Indigen — Blockchain untuk Penduduk Asli

Larrimar Tia
Jan 30, 2019 · 10 min read

Laporan Teknis v0.90
Terakhir diperbarui : 27 Januari 2018

2017–2018 © Indigen Asia Limited. All rights reserved.
Penulis : Larrimar Tia
Translator : payjoe93

Ini adalah pekerjaan yang sedang berjalan. Belum ada file yang bisa diunduh hingga versi akhir selesai. Kunjungi www.indigen.foundation untuk mempelajari lebih lanjut.

Tentang Indigen

Blockchain Indigen dirancang dengan tujuan utama untuk melindungi hak dan properti penduduk asli yang biasanya merupakan korban industrialisasi dan globalisasi yang tidak disengaja.

Kami adalah sekelompok pengembang, pemasar, pelaku bisnis, seniman, pakar hukum, dan aktivis sosial dari seluruh dunia yang mengakui kasus tulus untuk menerapkan teknologi blockchain dalam melestarikan budaya asli melalui:

  • Menerapkan teknologi blockchain untuk mempromosikan keberlanjutan dan pertumbuhan bagi masyarakat yang kekurangan dana — dan dalam banyak kasus — tidak diakui komunitas dengan memecahkan masalah kemanusiaan yang menonjol di seluruh planet ini;
  • Mempromosikan etika dan praktik yang baik di seluruh Ekosfer Indigen (bidang ekonomi);
  • Membangun hubungan positif antara masyarakat adat dan pemerintah.

Misi Kami

Misi kami tidak terbatas pada ruang lingkup dokumen ini — masa depan tidak terbatas. Namun secara sederhana dan umum, tujuan langsung kami sebagai berikut:

  • Untuk melestarikan warisan budaya asli dengan menciptakan penyimpanan data historis asli yang tidak dapat diubah pada blockchain;
  • Untuk mendorong kelompok masyarakat adat, lembaga amal, sejarawan, antropolog, universitas, profesional hukum, dan pelestari budaya untuk menyumbangkan dokumentasi historis mereka untuk penyimpanan catatan permanen di blockchain;
  • Untuk membuat indeks yang mudah diakses untuk dipelajari dan digunakan sebagai titik referensi bagi siswa dan peneliti;
  • Untuk mempromosikan hubungan konstruktif antara pemerintah daerah dan masyarakat adat dengan menawarkan alternatif desentralisasi ke sistem pencatatan saat ini;
  • Untuk menyelesaikan sengketa kepemilikan tanah melalui pihak ketiga yang tidak memihak;
  • Untuk mengintegrasikan blockchain ke dalam industri yang akan mendapat manfaat dari penggunaan teknologi kami;
  • Untuk merayakan keragaman umat manusia dan untuk tidak membiarkan budaya dilupakan.
  • Untuk mengangkat kehidupan banyak masyarakat adat miskin yang jarang, jika tidak pernah, dijangkau oleh bantuan pemerintah.

Permasalahan

Orang adat (orang pertama, pribumi, asli) atau penduduk asli memiliki banyak nama; mereka memiliki lebih dari 4.000 bahasa dan terdiri sekitar 5% dari populasi dunia. Orang-orang ini adalah korban dari masalah hak asasi manusia seperti kurangnya perlindungan atas tanah adat mereka, pembunuhan yang tidak terpecahkan karena perselisihan properti, dan banyak masalah kemanusiaan lainnya termasuk kurangnya komunikasi karena lokasi yang sangat terpencil, perusakan lingkungan dan ekstraksi sumber daya alam karena perkembangan global industri, kurangnya pendidikan dan akses ke informasi medis modern, perawatan kesehatan, dan sebagainya. Tetapi salah satu masalah yang paling jelas dan meyakinkan dari semua adalah minat yang perlahan-lahan dari generasi muda pada budaya dan sejarah asli kita karena modernisasi yang bergerak cepat.


Nilai Proposisi

Tujuan solusi kami adalah untuk membawa konvergensi ke sejarah dan teknologi modern dalam pendekatan yang unik dan inovatif. Perlindungan properti asli, pelestarian data historis, karya seni, bahasa dan agama, dan banyak lagi aspek unik dan integral yang membentuk budaya dan tradisi asli, hanyalah beberapa dari banyak tujuan kami untuk menggunakan teknologi blockchain sebagai metode pelestarian permanen dan tidak dapat diubah.

