Pengalaman Rekrutmen Di Paragon: A very exciting journey!

Grow At Paragon
Grow at Paragon
Published in
4 min readJan 19, 2022

--

by Nabila Mukhtasibah — MT Commercial

Hi hi! Akhirnya, aku punya kesempatan untuk menuliskan pengalaman luar biasa selama menjalani rekrutmen di Paragon. Paragon adalah perusahan impian aku, even sejak fresh graduate! Haha. Sejak aku mulai mencari info tentang perusahaan yang prospektif dan bagus banget buat pengembangan karir dan skill, perusahaan ini sudah jadi daftar teratas list perusahaan dalam most wanted company buat aku. Alhamdulillah, pada tahun 2021 ini, aku akhirnya bisa bergabung dengan perusahaan impian aku iniii. Huhu. Super happy!!!

Aku diterima untuk posisi Management Trainee Commercial. Posisi ini memungkinkan aku untuk handling aspek komersial, seperti penjualan produk, pengembangan pasar, pricing, dan lain-lain. Aku lulusan S1 Agribisnis UGM. Saat kuliah, terdapat mata kuliah pemasaran dan sangat tertarik dengan mata kuliah tersebut. Aku memang sejak dulu tertarik dengan bidang sales and marketing, sehingga aku sangat berharap bisa fit dengan posisi ini.

Dalam proses rekrutmennya, Paragon membagi dalam beberapa tahap. Terdapat tahap online test (karena pandemi, sehingga diadakan online), online test dengan HR, interview awal, user interview (family interview), Medical Check-Up, dan tahap paling akhir adalah Offering Letter. Berikut penjelasan terkait tahap-tahap tersebut.

1. Online Test 1

Setelah dinyatakan lolos tes admnistrasi, aku diundang via email untuk menyelesaikan online test. Tes pertama terdiri atas beberapa tahap, yaitu tes deret, menghitung kubus, dan membedakan gambar. Oh iya, karena kondisi saat ini dalam pandemi, semua tahap tes dilakukan secara online yaa, guys! Tapi gak papa, kamu jadi bisa lebih fokus dalam menjalani tesnya karena dikerjakan di rumah dan secara santai. Inti dari tahap ini, kamu harus tenang dan fokus! Jika kamu mau belajar soal-soal dengan jenis serupa, boleh banget kok.

2. Online Test 2

Pada tahap ini, kamu akan dihadapkan dengan soal penambahan yang berderet dengan ketentuan apabila angka paling belakang genap, maka kamu harus pilih 0. Apabila angka belakang ganjil, maka kamu harus pilih 1. Kuncinya, fokus! Isi soal sebanyak-banyaknya, tapi jangan lupa, harus konsisten yaa jawabannya.

3. Online Test dengan HR

Pada tahap ini, akan ada virtual meet dengan HR. Kamu akan melewati beberapa tahap test. Pertama, akan ada tes Wartegg, dimana kamu akan dihadapkan dengan 4 kotak dengan gambar tertentu, lalu diharuskan untuk melengkapi gambar tersebut sesuai dengan imajinasi kamu. Tes Wartegg sudah sangat lazim dilakukan saat proses rekrutmen, bisa dipelajari di internet yaa. Pada tes kedua, kamu akan diperintahkan untuk menggambar orang yang kamu pikirkan, lalu juga pohon. Terakhir, kamu akan diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan team HR ddan harus dijawab di selembar kertas yaa.

4. Interview Awal

Huwaaa, ini yang ditunggu-tunggu! Setelah menunggu kurang lebih selama 2 minggu, akhirnya email yang kutunggu-tunggu datang. Aku dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya, yaitu tahap interview awal. Aku di-interview oleh Bu Tanti. Selama sesi interview, Bu Tanti menanyakan seputar kegiatan sehari-hari, pendidikan, pengalaman kerja dan lain-lain. Aku sangat enjoy berbicara dengan beliau, karena terasa seperti sharing aja! Haha. Bu Tanti menjelaskan juga tentang values yang dimiliki Paragon, serta sedikit penjelasan tentang posisi yang aku pilih. Semua hal yang disampaikan Bu Tanti tentang Paragon, membuat aku semakin yakin bahwa tidak salah memilih perusahaan!

5. Interview Akhir (Family Interview)

Huwaaaaa, aku gak nyangka banget bisa lanjut ke tahap iniii. Bersyukur dan bangga banget sih. Jadi pada tahap ini, aku diwawancari oleh BOD (Board of Director) huhu. Pada sesi ini, aku berhadapan dengan Pak Salman Subakat, Pak Harman Subakat dan beberapa user lainnya. Bu Nurhayati saat itu kebetulan berhalangan hadir. Jujur, super deg-degan!! Pak Salman menanyakan seputar kehidupan sehari-hari, pekerjaan saat ini, bahkan beliau sempat bercanda dengan bertanya, apakah aku follow akun ecommurz di T*itter (karena aku bekerja di perusahaan E-Commerce sebelum bergabung dengan Paragon)? Haha. Beliau juga menyampaikan beberapa insight terkait Paragon.

6. Offering Letter

Esoknya, aku dapat chat dari Kak Jingga, HR yang mendampingi saat interview BOD bahwa aku lolos interview akhir dan akan mendapatkan offering letter. SUPER EXCITED!!! Aku diterima di posisi MT Commercial dengan kontrak awal selama 6 bulan, lalu 12 bulan dan apabila lulus program MT, akan berganti menjadi karyawan tetap.

7. Medical Check-Up

Setelah offering letter, aku dapat email kembali untuk melakukan medical check-up di klinik Biomedilab Kalideres. Tips saat akan MCU, harus puasa ya kawan-kawan, supaya hasilnya akurat! Untuk teman-teman wanita, dipastikan juga saat tanggal MCU sedang tidak haid yaaa.

In the end, aku bersyukur banget bisa sampai sejauh ini. Aku merasa, kalo Paragon adalah perusahaan yang tepat untuk berkembang, baik dari segi karir maupun skill. Values Paragon yang luar biasa dan selalu diterapkan menjadi poin plus dari perusahaan ini. Ayo join jadi #NewParagonian!

--

--