Facebook akan Ganti Kata Sandi dengan Teknologi Lain

Facebook dikabarkan akan mengganti peran kata sandi dengan teknologi baru yakni Delegated Account Recovery. Sistem ini bekerja dengan memberikan foto kepada pengguna facebook yang akan masuk ke sebuah akun, kemudian pengguna diwajibkan menebak nama teman dari pemilik foto tersebut.

Tipe pertanyaan yang diberikan diperkirakan akan berlapis, sehingga memungkinkan pengguna akan menjawab pertanyaan yang lainnya. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan pihak lain yang ingin menyusup ke akun orang lain. Dikutip dari CNN Indonesia, kabar tersebut diumumkan oleh pihak Facebook dalam Konferensi Developer bertajuk F8 pada 18 April 2017 lalu.

Sistem keamanan ini memiliki beberapa kelemahan seperti Facebook akan mengetahui hampir segala hal yang dikonsumsi oleh seseorang di internet sehingga data tersebut dapat dijual kepada pengiklan.

Kelemahan lainnya apabila akun facebook seseorang diretas, maka semua akun yang membutuhkan verifikasi fb akan ikut diretas. Hal tersebut sesuai dengan pernyataan teknisi keamanan facebook, seperti yang telah dikutip dari CNN Indonesia “Sekarang kalian menyebutkan nama ibu kalian sendiri di 500 tempat berbeda dan bila salah satu diantaranya kena retas, seketika posisi kalian rentan dimana saja” kata Brad Hill

Pihak Facebook meyakinkan kepada pengguna bahwa mereka tidak akan melihat data pelanggan yang memakai jasa facebook sebagai pintu masuk ke layanan internet lain. Facebook juga mengatakan bahwa sistem keamanan ini akan berlaku secara bertahap di masa depan.

Written by Laras

www.geekgarden.id

Like what you read? Give Didik Fatmoko a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.