Mayoritas penduduk asli adalah milik orang miskin dan mereka berjumlah sekitar 15% dari penduduk termiskin di dunia, dengan persentase tertinggi berasal dari Asia Tenggara. Tujuan koin Indigen sebagai mata uang kripto tidak sepenuhnya sebagai media pembayaran dalam platform desentralisasi, tetapi juga sebagai sarana untuk mengangkat kehidupan penduduk asli yang miskin. Dengan meningkatnya Bitcoin dan altcoin populer lainnya, koin Indigen pada akhirnya akan berfungsi sebagai mata uang sumbangan di mana sebagian dari koin yang ditambang dan biaya penambangan akan digunakan untuk membantu orang miskin di bidang-bidang seperti pendidikan, obat-obatan, dan perlindungan lingkungan.


Proyek Indigen ONE

Tujuan utama dari proyek Indigen ONE adalah untuk menjadi platform tunggal dan terpadu bagi pedagang Indigen, pelanggan mereka, dan pengguna koin Indigen untuk menjalankan bisnis sehari-hari mereka.

Kedua, untuk mewujudkan visi Indigen untuk melestarikan budaya asli menggunakan teknologi blockchain, Indigen ONE akan berfungsi sebagai platform pementasan kami untuk semua proyek dan layanan komunitas terkait blockchain kami sebagai berikut:

  • Dompet Web (Web Wallet)
  • Dompet Dekstop (Desktop Wallets)
  • Aplikasi Smartphone (Mobile App)
  • Program Afiliasi Indigen
  • Indigen i.Pay akan memungkinkan pedagang untuk menerima pembayaran dalam token Indigen
  • Indigen i.Mall akan memungkinkan penjual memamerkan produk mereka yang dapat dibeli dengan token Indigen
  • Indigen Foundation akan mengejar proyek amal untuk membantu kelompok masyarakat adat di seluruh dunia di mana sebagian dari pembelian token kami ditujukan ke berbagai program penjangkauan.
  • Manajemen Acara Indigen akan mengadakan berbagai pameran, pameran dagang, konvensi dan seminar yang berkaitan dengan pendidikan dan promosi masyarakat adat dan produk asli mereka. Pembayaran untuk berpartisipasi dalam acara ini harus dilakukan dalam mata uang atau token asli kami dan pendapatan yang akan dihasilkan dari acara ini akan dibagikan di antara pemegang token.
  • Program Merchant Connect

Salah satu tantangan utama perusahaan baru / pemula dan usaha kecil terutama di antara penduduk asli yang berpenghasilan rendah, adalah kemampuan untuk beradaptasi dengan teknologi modern yang dapat mereka manfaatkan untuk mendorong pertumbuhan bisnis mereka. Sebagian besar dari mereka memiliki pengetahuan terbatas pada banyak alat teknologi yang dapat membantu mereka dalam operasi bisnis mereka, dan banyak dari mereka bahkan tidak mampu membayar untuk perangkat lunak yang mahal atau untuk mengatur keberadaan online mereka. Itulah sebabnya salah satu layanan yang kami tawarkan untuk pedagang secara umum adalah menyediakan mereka dengan alat dasar dan yang diperlukan untuk menyederhanakan adaptasi mereka dengan teknologi modern. Kami telah mengembangkan sejumlah alat yang merupakan kebutuhan utama UKM yang dapat mereka manfaatkan secepatnya dengan biaya paling murah untuk mereka.

Program Merchant Connect kami akan memberikan pedagang dan pemilik bisnis alat online yang berguna dengan biaya berlangganan bulanan yang sangat terjangkau (dibayar dalam token asli kami) untuk membantu mereka dalam operasi bisnis mereka dengan imbalan mempromosikan advokasi kami, pemanfaatan token Indigen dan memberikan berbagai hak istimewa kepada masyarakat adat, terutama mereka yang miskin, seperti diskon, hadiah, dan ketentuan lain yang akan menguntungkan mereka dalam banyak hal. Beberapa alat bisnis online yang tersedia untuk pedagang adalah sebagai berikut:

  • Program Hadiah Loyalitas Pelanggan (kredit dan tebus uang tunai atau poin hadiah ke dan oleh pengguna Indigen)
  • Sistem Manajemen Pelanggan (Customer Management System / i.CMS)
  • POS Online untuk Sistem Pemesanan Produk (Online POS for Product Ordering System / i.POS)
  • Sistem Manajemen Saham dan Persediaan (Stocks and Inventory Management System / i.SIM)
  • Manajemen Karyawan, Pencatatan Waktu dan Penggajian
  • Manajemen Pesanan Pekerjaan untuk Piutang Usaha
  • dan banyak lagi yang akan datang di masa depan…

Alat-alat online ini akan sangat meningkatkan permintaan untuk token karena IDGX akan menjadi satu-satunya cara mereka untuk berlangganan layanan ini.

