Konsep Blue Green Deployment Strategies

Harry Ermawan
hryer.dev
Published in
2 min readApr 6, 2020

--

Pada hari ini hampir semua development team sudah mengimplementasikan pendeketan service-oriented architecture dan microservices, developer dapat mendesign code base menjadi lebih modular. Dengan ini maka mengijinkan kita sebagai developer untuk menulis kode dan mendeploynya ke berbagai basis kode secara bersamaan.

Benefit dari segi bisnis untuk shorter deployment cyles :

  • Time-to-market dapat dikurangi
  • Customers dapat mendapatkan value dari sebuah produk dengan waktu yang singkat

Deployment Strategies sendiri memiliki banyak metode seperti canary, rolling-back, big-bang, rolling, blue-green, and etc. Sedangkan yang akan saya bahas terlebih dahulu adalah Blue Green Deployment strategies.

Blue Green Deployment

Konsep dari Blue Green Deployment

Blue Green Deployment sederhananya adalah teknik untuk merilis aplikasi aplikasi dengan cara yang dapat diprediksi. Ini adalah cara cepat untuk melakukan pergantian aplikasi yang di utamakan saat di production dan meroll-backnya jika terjadi issue.

example environment

Simpelnya, kita mempunyai dua environment yang identik (infrastructure). Environments Hijau dimaksudkan environments hosting yang berada sekarang di production (app1 version1, app2 version1, app3 version1 seperti pada contoh di atas)

Sekarang ketika anda ditugaskan untuk menupgrade app2 ke v2, maka akan dilakukan di “blue environment”. Didalam environment tersebut kita akan mendeploy versi terbaru (app2 v2) tersebut,menjalan smoke test, dan test lainnya. Ketika semuanya terlihat ok, kita dapat mengganti point loadbalancer/reverse proxy/router ke blue environment.

reverse proxy menunjuk ke blue environment yang telah mempunyai app2 v2 (rilis terbaru)

Jika semuanya terlihat ok, kita dapat mematikan(shutdown) green environment dan menggunakannya kembail untuk rilis terbaru. Jika tidak, kita dapat dengan cepat untuk rollback ke green environment dengan cara mengubah pointing loadbalancer kembali.

Contoh Konsep BlueGreen Deployment pada GKE

untuk lebih detail mengenai konsep dan bagaimana cara menerapkannya referensi : https://martinfowler.com/bliki/BlueGreenDeployment.htmlhttps://blog.christianposta.com/deploy/blue-green-deployments-a-b-testing-and-canary-releases/https://google.qwiklabs.com/focuses/4801?parent=catalog

--

--