Yuk belajar Git!

Hi all, kali ini aku akan ngajarin version control, yaitu suatu aktivitas dimana kita bisa mengawasi perubahan di file dari proyek-proyek software kita. Alat yang paling umum dipakai untuk version control adalah Git dan di tutorial kali ini, kita akan:

  • Membuat proyek baru di GitHub
  • Belajar mengaplikasikan proyek kita yang sudah ada dengan Git
  • Melihat progress dan perubahan proyek kita di GitHub

Apa itu GitHub?

Github adalah sebuah website yang menampung version control dengan Git. Alasan kita membuat proyek baru di GitHub adalah untuk melihat progress dan perubahan proyek kita di aplikasi web. Mempunyai eksistensi di GitHub dan mampu menggunakannya adalah suatu skill semua software developer harus miliki.

Di GitHub kamu dapat melihat proyek-proyek developers lain di seluruh dunia. Jadi mempunyai profile dan proyek-proyek di GitHub adalah suatu cara kamu bisa membangun portofoliomu.

Mari kita mulai…

Pre-requisite:

  • Kamu perlu menginstall Git di terminal (jika menggunakan Mac) atau command prompt (jika menggunakan Microsoft). Cara untuk menginstall di kedua OS ini bisa dilihat di link ini.
  • Di tutorial ini aku akan menggunakan terminal dari Mac sebagai contoh.

Membuat proyek baru di GitHub

  • Jika kamu belum pernah membuat akun GitHub, bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah dari link ini.
  • Setelah membuat profile, langkah berikutnya adalah untuk membuat proyek baru di GitHub. Caranya dengan meng-klik icon “+” tepat disamping profile picture dan pilih opsi “New repository”.
tekan icon “+” untuk memilih opsi “New repository”
  • GitHub akan menunjukan page seperti gambar dibawah untuk menambah repository baru atau proyek barumu. Namakan proyekmu sesuai keinginan dan sedeskriptif mungkin. Disini aku akan menamakan repositoryku sedemikian rupa karena kebetulan berhubungan dengan tutorial animasi scroll yang telah aku ajarkan di artikel sebelum ini :) Setelah memberi nama, klik create repository.
Namakan proyekmu sedeskriptif mungkin
  • Kamu akan di navigasi ke page dimana akan ada instruksi lebih lanjut untuk melalukan beberapa hal. Kebetulan yang kita akan fokuskan di tutorial ini adalah hal ke 2, yaitu menambah repository yang sudah ada.

Menambah repository yang sudah ada sebagai Git repository

Kita akan membuat proyek yang sudah kita kerjakan selama ini supaya bisa mengaplikasikan Git dan kita bisa memantau perubahan dari file-file di dalamnya di web page GitHub. Caranya sebagai berikut:

  • Pergi ke direktori proyekmu di komputermu. Contoh:
Documents cd jQuery_exercise
  • Berikan inisialisasi Git di proyekmu.
jQuery_exercise git init
  • Copy paste code dari GitHub page dari instruksi untuk aktifitas kedua, which is menambah proyek yang sudah dibuat di komputermu.
git remote add origin https://github.com/alfitriv/scrollAnimation.git
  • Proyekmu ini nanti bisa dipantau lewat GitHub web page dengan code ini
git push --set-upstream origin master
  • Kamu mungkin berharap ini bisa langsung sukses tapi ternyata ada error seperti ini:
Error setelah kita mengetik git push

Hal ini terjadi karena ketika kita menginisialisasi proyek kita dengan Git, dia ga tau perubahan apa saja yang kita akan push ke server GitHub.

Jadi cara benerinnya gimana?

Wah ini pas banget waktunya kita belajar sedikit mengenai commands di Git.

  • Kita mau tau status di proyek kita yang sekarang udah ada Gitnya itu perubahannya apa saja. Kita akan melakukannya dengan code berikut:
git status
Setelah git status, akan tampil seperti ini
  • Git kasih tau kita kalau ada file-file yang belum kita add untuk memasukan ini semua ke server nya GitHub. Jadi cara memasukannya dengan code ini:
git add .
  • Ada tanda titik di akhir ini karena ini mengasih tau Git kalau kita ingin memasuki semua perubahan yang ada di file-file kita.
  • Setelah menambah semua perubahan, kita perlu “mendaftarkan” penambahan perubahan ini. Caranya dengan istilah commit. Kita commit dengan code ini:
git commit -m "(pesan yang mau disampaikan)"
Contoh pesan commit kita
  • Setelah kita commit, kita bisa langsung push ke GitHub untuk pertama kalinya dengan code ini:
git push -u origin master
Kamu akan tahu push kita sukses jika ada message seperti ini

Melihat progress dan perubahan proyek kita di GitHub

Setelah kita push code kita untuk pertama kalinya, kita akan langsung lihat file-file yang sudah kita kerjakan di GitHub profile page kita seperti contoh dibawah:

Hasil di GitHub page kita

Cara melihat ini dengan ke profile GitHubmu, pergi ke tab repositories dan kamu bisa lihat repository yang tadi kamu buat sudah ada isinya.

Selamat! Kamu sudah push proyek pertamamu ke GitHub dengan Git!

Keren…

Gimana? Sudah lebih mengertikah menggunakan Git? Ini adalah salah satu tool yang powerful banget untuk memantau perubahan-perubahan di proyekmu dan akan lebih kerasa lagi pentingnya jika nanti ada proyek yang dikerjakan bareng orang-orang lain.

Semoga kamu suka ya, dan jika ada pertanyaan lebih lanjut jangan sungkan untuk menghubungi aku langsung :)

Follow Generation Girl untuk tutorial-tutorial selanjutnya ya! Happy Coding!