Anda dapat mempelajari semua tentang Proyek Indigen ONE di situs web indigen.one


Proyek: Indigen BUILD

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mendeklarasikan tahun 2019 sebagai Tahun Internasional Bahasa Adat (IYIL2019) untuk meningkatkan kesadaran dan “menghargai kontribusi penting yang mereka buat untuk keanekaragaman budaya kita yang kaya di dunia.”

Kami di Indigen percaya bahwa untuk melestarikan budaya dan tradisi asli, kami harus terlebih dahulu melestarikan bahasa mereka. Itulah mengapa tahun 2019 ini, bertepatan dengan deklarasi oleh PBB sebagai Tahun Internasional untuk Bahasa Adat, kami telah mulai mengerjakan sebuah proyek, dimulai di Filipina, yang melibatkan penelitian dan pengumpulan bahasa asli untuk membantu menghidupkan kembali dan melestarikan berbagai dialek asli. .

Proyek ini disebut B.U.I.L.D. yang merupakan kependekan dari Blockchain Unabridged Indigenous Language Database karena kami menggunakan teknologi leded ledger (DLT) sebagai tempat penyimpanan data karena sifat abadi dari blockchain dan kemampuan untuk memberi cap waktu pada informasi dan melacak catatan sejarah.

Selanjutnya, setelah data telah direkam di blockchain, kami akan menerapkan teknologi Intelegensi / Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence / AI) atau pembelajaran mesin untuk memungkinkan terjemahan waktu nyata antara bahasa asli atau dialek suku. Dengan cara ini, kami berharap dapat menjembatani kesenjangan antara berbagai suku dan menghilangkan pemikiran tentang perbedaan budaya dan hambatan bahasa.

Bahasa-bahasa asli secara perlahan dilupakan oleh generasi muda karena modernisasi yang serba cepat. Begitu kita mulai melupakan bahasa ibu kita, kita juga akan mulai melupakan tradisi, seni, dan sejarah kita. Melalui BUILD, kami berharap untuk mendapatkan kembali minat generasi muda dan membantu menjaga identitas unik mereka.

Salah satu fitur utama BUILD adalah kemampuan untuk memberi penghargaan kepada pengguna dengan IDG yang berkontribusi pada proyek kami seperti menambahkan entri ke dalam basis data, meningkatkan entri, dan sebagainya.

Lanjutkan membaca tentang BUILD di artikel ini.


Proyek Lainnya

Ada proyek-proyek blockchain lain di dalam pipa kami, di antaranya adalah:

  • Sistem Identitas Digital
  • Manajemen Pasokan Rantai dari Produk Pribumi
  • Pemerintahan
  • Kesehatan
  • Pendidikan
  • Dan masih banyak lagi…

Masing-masing proyek ini memerlukan dokumentasi terpisah sehingga kami akan menanganinya satu per satu di artikel terpisah.


Aset Mata Uang Digital Indigen (IDG) dan Indigen XT (IDGX)

Supaya dapat menerapkan dengan benar semua solusi dan proyek yang kami usulkan, kami memutuskan untuk membuat dua jenis cryptoasset karena kedua aset ini memiliki kelebihan dan keterbatasan masing-masing.

Misalnya, sebagian besar proyek blockchain kami akan menjadi paling efisien dan hemat biaya apabila kami menjalankan dan mengelola jaringan blockchain kami sendiri, daripada mengandalkan jaringan pihak ketiga atau jaringan blockchain yang saat ini ada di pasar. Karena semua blockchain yang ada ini memiliki token asli mereka sendiri untuk dibaca dan ditulis ke dalam buku besar mereka, itu akan merepotkan bagi pengguna kami untuk memperoleh dan menerima token ini. Demikian juga, akan sangat mahal bagi kami untuk memberi penghargaan kepada pengguna kami dengan token pihak ketiga.

