

Hari ini, perjalanan saya di Fondi ditandai dengan komitmen teguh terhadap suara autentik saya. Saya belajar bahwa meskipun meniru bisa menjadi alat belajar yang berharga, campuran unik dari pengalaman pribadi, perspektif, dan kreativitas adalah yang membuat tulisan benar-benar menarik.

Dengan berbagi cerita ini, saya berharap dapat menginspirasi orang lain yang mungkin menghadapi perjuangan serupa. Ingat, perjalanan menemukan suara Anda mungkin penuh tantangan, tetapi juga kaya dengan momen penemuan dan pertumbuhan. Rayakan individualitas Anda, percaya pada perspektif unik Anda, dan biarkan suara autentik Anda menjadi bintang penuntun di jalan Anda.

Hari ini, saya menulis dengan gaya yang tak salah lagi milik saya, dan saya dengan antusias menantikan kemungkinan tak terbatas yang ada di depan. Untuk semua penulis yang bercita-cita tinggi: beranilah menjadi diri sendiri, dan biarkan suara autentik Anda bersinar terang di dunia.

Apakah Anda mencari pekerjaan atau karier yang lebih baik?

fondi sedang mengembangkan program ini untuk mendukung pengguna fondi.

Tentang program ini

Ini adalah program untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris dan keterampilan terkait karier di fondi. Anda akan mendapatkan serangkaian aktivitas di fondi dan kesempatan untuk terhubung dengan perusahaan setelah Anda menyelesaikan program ini.

Manfaat

Setelah menyelesaikan program ini, kami berharap Anda akan mendapatkan beberapa manfaat:

  • Keterampilan terkait karier
  • Kepercayaan diri dalam komunikasi bahasa Inggris
  • Sertifikat penyelesaian
  • Kesempatan untuk terhubung dengan perusahaan di seluruh dunia

Apakah Anda Siap bergabung?

Silakan isi formulir ini untuk mendaftar: ▶︎ https://go.fondi.fun/Jira_writer

--

--