Cie Anak Baru!

Gohan Parningotan
Gohan Parningotan
Published in
4 min readJul 22, 2016

Yeay minggu pertama masuk sekolah!

Jumat kemarin (22 Juli 2016) akhirnya visitasi ke sekolah lagi setelah sekitar sebulan lebih tidak kunjungan ke sekolah karena siswa-siswa SMA sedang merayakan liburan berkepanjangan yang disebabkan libur akhir tahun ajaran digabung sama libur awal puasa, digabung sama liburnya tengah puasa, digabung sama liburnya akhir puasa, digabung sama libur Lebaran, ditambah additional time satu minggu liburan lagi, saya kira masuknya satu minggu lebih awal seperti PNS lainnya.

Visitasi Jumat kemarin juga jadi mengharukan, rasanya sedang agak-agak melankolis karena akan mengakhiri masa pelayanan di wilayah perintisan PSKJT2. Jadi ceritanya sekarang ini sedang ada di masa-masa akhir melayani sebagai TPS (Tim Pembimbing Siswa) di PSKJ setelah empat tahun masa kuliah dihabiskan untuk melayani ke SMA-SMA yang ada di Depok dan Jakarta. Jumat itu saya visitasi ke SMA 99 dan membawakan renungan singkat, ya renungannya singkat, tetapi bersyukur menikmati firman tentang Yunus yang saya bagikan siang itu kepada 100-an siswa SMA 99 termasuk siswa baru yang kerah bajunya masih keras itu. Bersyukur juga bisa ketemu siswa-siswa baru di Rohkris SMA 99 yang baru, jumlah siswa baru mereka banyak. Ada 49 orang siswa baru menurut data dari Ibu guru pembina Rohkris.

Cie anak baru!

Di pelayanan PSKJT2 juga sedang menjalani masa-masa terakhir mempersiapkan Stufell, ini Stufell ke-5 yang diadakan PSKJT2 di tahun ini. Sedihnya memang di Stufell ke-5 ini saya dan Ka Ernest yang menjadi TPS PSKJT2 tidak bisa hadir karena akan mengikuti acara Kebaktian Pengutusan Mahasiswa yang diadakan hari ini (di hari yang sama dengan Stufell). Akhirnya dengan berat hati, saya harus mempercayakan seluruh hari-H Stufell PSKJT2 kepada TPS-TPS baru. Jadi ceritanya, Stufell hari ini akan jadi masa latihan mereka mengerjakan pelayan PSKJT2 tanpa TPS-TPS tetua. Cie anak baru!

:’)
Bersyukur untuk tahun kedua perintisan wilayah PSKJT2 Tuhan sudah utus tiga orang untuk menjadi penerus saya dan Ka Ernest. Nama mereka Naudi (2013), Kaditha (2015), dan Eci (2016). Awalnya sempat ragu siapa orang-orang yang akan meneruskan pelayanan ini, tetapi bersyukur Allah yang merintis, Allah yang memberikan TPS. Sementara Dia kasih tiga orang, tapi saya percaya Allah sedang persiapkan beberapa orang lagi yang akan melayani tahun-tahun ke depan. Yakin aja dulu~

Jadi mereka bertiga inilah yang akan mengerjakan Stufell hari ini. Stufell hari ini (23 Juli 2016) akan membahas tentang regenerasi pelayanan, bagaimana teladan Yesus dalam mencari dan mempersiapkan penerus-penerusnya untuk memberitakan Injil di dunia yang akan dia tinggalkan secara fisik ini. Tema Stufellnya adalah PING! — Panggilan Tertinggi.

Publikasi Stufell PSKJT 2 — 23 Juli 2016

Seperti biasa, acaranya akan diadakan di Gereja POUK Lahairoi, Cijantung jam 13.00–15.30 dan pembicaranya adalah Bang Joni. Jika kamu yang baca postingan ini adalah siswa SMA di daerah Cijantung, Ciracas, Cibubur, Kalisari, Cimanggis, Cipayung, Pasar Rebo, saya undang kalian untuk sama-sama bersekutu dengan siswa dari berbagai sekolah di Jakarta Timur pada ibadah Student Fellowship.

Ternyata kalau dipikir-pikir tema ini bukan hanya untuk Rohkris SMA yang memang sedang dalam masa meregenerasikan pengurus, tetapi juga untuk PSKJT2. Iya, PSKJT2 juga sedang ada di masa regenerasi, TPS yang lama digantikan oleh TPS yang baru. Gohan dan Ka Ernest mempercayakan tongkat estafet ini kepada TPS-TPS berikutnya. Kebetulan saya juga yang buat publikasi Student Fellowship di atas, nah saya sekalian mau sharing beberapa makna desain saya ini.

Temanya sangat jelas, bahwa setiap orang yang sudah terima Kristus dipanggil untuk melayani, salah satunya di pelayanan Rohkris atau pelayanan siswa. PING! itu bermakna panggilan yang penting, genting, mendesak, sama seperti pelayanan ini yang mendesak untuk segera dikerjakan. PING!!
Tongkat estafet, melambangkan pelayanan ini. Satu generasi meneruskan pelayananannya kepada generasi berikutnya. Setiap generasi hanyalah sebuah titik dalam sebuah garis panjang pelayanan, tetapi jika satu titik hilang bisa jadi garis tidak akan tercipta sepanjang itu bukan…
Selain itu, perhatikan rambut kedua orang siswa yang ada di desain publikasi tersebut. Siswa yang ada di belakang menggunakan rambut ala Elvis yang jadul dan siswa yang ada di depan menggunakan rambut mohawk yang gaul melambangkan masa kini. Pelayanan diregenerasikan dari generasi jadul (tua) kepada generasi yang modern (muda), tapi lihat siswa gaul itu menggunakan ikat kepala yang berarti dia harus mengerjakan pelayanannya dengan kerja keras. Jadi kalian calon-calon pengurus baru, kalian harus semangat mengerjakan pelayanan kalian. Kencangkan ikat kepala kalian!

Sedih rasanya meninggalkan pelayanan TPS ini, karena saya lahir dan besar di sini, di Rohkris, PSKJ Depok, dan Perkantas. Banyak hal yang sudah saya terima, banyak hal yang sudah saya berikan. Kami saling mengasihi. Saya bersyukur bisa ada di sana dan saya mendoakan pelayanan apa yang berikutnya Tuhan percayakan kepada saya.

Meneruskan pelayanan kepada anak baru dan Tuhan memberikan saya pelayan baru. Cie anak baru!
Terima kasih atas pelayanan teman-teman (Bang Jeki dan Ka Ernest) di PSKJT2 dan selamat memulai pelayanan teman-teman (Bang Jeki, Naudi, Kaditha, Eci) di PSKJT2 dan Ka Ernest sebagai staf baru (cie setap baru~) dan Gohan di startup!

Ini apresiasi dari PSKJT2 dengan cinta untuk pelayan-pelayan Student Fellowship PSKJT2 23 Juli 2016 hari ini!

Selamat memulai pelayanan baru, di tempat yang baru, dengan semangat yang baru! Cie anak baru!

--

--