Kenapa Framework?

Achmad Fatoni
IDLaravel
Published in
2 min readMar 24, 2019

Saat memulai membuat aplikasi seorang programer dihadapkan dengan banyaknya library dan framework dan sudah menjadi hal biasa ketika mempelajari suatu framework, 3 framework baru muncul.

So, Kenapa framework?

Saya hebat, saya akan membuat semuanya sendiri

Saya saya hebat saya bisa membuat aplikasi berjalan dengan baik, inilah yang saya lakukan:

  • Organisasi file, saya harus mendefinisikan dimana folder dan file kode ditempatkan.
  • Library, saya harus memutuskan librari apa yang cocok dan memastikannya bekerja dengan baik dikombinasikan dengan librari lainnya.
  • Security, saya harus memikirkan sendiri apakah kode yang ditulis benar-benar aman.

Framework seperti symfony dan laravel adalah kumpulan dari beberapa library yg sudah diramu sedemikian rupa bersama dengan code dari framework itu sendiri, yang artinya manfaat dari framework adalah seseorang telah maramu dan membuat kumpulan library dapat bekerja bersama.

Code adalah masalah

Saat menuliskan kode, seorang programmer pasti akan menjumpai error ataupun masalah yg harus dipecahkan, alasan lain menggunakan framework adalah adanya komunitas ataupun sumber belajar yg spesifik tentang framework tersebut, sehingga ketika mendapatkan masalah bisa lebih cepat mendapatkan jawaban dari komunitas maupun internet.

Duit

Biasanya nih ya, jika ada lowongan pekerjaan mencantumkan untuk menguasai framework tertentu di salah satu syaratnya. Kalo sudah menguasai suatu framework harapannya akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan.

Gotong royong

Setiap programmer punya style tersendiri dalam menulis bait-bait kodenya, bekerja tanpa framework? Team harus punya kesepakatan bagaimana kode harus ditempatkan. Menggunakan fremework dapat membantu bekerja bersama team karena framework sudah mempunyai pattern tertentu.

Ku tak sanggup lagi…

ini berhubungan dengan point pertama kenapa menggunakan framework, Bagaimana jika suatu saat kamu tidak bisa melanjutkan project/aplikasi yang kamu buat? entah karena kamu sudah tidak bekerja lagi di tempat yang sama atau karena alasan lain. seberapa mudah kode yang kamu tulis untuk bisa dimengerti dan dilanjutkan oleh orang lain? Framework sudah mempunyai style dan pattern bagaimana kode ditulis sehingga harapannya akan lebih mudah dan dilanjutkan oleh orang lain.

.

.

.

Contact toni@idlaravel.com untuk kritik, saran ataupun penawaran project :D

--

--