Untuk alasan ini, kami mengembangkan buku besar yang didistribusikan berdasarkan protokol masternode dengan aset crypto asli yang disebut Indigen (IDG) yang akan digunakan sebagai hadiah utama bagi pengguna yang berpartisipasi dan berkontribusi pada proyek kami, dan pada saat bersamaan dapat digunakan oleh kami pedagang sebagai token hadiah ketika mereka menerapkan Sistem Loyalitas Pelanggan dan Imbalan mereka sendiri (seperti yang terlihat di Proyek Indigen ONE). Token ini kemudian dapat digunakan oleh pelanggan mereka untuk membeli produk atau layanan dari mereka.

IDG diluncurkan pada bulan Desember 2017 tanpa penawaran koin awal (ICO).

Di sisi lain, pada Januari 2019, dan agar kami dapat mengumpulkan dana tambahan untuk mengembangkan proyek-proyek blockchain kami yang akan datang (dimulai dengan BUILD), kami memutuskan untuk membuat token ERC-20 terpisah yang disebut Indigen XT (IDGX) — XT ada untuk Perpanjangan Token — dan meluncurkan ICO karena blockchain masternode tidak memiliki dukungan untuk kontrak pintar. Di wilayah lain dari ekosistem Indigen adalah kebutuhan untuk menggunakan kontrak pintar karena kami telah merancang sistem penghargaan untuk pemegang token kami untuk mendorong mereka untuk menjaga token mereka dan untuk mencegah pembuangan berlebihan di bursa. Kami akan menyisihkan sebagian dari keuntungan yang dihasilkan perusahaan dari platform Indigen ONE dan mendistribusikan laba tersebut kepada semua pembuat IDGX — ketika mereka menyimpan token mereka di dompet pribadi mereka di luar bursa untuk periode waktu tertentu — dan dibayarkan dalam bentuk ETH atau dalam token asli kami.

Namun, kami tidak dapat menganggapnya sebagai token keamanan karena laba yang kami bagikan bukan bentuk dividen pemegang saham, tetapi hanya hadiah untuk mempertaruhkan token. Demikian juga, IDGX akan digunakan terutama sebagai mode pembayaran pada platform kami di lingkungan yang terkontrol menggunakan kontrak pintar yang berjalan di mesin virtual Ethereum (Ethereum virtual machine / EVM).

Sebagian dari hasil ICO akan digunakan dalam berbagai program amal kami dan untuk berkoordinasi dengan berbagai kelompok masyarakat adat / pribumi supaya kami dapat membangun kemitraan dengan mereka untuk mendapatkan dukungan mereka dalam pengembangan proyek kami. Karena tanpa dukungan penuh mereka, kami tidak akan dapat melaksanakan tujuan kami dengan baik.

Salah satu kegunaan utama IDGX adalah untuk transfer aset. Sebagai contoh dalam pencatatan properti berbasis blockchain yang akan kami kembangkan untuk melindungi properti masyarakat adat/pribumi, itu akan memungkinkan untuk menetapkan aset yang ada kepada orang lain melalui akta penjualan elektronik. Transfer properti ini akan dikendalikan oleh kontrak pintar dan diselesaikan menggunakan token IDGX.

Penggunaan lain dari token IDGX adalah bahwa, setelah kami dapat menyelesaikan Sistem Manajemen Identitas Digital masyarakat adat, dan kami dapat mengumpulkan data yang cukup, penyedia layanan lain yang mungkin ingin mempromosikan layanan mereka kepada pengguna, tanpa melanggar privasi dan dengan persetujuan pengguna, penyedia layanan ini harus membayar menggunakan token kami, dan pengguna yang berlangganan untuk menerima penawaran promosi akan menerima sebagian dari pembayaran yang datang dari penyedia ini dengan imbalan menggunakan platform kami.

Akan ada lebih banyak kegunaan untuk IDGX karena kami terus mengembangkan dan meningkatkan semua proyek kami.


Brief SecaraTeknis

Indigen adalah ekosistem dengan misi tidak hanya untuk mengangkat kehidupan dan melestarikan budaya, tetapi juga untuk melindungi ibu pertiwi. Kami adalah salah satu proyek yang berbeda pendapat cryptocurrency PoW tradisional yang mengkonsumsi begitu banyak energi dan menimbulkan ancaman bagi lingkungan.

