Pindah Karir Harusnya Bukan Jadi Masalah yang Besar, Kan?

sasita
fondi official Indonesia
3 min readJul 9, 2024

Aku Swati Gupta, gadis dari kota kecil di Madhya Pradesh, India. Aku lulus kuliah B Tech di Food Technology tahun 2018. Setelah lulus, aku kerja di industri sebagai food analyst. Awalnya sih asik, tapi lama-lama aku ngerasa gak cocok sama gaji dan jam kerjanya yang gila-gilaan. Aku jadi mikir buat switch career. Aku pengen kerja yang lebih fleksibel dari rumah, pastinya dengan gaji yang lebih mantap. Pikiran ini makin kuat sampai akhirnya aku mutusin buat resign dari kerjaan. Kamu tau gak? Dua bulan lalu aku beneran keluar dari kerjaan sebagai food analyst. Kamu pikir aku langsung dapat kerjaan impian? Ya nggak lah!

Profil Swati Gupta di fondi

Untungnya, keluarga aku gak ngasih tekanan buat cepet-cepet dapet kerjaan baru. Mereka justru bantuin aku, terutama Ayah. Ayahku sampai ikut nyariin kerjaan buat anak perempuannya ini Aku juga berusaha apply beberapa kerjaan itu. Tapi sayangnya, semua perusahaan nolak lamaranku karena kemampuan komunikasiku yang kurang oke.

Setelah banyak penolakan, aku gak nyerah gitu aja. Aku berusaha ningkatin kemampuan komunikasiku lewat belajar bahasa Inggris. Aku coba pake AI dan aplikasi belajar bahasa Inggris lainnya, tapi gak ada yang cocok sama gaya belajarku. Sampai akhirnya aku nemu iklan di sosmed tentang aplikasi fondi. fondi ini metaverse app yang memungkinkan pengguna buat latihan percakapan bahasa Inggris dengan orang-orang dari seluruh dunia pake avatar 3D. Dengan fitur interaksi yang ada, ini cocok banget buat aku yang talkative dan extrovert. Bisa bayangin kan, aku sampe habisin 16–17 jam sehari di fondi waktu itu sangking serunya. Di sana, aku ketemu dan ngobrol sama Arry dan Naved yang juga dari India. Aku juga sering ketemu orang Jepang yang jago bahasa Inggris di Park, jadi aku sering nongkrong di sana biar termotivasi dan belajar dari mereka. Aku bahkan ikutan student internship program buat menunjang karirku kedepannya. Aku berterima kasih banget sama Abbas, Minahil, dan Grace yang udah support aku. Program ini bener-bener bikin aku makin pede buat komunikasi, terutama sama orang asing.

Setelah dua bulan pake fondi, kemampuan komunikasiku jadi jauh lebih baik. Sekarang aku cuma pake fondi sekitar 5–6 jam sehari dan nonton film buat ningkatin kosa kata. Mungkin menurut sebagian orang, belajar bahasa Inggris lewat aplikasi dianggap remeh. Tapi ternyata setelah aku coba fondi, aku jadi jauh lebih percaya diri buat komunikasi. Ayahku seneng banget ngeliat kemampuan komunikasiku meningkat. Dengan kemampuan yang makin oke, aku jadi pede buat apply kerjaan ke luar negeri sebagai langkah awal switch career. Kamu tau hal yang paling bikin seneng? Aku bakal segera diwawancarai, udah pasti super excited dan gak sabar. Gak cuma itu, buat ngewujudin kerja impianku, aku juga belajar digital marketing dan ikut beberapa kursus.

Buatku, fondi bukan cuma aplikasi di handphone. fondi bikin hidupku berubah drastis. Gak pernah kebayang, Swati Gupta, gadis dari kota kecil di India, bisa segera ngewujudin mimpinya!

Apakah Anda mencari pekerjaan atau karier yang lebih baik?

fondi sedang mengembangkan program ini untuk mendukung pengguna fondi.

Tentang program ini

Ini adalah program untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris dan keterampilan terkait karier di fondi. Anda akan mendapatkan serangkaian aktivitas di fondi dan kesempatan untuk terhubung dengan perusahaan setelah Anda menyelesaikan program ini.

Manfaat

Setelah menyelesaikan program ini, kami berharap Anda akan mendapatkan beberapa manfaat:

  • Keterampilan terkait karier
  • Kepercayaan diri dalam komunikasi bahasa Inggris
  • Sertifikat penyelesaian
  • Kesempatan untuk terhubung dengan perusahaan di seluruh dunia

Siap bergabung?

Silakan isi formulir ini untuk mendaftar: https://go.fondi.fun/Sasita_writer

--

--