Product Manager Intern at Eduka System

18217041 Dicky
HMIF ITB Tech
Published in
6 min readOct 3, 2020

Halo para pembaca setia medium HMIF Tech. Salam kenal, gua Dicky mahasiswa STI angkatan 2k17. Jadi kali ini gua bakal sharing tentang pengalaman magang gua sebagai Product Manager Intern di Eduka System. Gua yakin temen-temen di sini udah pernah denger tentang Eduka, dan bahkan udah jadi pengguna Eduka nih (kalo misalnya belum juga gapapa si hehe).

Apa itu Eduka System?

Jadi Eduka System adalah sebuah media belajar berbasis teknologi yang berfokus dalam meningkatkan tahap kompetensi siswa dari conscious competence menjadi unconscious competence.

Maksudnya apa sih conscious and unconscious competence? Misalnya temen-temen sebenernya udah tau cara ngerjain soal Integral (conscious), tapi karena jarang ngerjain jadinya butuh waktu yang lebih lama buat kelarin soalnya. Coba misalkan temen-temen sering ngerjain soal-soal Integral, pasti baru liat soalnya aja langsung tau cara ngerjainnya (unconscious competence). Nah, di Eduka juga sama, jadi produk andalan Eduka saat ini adalah Eduka PTN yang menyediakan Tryout UTBK bagi anak-anak SMA yang mau tes masuk PTN. Jadi emang Tryout di Eduka PTN tuh ditujukan biar anak-anak SMA bisa ngelatih skill ngerjain soal-soal UTBK supaya ntar pas lagi UTBK beneran, mereka udah jadi jagoan. Maksudnya, cuma scanning soal, langsung tau semua cara ngerjainnya (keren ya kalo bisa gitu).

Btw, Eduka System tuh juga buatan anak ITB angkatan 2k16. Bahkan mereka buatnya waktu mereka masih kuliah loh! Kerennya lagi, Eduka tuh jadi portfolio company pertamanya Ahmad Dzaky (Former CEO of Bukalapak). Bayangin temen-temen, mereka masih kuliah aja perusahaannya udah dapet dana dari investor. Keren aja atau keren banget? Ya jelas keren banget dong ya! Penasaran Eduka seperti apa? Langsung aja kepoin ya di Instagram atau Twitternya.

Kenapa milih intern di Eduka System?

Okay jadi alasan gua dulu apply sebagai Product Manager Intern di Eduka System simply karena gua kenal dekat sama salah satu C-levelnya dan pernah denger cerita early daysnya perusahaan mereka. Jadi tahun sebelumnya kita intern bareng di GDP Labs (Company keren juga nih, C-levelnya Former Microsoft) dan gua waktu dulu diceritain early daysnya Eduka sama dia (wah, sayangnya cerita early days Eduka ga bisa gua bahas disini karena kalo gua ceritain bisa 1 artikel sendiri nih, soalnya keren banget temen-temen).

Selain itu, alasan gua apply juga karena waktu dulu Eduka adalah salah satu company yang lagi nyari role Product Manager Internship juga sih, dan gua waktu itu juga lagi nyari role itu, jadi ya pas banget.

Gimana tuh tahapan seleksinya?

Jadi gimana sih tahapan seleksinya? Dulu gua dapet poster Eduka yang isinya cari Summer PM Intern, nah gua langsung daftar tuh via email (isinya resume sama cover letter gua) di sekitar pertengahan april. Kurang lebih 2 minggu setelahnya, gua disuruh interview. Nah terkait dengan persiapan interview, menurut gua yang penting itu kita bisa mempertanggung jawabkan apa yang udah kita tulis di resume sih, maksudnya ya beneran pengalaman real yang ditulis di resumenya, jangan malah pengalaman temennya yang dimasukin (ntar bingung lagi pas ditanyain)

Selain itu, siapin juga ya pertanyaan-pertanyaan basic interview dari HR, kayak ceritain tentang diri temen-temen, kenapa sih milih Eduka, dll (pertanyaan basic kayak gini bisa digoogling aja ya, kalau bingung dan mau tanya, feel free buat pc). Pastikan temen-temen juga punya knowledge terhadap role yang diapply dan company profilenya. Waktu sebelum interview, gua baca-baca dulu tentang produk-produknya Eduka sama nyari berita-berita terupdate tentang companynya. Kalo 2 hal itu udah tau dan pengalaman yang diceritain emang real dan menarik, harusnya sesi interview aman-aman aja si. Tinggal ntar tunggu keputusan dari companynya yang nentuin apakah kita cocok untuk kerja di timnya apa engga.

