Seri Buku Infografis Penanggulangan Krisis Kesehatan untuk Anak Sekolah

Tulisan ini pertama kali diterbitkan pada website HOI: http://houseofinfographics.com/infografis-bencana-anak-sekolah/

Tentang Seri Buku Infografis Bencana untuk Anak Sekolah

Indonesia, meski pun terkenal akan kecantikan alamnya namun memiliki potensi beragam bencana alam yang cukup besar.

Kali ini kami mendapat kesempatan bekerja sama dengan Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan RI dan World Health Organization (WHO) untuk mendesain Seri Buku Infografis Penanggulangan Krisis Kesehatan untuk Anak Sekolah untuk disebarkan ke sekolah-sekolah di seluruh Indonesia.

Tujuan dari perancangan seri buku infografis ini adalah agar jika sewaktu-waktu terjadi bencana, masyarakat terutama anak sekolah dapat mengetahui tindakan yang perlu dilakukan dalam situasi tersebut dan telah mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk menghadapi bencana.

Seri buku infografis bencana ini terdiri dari lima bencana yang cukup sering terjadi di indonesia, yaitu:

Lindungi Diri dari Kabut Asap

Sudah Siapkah Kita Menghadapi Gempa Bumi?

Bersahabat dengan Gunung Berapi

Sudah Siapkah Kita Menghadapi Longsor?

Sudah Siapkah Kita Menghadapi Banjir?


Media Infografis

Penggunaan media infografis yaitu perancangan media tulisan dengan bantuan ilustrasi visual di sini sangat berperan penting untuk membantu penyampaian informasi dan juga menambah ketertarikan dari target audience yaitu anak sekolah untuk mau memahami informasi tentang persiapan bencana ini.

Infografis dan media visual dapat membantu mengkomunikasikan informasi dengan lebih jelas dan menarik, jika dibandingkan dengan penjelasan yang hanya menggunakan teks.


Proses perancangan infografis

Dalam proses pembuatan infografis ini pertama-tama kami diberikan materi dalam bentuk tulisan oleh pihak Kemenkes dan WHO. Lalu materi tersebut dibahas oleh tim internal kami di HOI untuk memilih bagian mana saja yang jika disajikan dengan bantuan infografis akan dapat dikomunikasikan lebih jelas, dan seperti apa metode penyampaian infografis yang paling tepat. Karena perancangan infografis yang baik adalah bukan sekedar ilustrasi cantik atau desain chart yang menarik, namun pada prinsip utamanya adalah bagaimana menggunakan semua elemen visual untuk memaksimalkan penyampaian informasi (komunikasi.

Kami sangat bersyukur pihak Kemenkes dan WHO sangat terbuka terhadap ide-ide kreatif kami, dan pada akhirnya menghasilkan karya yang (insya allah) memuaskan semua pihak. Untuk melihat detil buku infografis ini yuk cek ke instagram kami di @infografis.