Tips Merekrut Partisipan dalam User Research

Dalam proses Human Centered Design, user research adalah langkah utama dalam fase understanding. Seperti yang tertera pada istilahnya, user research adalah proses mengumpulkan data dari user dan user yang dimaksud di sini adalah manusia yang menjadi pengguna suatu produk akan menjadi objek yang akan kita pelajari.

Image by pexels.com

Sebelum memulai research, langkah awal yang perlu dilakukan adalah mengetahui siapa pengguna dari produk kita dan menentukan kriteria dari pengguna produk yang ingin kita teliti. Misalnya, seperti ketika akan membuat aplikasi seluler, maka yang dibutuhkan adalah orang dengan kriteria terbiasa menggunakan perangkat seluler. Atau membuat aplikasi komik online, maka target dari pengguna kita adalah orang yang terbiasa membaca komik.

Dengan menentukan kriteria, akan mempermudah kita untuk mencari sampel dari pengguna yang mewakili target dari produk, karena jika tidak sesuai dengan target maka penelitian penelitian yang dilakukan akan tidak optimal hasilnya.

Ciri-ciri partisipan penelitian yang baik diantaranya :

  • Membagikan kekhawatiran yang dirasakan ketika menggunakan produk.
  • Dapat mengartikulasikan pikiran mereka dengan jelas.
  • Sudah terbiasa dengan teknologi yang relevan dengan produk.

Setelah menentukan kriteria selanjutnya adalah merekrut partisipan untuk ikut terlibat didalam penelitian.

Merekrut Partisipan

Merekrut partisipan yang tepat merupakan sebuah tantangan. Ada banyak cara untuk merekrut partisipan, tergantung dari sumber daya yang dimiliki seperti waktu, biaya, karakteristik partisipan serta aksesibilitas peserta.

Langkah-langkah merekrut diantaranya seperti:

  • Mengirim tautan melalui email ke screener.
  • Memposting screener di tempat yang akan terlihat, seperti di media sosial.
  • Beberapa kasus yang lebih spesifik untuk merekrut pastisipan dengan efektif, kita dapat menanyakan data pengguna kepada tim pemasaran, biasanya perusahaan akan mengumpulkan data pelanggan secara internal.
  • Identifikasi karakteristik pengguna, dari persona penelitian yang sudah dibuat sebelumnya
  • Atau jika mempunyai biaya lebih, dapat menggunakan layanan agen perekrutan online.

Screener adalah survey dengan pertanyaan untuk mengidentifikasi untuk menyaring peserta sesuai dengan kriteria yang kita butuhkan. Biasanya terdiri dari pilihan ganda dan jumlah pertanyaan bervariasi. Metode penyaringan/screener yang paling efisien adalah survei online.

Biasanya pada akhir lembar screener, peneliti akan memberikan informasi pemberian insentif, yaitu sebuah balas jasa atau kompensasi, dapat berupa hadiah kecil, voucher atau uang. untuk dapat menarik pengguna agar ikut berpartisipasi dalam penelitian.

Pertanyaan screener ini memiliki 2 tujuan utama yaitu:

  1. Harus memperoleh informasi spesifik tentang pengguna.
  2. Tetapi juga harus menghindari mengungkapkan informasi spesifik tentang penelitian ini.

Tentu tujuan tersebut sangat bertentangan dan sulit untuk dicapai, tetapi bisa dilakukan dengan menyiapkan pertanyaan screener dengan hati-hati menggunakan teknik Open Ended Question, yaitu pertanyaan dimana penjawab dapat memberikan jawaban secara luas dan terbuka.

Contoh: Coba ceritakan pengalaman anda ketika menggunakan aplikasi ini.


Kesimpulan

“Secara teori, merekrut sama halnya seperti memancing. Tentukan jenis ikan apa yang diinginkan, kemudian buat jaring, pergi ke tempat ikan itu berada, jatuhkan umpan ke dalam air dan kumpulkan ikan yang inginkan.”

Jaring adalah screener dan umpan adalah insentif.

Menemukan partisipan yang tepat, penting untuk setiap proyek pada penelitian, hal itu dapat membantu untuk mengenali lebih dalam tentang produk yang dikembangkan dan pengguna yang memanfaatkan produk tersebut untuk mengetahui seberapa efektif rancangan produk yang dibangun.

Referensi


Hey, Folks!

Giza Design Lab is an Indonesian design agency with Human-Centered Design approaches. We help companies to level up their product experiences to get more love from their customer. Want us to help your design project? Send email to info@gizadesignlab.com, go check our and Follow us on

GizaLab

Behind the scenes, journal and stories about a UX Agency based on Bandung, Indonesia

Anggi Nur Dhamayanty

Written by

Informatics Engineering at Bandung state polytechnic | UX Researcher | UXID BDG

GizaLab

GizaLab

Behind the scenes, journal and stories about a UX Agency based on Bandung, Indonesia

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade