Seru-seruan sambil belajar Web sama Rookies!

Mirah Eka
Generation Girl
Published in
2 min readAug 31, 2019
Build A Website Class — Indonesia

Hai, aku Mirah Eka Darmayanti mentor untuk kelas Build a Website di Summer Club Generation Girl 2019. Awal mula aku bisa tertarik untuk berpartisipasi di acara ini karena aku melihat bahwa perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. Selain itu, menurutku dominasi laki-laki pada bidang STEM masih cukup tinggi khususnya di Indonesia, makanya aku pengen ngajakin para perempuan untuk kenal lebih jauh tentang STEM dan bisa mengembangkannya untuk hal-hal bermanfaat dikemudian hari.

Proses persiapan acara ini bisa dibilang cukup lama ya, dari proses rekruitasi untuk jadi mentor, preparation untuk materi yang akan dibawakan di kelas Build a Website serta ada tahap-tahap lainnya. Tapi, dari proses yang cukup lama ini membuat acara Summer Club ini sangat worth untuk diikuti baik untuk para Rookies, Volunteers dan Mentors. Terimakasih ya para co-founders dan panitia yang udah nyiapin acara ini dengan sebaik-baiknya. 🙂

Oh iya, aku berkesempatan untuk ngajar di minggu ke-4. Awalnya cukup deg-degan sih, karna ini kali pertama aku ngajar dan sharing knowledge. Tapi, berkat bantuan dari volunteers dan para rookiesnya, kelas bisa berjalan dengan sangat baik. 🙂

Pada hari pertama mengajar, aku memberikan materi pengenalan HTML dengan analogi-analogi sederhana serta beberapa sintaks yang cukup sering digunakan. Aku sangat senang melihat antusiasme dari rookies untuk belajar dan mereka cukup cepat untuk memahami materi. Di akhir kelas, aku pun menyempatkan diri untuk sekedar ngobrol dengan mereka dan volunteers untuk mengenal satu sama lain.

Di hari-hari berikutnya semakin seru, diisi dengan belajar CSS dan pengenalan framework bernama Bootstrap. Aku sangat bangga melihat rookies yang sangat cepat memahami materi terlihat dari final project yang mereka buat. Hampir semua materi yang diajarkan, mereka mampu mengaplikasikannya. Bahkan, ada beberapa yang menurutku sudah melampaui standar beginner yang baru belajar beberapa hari. Dan yang lebih menyenangkannya lagi, aku bisa sedikit membantu rookies yang ingin membuat website untuk ide bisnisnya kelak.

Selain belajar dikelas, acara Summer Club ini juga memberi kita kesempatan untuk mengikuti workshop, sharing session dan ga kalah serunya lagi ada company visitnya juga. Kebetulan, di minggu ke-4 itu kita mainnya ke Museum MACAN. Disana kita mengunjungi beberapa instalasi keren dan partisipasi di game yang udah disiapin oleh Museum MACANnya. Apalagi, disini banyak tempat instagrammable yang cocok banget untuk foto-foto. Wahhh, parah seru banget siiii!!

Lima hari ikutin acara Summer Club ini, banyak banget pengalaman yang didapat. Aku jadi lebih termotivasi untuk belajar dan mencoba untuk membagikan ilmu yang aku punya, karna aku melihat bahwa perempuan-perempuan Indonesia memiliki potensi besar khususnya di bidang STEM. Selain itu, aku juga ketemu dengan teman-teman baru yang tentunya makin mewarnai hidupku ini.

Terimakasih ya Generation Girls atas kesempatannya, next time semoga bisa ikut partisipasi di acara-acara lainnya ya. See you!

--

--