Orang Tua di Indonesia: “Jangan main HP terus!”, Memangnya Kenapa?

sasita
fondi official Indonesia
3 min readJul 18, 2024

Kenalin, aku Mia, gadis ambivert yang dibesarkan di Garut, Indonesia dan sekarang lagi menjalani kuliah online! Banyak yang nanya, kenapa sih harus kuliah online? Bahkan, banyak orang tua yang ngeri-ngeri sedap sama kegiatan yang berhubungan sama gadget atau online. Tapi, selama orang-orang di sekitarku support, kenapa harus ribet, kan? Contohnya orang tuaku, mereka full support sama keputusan-keputusan yang aku ambil. Aku seneng banget bisa kuliah meskipun online.

Ngomongin kuliah online, emang ada tantangannya. Misalnya, interaksi dan komunikasi jadi lebih sulit karena nggak bisa tatap muka langsung. Tapi selalu ada cara buat ngatasin itu, kayak diskusi daring dan forum. Kadang juga ada masalah koneksi internet atau perangkat yang ngeganggu proses belajar. Meskipun begitu, semangat belajarku tetap gas pol!

Sejak kuliah online, aku jadi lebih mandiri dalam belajar. Aku jadi terbiasa dan enjoy belajar lewat sumber-sumber online. Aku sadar, setelah lulus kuliah harus kerja, dan banyak perusahaan yang minta calon karyawannya lancar bahasa Inggris. Makanya, aku prioritaskan belajar bahasa Inggris, walaupun awalnya sulit banget.

Aku terus berusaha belajar bahasa Inggris buat karir masa depan. Karena sudah terbiasa belajar online, aku cari aplikasi yang cocok buat ningkatin kemampuan bahasa Inggrisku. Aku nemu iklan di sosmed tentang aplikasi fondi yaitu metaverse app yang memungkinkan pengguna buat latihan percakapan bahasa Inggris dengan orang-orang dari seluruh dunia pake avatar 3D. Sebagai ambivert, fondi cocok banget buatku. Aku terkadang nggak pede bicara bahasa Inggris face to face sama orang lain dan merasa energi sosialku habis. Tapi dengan fitur 3D avatars di fondi, aku jadi lebih pede dan hemat energi sosial. Saking serunya, aku bisa habisin 5 jam sehari di fondi! Biasanya aku sering nongkrong di Plaza dan ngobrol sama orang-orang dari negaraku.

Setelah setahun pakai fondi, masalah belajar bahasa Inggrisku teratasi. fondi berpengaruh besar di hidupku. Kemampuan bahasa Inggrisku meningkat, aku jadi lebih pede buat ngobrol sama orang lain. Aku ketemu banyak orang dengan kemampuan bahasa Inggris yang keren banget, jadi makin termotivasi buat terus belajar. Aku bahkan bikin jadwal rutin pakai fondi setiap hari, ikut kursus, beli buku bahasa Inggris, dan nonton YouTube dengan subtitle bahasa Inggris.

Ternyata, main gadget dan online terus-terusan nggak selalu buruk. Stereotip orang tua di Indonesia soal main gadget bisa dipatahkan. Mia jadi bukti nyata bahwa melakukan sesuatu secara online punya manfaat juga loh! Lihat deh Mia sekarang, percaya diri banget dengan kemampuan bahasa Inggrisnya!

Apakah Anda sedang mencari pekerjaan atau karier yang lebih baik?

fondi sedang mengerjakan program ini untuk mendukung pengguna fondi.

Tentang program ini

Ini adalah program untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan kemampuan Anda terkait dengan mata pelajaran karir di fondi. Anda akan mendapatkan serangkaian kegiatan di fondi dan kesempatan untuk terhubung dengan perusahaan setelah Anda menyelesaikan program.

Manfaat

Setelah menyelesaikan program ini, kami berharap Anda akan mendapatkan beberapa manfaat:

  • Keterampilan yang berkaitan dengan mata pelajaran karir
  • Percaya diri dalam komunikasi bahasa Inggris
  • Sertifikat prestasi
  • Peluang untuk terhubung dengan perusahaan di seluruh dunia

Siap bergabung?

https://go.fondi.fun/Sasita_writer

--

--