UI/UX Designer Terancam dengan Adanya AI?

Panji Saputro
5 min readJan 15, 2024

--

Pernah ga sih temen-temen baca atau denger tentang ancaman AI terhadap profesi ini dan itu? AI disini Artificial Intelligent ya bukan Anak Intern (cringe cringe). Sekilas saya coba mikir, “apa bener UI/UX Designer dapat tergantikan olen AI?” “apa bener AI bisa design?” “apa bener AI akan menguasai dunia?”😧. Kira-kira begitulah pikiran saya dan mungkin beberapa temen-temen UI/UX Designer lainnya.

Sebelum itu mungkin saya mau flashback kebelakang sebelum AI se-masif sekarang. Kebetulan first-time job saya berada di tim yang cukup (ga besar, ga kecil juga), kalau boleh digambarkan saya berada di tim dengan beberapa PM (Product Manager), beberapa Designer (UI/UX) dan beberapa developer (yup tetep ga menggambarkan juga sih ya). Dengan tim yang cukup, saya bisa brainstorm bareng PM ataupun dengan temen-temen Designer.

Biasanya brainstorm apa sih? kalo saya, brainstrom bareng PM biasanya pas pengen cari writing (UX Writing) yang pas sama target user kita dan pastinya ga membuat user jadi bingung. Bentar, maksudnya gimana sih? Oke, jadi memang sebenarnya itu (UX Writing) adalah tugas Designer untuk buat writing yang bagus sehingga user ngerti maksudnya dari fitur atau apapun yang butuh tulisan itu mudah dipahami. Tapi terkadang, kita bisa jadi overwhelmed apalagi timelinenya padet dan task banyak (curhat), jadi ga sempet untuk buat text alternatif lain (kalo menurut saya idealnya memang kita buat lebih dari satu pilihan).

Nah, pas itu kadang saya minta tolong ke temen-temen PM untuk tuker pikiran, kira-kira mau dikasih “text” apa disitu (special thanks to temen-temen PM yang udah mau diajak mikir bahkan dimintain tolong).

Terus mana AI nyaaaaa?!?! Sabar, kurang lebih dulu workflow saya begitu lah ya sebelum AI semasif sekarang. Karena AI jenisnya banyak dan fungsinya banyak mungkin saya pingin spesifikin lagi tentang AI apa yang saya gunakan dan sengebantu apa sih AI AI ini? Apa bener AI ingin menguasai dunia?

Part of Artificial Intelligence

Mungkin daritadi kalian udah sedikit banyak ngeh kurang lebih AI apa yang mau dibahas, yup bener AI untuk UX Writing. Sebenernya AI itu banyak banget cuma mungkin kita coba bahas dilain kesempatan, alias kalo rame lanjut part 2.

AI yang saya gunakan untuk membantu pekerjaan saya adalah AI sejuta umat, alias ChatGPT. Pada awalnya sih saya coba-coba (insert sfx abang-abang bakso borax), saya sebenarnya udah tau kalo ChatGPT itu powerfull banged (pake d). Karena pernah saya gunakan untuk iseng yaitu buat ngoding. Bukan ngoding yang gimana-gimana ya, tapi lebih ke ngetest aja se”sakti” sih ChatGPT ini.

Sampe pada akhirnya, saya ikut salah satu webinar dari Halo Designers, you guys MUST (kurang underline) buy the workshop/webinar seriously. Spesifiknya yaitu yang “Mendesain Bareng AI di Figma” atau bisa juga yang lainnya it’s really worth to buy 👌, ini bukan iklan ya ges ya. But I watching you ya Halodesigners team👀.

Lanjut, setelah saya ikut workshop dan webinarnya saya ngerasa ChatGPT lebih powerfull dari sebelumnya kenapa?. Karena, saya udah tau gimana caranya optimasi si AI AI ini.

Sebagai gambaran, ditempat kerja saya yang baru (udah pindah) saya jadi solo product, bukan solo designer lagi, tapi solo product. Yang sebelumnya saya masih ada temen-temen PM yang bantu untuk brainstrom writingnya, sekarang sudah tidak ada alias saya harus jadi superman😅.

Optimasi si AI

Dengan situasi kerja sekarang, rasa-rasanya saya butuh bantuan untuk meringankan beban saya dengan si AI ini. Sebenernya cukup mudah pake ChatGPT ini, tinggal ketik apa yang mau kita mau dan ChatGPT bakal ngasih jawabannya. Tapi hasilnya? akan terlalu general dan kadang kurang memuaskan karena terkesan AI banget.

ChatGPT tanpa prompt yang spesifik

Gimana? Masih agak kureng ya hasilnya? Terus gimana bwang biar outputnya lebih spesifik dan lebih oke? Kalau rumus dari saya (wailah rumus), kurang lebih kaya gini:

(posisikan ChatGPT mau jadi apa dan tugasnya) + kata kunci yang mau dimasukkan atau mau dicari + set goalsnya untuk apa (biar lebih spesifik resultnya) + style yang mau dipakai (target user).

Contoh dari rumus diatas.

Terus kira kira hasilnya gimana ya?. Apakah masih jawabannya sama seperti sebelumnya? 🤔

Hasil dari prompt diatas.

Gimana? udah cukup? atau masih kurang? Kalo masih kurang, masih bisa tambahin lagi promptnya misal butuh alternatif lain dan butuh penjelasan dari si ChatGPT kenapa dia milih text itu. Masih di chat yang sama, kurang lebih promptnya kaya gini:

“dari prompt sebelumnya, tolong berikan saya 5 alternatif lagi beserta dengan masing masing alasan kenapa saya harus memilih opsi itu”.

Tambahan prompt.

Sekarang kira-kira gimana ya hasilnya? 👀

Voila~ Hasilnya

Kurang lebih itu hasilnya jawabannya lebih “hidup” bukan? Mau tambah prompt lagi? bisa banget, tinggal tambahin lagi aja sesuai dengan kebutuhan. Misal butuhnya maksimal 200 karakter karena tempatnya terbatas, tinggal tambahin lagi pake “dari prompt sebelumnya, buatkan dengan maksimal 200 karakter” dan seterusnya sampe dapet apa yang ingin dicapai.

Kesimpulan

Udah sampe kesimpulan aja ya. Gimana menurut temen-temen? dari judul artikel ini kira-kira “Apakah UI/UX Designer Terancam dengan Adanya AI?” Apakah AI menjadi ancaman? atau bahkan bisa jadi “temen” kolaborasi? Kalo menurut saya sih sampe sejauh ini malah AI bisa untuk assist kita buat bantu kerjaan biar bisa lebih cepet lagi. Lebih mengancam Tech Winter sih daripada AI (ehh)😶.

Cheers,
Panji

--

--