Sabtu Malam Menonton #1

Setiap sabtu kami membagikan sepilihan film dan video untuk ditonton. Karena bagi kalian yang tidak menunaikan ibadah malam minggu ataupun terlalu berat untuk bepergian keluar bersama sang kekasih, film dan video merupakan teman terbaik untuk menemani malam anda yang panjang.

Fight Club (1999)

Youtube lebih dari TV:

1.Inside Glasgow’s underground after-hours party scene
Bukan cuma anak muda Jakarta, Bandung dan Yogya yang merasa muak dengan kehidupan modern yang serba cepat dan needy. Naiknya budaya DIY dan pembuatan underground scene sebagai bentuk resistansi terhadap (these fucked up) society rupanya memang telah menjadi fenomena global. i-D merekam bagaimana anak muda Glasgow bersenang-senang dan mengekspresikan rasa kemuakannya dengan cara yang well… kreatif.

2. Jim Morrison on Why Fat is Beautiful | Blank on Blank
Jim Morrison menyampaikan pendapat menariknya tentang memiliki berat badan lebih. “I felt like a tank, I felt like a large mammal, a big beast. I was solid, man”. What a line oleh penyair favorit kita hahaha. Dan apa hanya saya atau memang suara Jim yang keren bahkan ketika sekedar menjawab pertanyaan wawancara?

3. Game of Thrones — How to Evoke Emotion
Sebuah deduksi yang sangat indah oleh Michael dari Lessons from the Screenplay tentang bagaimana serial Game of Thrones membangkitkan emosi penontonnya. Mulai dari bagaimana karakter berdialog sampai bagaimana transisi antar scene menciptakan emosi baru.

4. You, Me, YouTube, and Media
Rasanya tidak berlebihan jika video-video di YouTube telah menjadi tren jurnalisme saat ini. Video yang dibuat oleh MisterAmazing ini menjelaskan bagaimana dan mengapa begitu banyak orang yang ingin berlomba-lomba membuat konten dan membagikan apapun melalui YouTube. MisterAmazing menyampaikan analisanya dari berbagai aspek (salah satunya sosiologi) tanpa meninggalkan kesan ‘polisi banget nih!’.

5. Newcomer Showdown, Yang Indie Yang Berani?
Greyplot berkunjung ke Bandung untuk mendokumentasikan keseruan acara DIY gigs Newcomer Showdown garapan Incotive.

Film-film yang wajib ditonton:

  1. 12 Angry Men (1957)
    Film ini mengisahkan tentang sekelompok juri beranggotakan 12 orang yang menentukan hidup-mati seorang terdakwa pembunuhan. Sang terdakwa merupakan seorang anak remaja yang, diasumsikan, membunuh ayahnya sendiri. Film ini merupakan salah satu film ter-intense yang pernah kami saksikan. Merupakan film courtroom, namun sepanjang film hanya bertempat di ruangan juri, dimana para penonton disuguhkan perdebatan antara 12 orang yang didasari oleh reasonable doubt.
  2. Un Prophéte (2010)
    Seorang pemuda Prancis keturunan Aljazair terpaksa dimasukkan ke dalam penjara atas kejahatan yang tak ia (sepenuhnya) lakukan. Pemuda tersebut memasukki penjara dengan usia yang muda dan lemah, memudahkan kepala geng Corsica yang menguasai penjara untuk menyudutinya, menyuruhnya melakukan beberapa misi dengan imbalan perlindungan untuknya. Pemuda tersebut menjadi semacam “Nabi”, messenger dari pihak muslim dan Corsica di Penjara.