Pengalaman Magang Kampus Merdeka Batch 1 di Paragon! — 2021

Grow At Paragon
Grow at Paragon
Published in
4 min readNov 29, 2021

by Nada Aulia Sandi — Brand Development Emina (Digital & E-Commerce) Intern of Marketing (PIP Batch 1)

Hai hai! Aku mau sharing nih tentang pengalamanku mengikuti tes seleksi magang di PT. Paragon Technology and Innovation dan bagaimana kesan ku selama magang 3 bulan magang di sini. Jadi, aku berharap teman-teman bisa mendapatkan insight dari pengalamanku ini yaa, yuk langsung aja!

Awalnya, aku cari-cari info magang di Instagram karena ingin mengisi semester akhir dan pas banget Paragon lagi buka internship jadi aku langsung deh buka website nya dan baca-baca seputar program dan perusahaannya. Setelah aku baca-baca visi, misi, dan values-nya, aku kayak langsung menemukan jodohku gitu dan pengen banget jadi paragonian (sebutan untuk para pegawai Paragon) karena misi pertama Paragon adalah mengembangkan Paragonian dan mengembangkan bisnis ada di posisi terakhir, wow kan? Dari situ, aku merasa bahwa perusahaan ini memang ingin memberikan manfaat, bukan sekedar mendapatkan keuntungan.

Oke, sekarang aku akan sharing pengalaman proses seleksi magang dari bulan April hingga Agustus 2021.

Tahap 1 adalah seleksi CV. Aku dapat info tentang Paragon Internship Program (PIP) Batch 1 ini dari Instagram @pif_id. Lalu aku baca-baca dulu penjelasan masing-masing direktorat dan posisi magang dan mulai mendaftar melalui form pendaftaran yang aku dapat dari website paragon https://paragonfellows.com/paragon-internship-program/

Tahap 2 adalah Online Assessment. Tahap ini terdiri dari 2 tes yang dilaksanakan secara online menggunakan Laptop dan Handphone. Tes pertama berupa TPA dan psikotest, kunci dari tes ini adalah harus tenang dan fokus sampai akhir, dan jangan lupa untuk latihan berhitung cepat khususnya buat kalian yang udah lama nggak ketemu mata kuliah berhitung — haha. Lalu, tes kedua mirip dengan tes koran, tapi tidak berhitung, seperti mencari pola gambar yang sama sebanyak mungkin dalam 1 halaman dan dalam waktu tertentu, kuncinya sama, yaitu fokus dan tenang.

Tahap 3 adalah pendaftaran melalui website Kampus Merdeka, buat akun dulu lalu lengkapi berkas dan dokumen persyaratan, terus tinggal cari posisi magang yang sudah didaftarkan sebelumnya melalui form.

Tahap 4 : Interview bersama BoD, dan atasanku langsung yang akan jadi mantor. Interview-nya singkat cuma 30 menit dan lebih membahas ke studi kasus pekerjaan sama pertanyaan-pertanyaan umum seputar pengalaman cv. Suasana interviewnya santai, tidak mencekam karena kakaknya baik banget dan aku sangat puas dengan jawaban-jawabanku. Dan beberapa hari setelahnya, aku dapat email kalau aku diterima magang di Paragon!!! Seneng banget rasanya, bersyukur bisa mendapat kesempatan menjadi Paragonian.

Dari email itu, aku langsung masuk ke grup whatsapp dan bertemu sama anak intern yang lain. Karena pandemi COVID19 belum berakhir, jadi magangku dilakukan secara WFH dan terdapat kemungkinan WFO jika dibutuhkan.

Sebelum cerita tentang pengalamanku selama kerja 3 bulan di Paragon, aku akan menjelaskan dulu ke kalian tentang PIP ini. Jadi, Paragon Internship Program (PIP) Batch 1 adalah sebuah program magang di Paragon selama satu semester penuh yang diadakan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Pada program ini, peserta intern akan dihadapkan dengan metode belajar ‘project-based learning’. Secara umum, aktivitas dalam kegiatan magang adalah sebagai berikut :

· Mengerjakan proyek riil yang ada di Paragon dan bertanggung jawab dalam pemecahan masalah tersebut,

· Mendapatkan bimbingan dari mentor secara rutin,

· Mendapatkan materi pengayaan dari perusahaan yang memperkuat pengembangan skill dari proyek yang ditugaskan.

Serta, PIP merupakan program yang berkolaborasi dengan Merdeka Belajar Kampus (MKBM) dimana kegiatan ini dapat dikonversi menjadi maksimal 20 sks. Sehingga, peserta intern dapat fokus menjalani program magang selama satu semester penuh setara dengan 20 sks perkuliahan. Jam kerjanya pun pas banget menurutku, mulai pukul 07.30–17.00 dan ada 2x istirahat untuk ishoma dan sholat ashar juga, sesuai dengan values pertamanya Paragon, yaitu Faith in God.

Oke, sekarang aku akan sharing mengenai kesibukanku saat magang yaa. Hari pertama magang ada Opening Ceremony dan masa onboarding dulu untuk mengenalkan PT. Paragon Technology and Innovation dan penjelasan mengenai Paragon Internship Program ini. Setelah itu, aku perkenalan sama mentorku dan langsung dijelaskan mengenai proyek apa saja yang harus aku pegang dan apa saya yang harus aku pelajari. Semua kegiatan pembelajaran di program ini sudah terstruktur dalam bentuk kurikulum, jadi persis kayak kuliah 1 semester gitu ada UTS dan UAS berupa presentasi project.

Seperti yang udah aku jelasin di atas bahwa PIP adalah project-based learning, jadi aku langsung dapat proyek yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan (real-case). Jujur karena ini pengalaman pertama kali aku kerja jadi aku sangat bingung dan takut melakukan kesalahan hehe, tapi untungnya mentorku care banget mau membimbing aku dari dasar dan menjawab semua pertanyaanku. Jadi, aku dikasih waktu untuk belajar dulu dan mengerjakan tasks mulai dari yang mudah dulu agar terbiasa.

Selain mengerjakan pekerjaan dari mentor, seminggu sekali peserta intern juga mendapat coaching untuk mengembangkan soft skill dan hard skill mengenai ilmu-ilmu yang berguna untuk pekerjaan. Kegiatan ini sesuai dengan misi pertama Paragon, yaitu mengembangkan Paragonian dan aku bersyukur banget bisa mendapatkan kesempatan berharga ini. Sekarang sudah berjalan 3 bulan, aku menjadi Paragonian dan aku sangat enjoy menjalaninya.

Cukup sekian sharing-ku mengenai pengalaman seleksi PIP dan menjalani 3 bulan magang. Semoga bisa menambah gambaran teman-teman yaa! Goodluck untuk kalian yang ingin mendaftar Paragon Internship Program Batch 2.

--

--