Jadi waktu itu gua interviewnya bareng CTO, VP of Product, sama HR nya Eduka System. Jujur aja ya, interviewnya seru-seru aja sih karena menurut gua interviewernya juga friendly, jadi gua bisa dengan sans ceritain tentang pengalaman magang gua sebelumnya, terutama di bagian produk sama lomba-lomba yang pernah gua ikutin. FYI sebelumnya, gua pernah magang di Ruangguru sebagai Business Analyst Intern, magang di Lnpoint sebagai Marketing Intern dan akhirnya jadi Junior Product Manager disana, sama magang di GDP Labs sebagai Product Manager Intern (Ini ceritanya juga panjang sih temen-temen, kalo mau tanya-tanya, sekali lagi langsung contact gua aja ya).

Fast forward. Akhirnya 2 Minggu setelahnya masuk deh email dari Eduka System, isinya “Selamat yah kamu terpilih sebagai Product Manager Intern di Eduka System” yeayy! Abis itu ya gua urus-urus surat perjanjian magangnya dan mulai magang dari rumah deh sejak awal Juni 2k20.

Ngapain aja nih internnya?

Basically intern di Eduka tuh ada 3 tahapan, yaitu pembuka, isi, penutup. Yes, jadi di hari pertama kita jalani proses pendahuluan yang namanya Onboarding. Ntar anak-anak internnya bakal dikenalin tentang company profile Eduka, tips-tips buat biar dapet value maksimal selama magang dan juga ada pemaparan produk-produk Eduka nih dari VP of Productnya. Sesi onboarding hari itu diakhiri dengan game supaya temen-temen juga nyaman sama pegawai Eduka yang lain.

Selanjutnya gua bakal cerita bagian isi nih, yaitu tentang pengalaman gua ngembangin produk internal Eduka (Eduka Admin) dari ngumpulin kebutuhan sampe produknya udah bisa dipake user Admin buat ngerjain tugas-tugasnya secara mudah dan cepat. Berbeda dengan produk-produk Eduka yang temen-temen sudah tau, Eduka Admin adalah produk internal yang tujuannya adalah untuk memudahkan user Admin (tim internal Eduka dan mitra bisnis) untuk mendapatkan informasi produk dan mengelola konten dari produk-produk utama Eduka System.

Sebelumnya Eduka tuh sudah punya produk internalnya sendiri (Eduka Admin), tapi masih ada beberapa kebutuhan user yang belum terpenuhi dari produk ini. Setelah gua explore dan paham sama flow produknya, gua juga cari tau kebutuhan user yang belum terpenuhi dari produk sebelumnya serta kendala-kendala yang mereka alami waktu menggunakan produk itu. Menurut gua, ini merupakan salah satu proses yang paling penting sih, soalnya apabila pemahaman tentang kebutuhan user salah, produk yang dikerjain pun akan kurang berdampak.

Jadi, gua pengen temen-temen bisa paham betapa pentingnya pemahaman kita terhadap kebutuhan dari user, karena dari sanalah kita bisa cari solusi buat nawarin value sebanyak-banyaknya ke mereka. Setelah dapat kebutuhannya, gua diskusi sama tim desain buat bikin prototype yang user-friendly, dan proses itu bakal masuk ke jadwal Sprint desain. Setelah prototype kelar, baru deh gua bareng engineer yang lain jalanin Sprint buat ngembangin produknya sampai produknya live di production. Secara high-level kira-kira penjelasannya gitu ya, semoga temen-temen kebayang proses kerjanya gimana.

Dan di hari terakhir intern, gua presentasi akhir tentang journey pengembangan produk Eduka Admin selama gua intern, sama gua juga ceritain tentang pengalaman-pengalaman menarik yang udah gua dapetin disana. Sebagai kenang-kenangan, kita juga foto bareng secara virtual. Gua yang di kanan bawah pake topi ya.

Last but not least, gua sangat bersyukur sudah intern di Eduka karena ini pertama kalinya juga gua kerja secara remote dan jujur it was really fun and challenging! Jadinya sekarang gua juga looking for opportunity-opportunity buat WFH nih. Semoga bermanfaat ya sharing gua kali ini dan sekali lagi, buat temen-temen yang masih mau nanya-nanya tentang hal apapun, feel free buat kontak gua (Line: @dickytan30 atau WA: +6282371650721) dan pastinya gua bakal jawab (selama gua tau jawabannya). Thanks temen-temen udah luangin waktunya buat baca, I do really appreciate it and see you at the top!

--

--