Indigen didasarkan pada konsep masternode yang sangat berkelanjutan dan tidak bergantung pada penambang khusus, karena itu membantu menghemat energi. Menggunakan apa yang kami sebut teknologi SPEnD (Swift, Privat, Hemat energi, Terdesentralisasi) untuk penggunaan energi rendah, konfirmasi transaksi super cepat; dan protokol PosS (Proof of shared Staking) yang memberikan peluang yang adil bagi semua pemegang koin kami untuk mendapatkan bagian dari hadiah blokir.

Indigen Core dirancang setelah protokol PIVX SwiftX, Zerocoin dan Bitcoin Green.


Fitur Utama Indigen

Indigen is cryptocurrency open source, anonim, peer-to-peer yang dihasilkan dari filosofi yang sama yang menggerakkan prinsip-prinsip cryptocurrency yang dapat ditambang yang aman, pribadi, dan hemat energi.

Transaksi Cepat dan Biaya Rendah

Transaksi Indigen dikonfirmasi dan dapat dihabiskan dalam hitungan detik, menggunakan masternode untuk menjamin validitas transaksi — sangat menguntungkan bagi pedagang. Tidak seperti PoW yang membutuhkan konfirmasi panjang dan beberapa sebelum dana divalidasi dan tersedia. Mulai dari 0,0001 IDG, biaya transaksi kami sangat rendah dibandingkan dengan cryptocurrency populer saat ini.

Pribadi dan Aman

Cryptocurrency pribadi, orang ke orang (peer-to-peer) telah menjadi lebih populer dalam beberapa tahun terakhir karena masalah privasi di beberapa cryptos seperti Bitcoin. Indigen menawarkan privasi penuh dengan menghilangkan jejak transaksi untuk menyembunyikan sumber dana masuk. Dan dalam menggunakan masternode untuk mengamankan jaringan, itu jauh lebih efisien dan terukur daripada protokol penambangan PoW asli.

Efisiensi Energi PoS

Penambangan Bitcoin akan segera mengkonsumsi lebih banyak energi daripada gabungan semua negara di dunia, membuat algoritma PoW SHA-256 yang usang tidak berkelanjutan. Indigen menghilangkan masalah ini konsumsi energi besar-besaran menggunakan PoS untuk memvalidasi transaksi yang dapat dioperasikan pada komputer biasa. Dan dengan protokol PosS yang kami usulkan, mendapatkan hadiah blok bahkan lebih sederhana.


Spesifikasi Koin Indigen (IDG)

Berikut ini adalah ringkasan singkat dan rincian teknis dari Indigen (IDG):

  • Protokol: Proof-of-shared-Staking (PosS)
  • Simbol Ticker: IDG
  • Pasokan Maksimum: 17.000.000 IDG
  • Waktu Blok: 60 detik
  • Hadiah Block: 17 IDG
  • Jaminan Masternode: 17.000 IDG
  • Rincian Hadiah: 80% masternode, 20% pembuat
  • Perkiraan transaksi per detik: 150 Tx (transaksi) / detik

Spesifikasi Koin Indigen XT (IDGX)

Berikut ini adalah ringkasan singkat dan rincian teknis dari Indigen XT (IDGX):

  • Nama Token: Indigen XT
  • Simbol Token: IDGX
  • Standar Token: ERC-20
  • Kontrak Pintar: 0xaEb8337d5BD9a94BBFA016B0a1dC26224D560A05
  • Maksimum Yang Tersedia: 100.000.000 IDGX
  • Tersedia Untuk Penawaran: 40,000,000 IDGX
  • Jadwal Di Buat: 27 Januari 2019
  • Harga Penawaran Awal (ICO): 1 IDGX = 0.0001 ETH ($0.02)

Untuk rincian lengkap penjualan token kami, kunjungi halaman IDGX di situs web kami.


Referensi

Kelompok Kerja Internasional untuk Urusan Masyarakat Adat
iwgia.org

2019 Tahun Internasional Bahasa Pribumi
iyil2019.org

PIVX
pivx.org

Bitcoin Green
savebitcoin.io

Zerocoin
zerocoin.org

indigen

Indigen is the very first cryptocurrency and blockchain project developed specifically for the indigenous people. Indigen hopes to preserve indigenous cultures, languages, products and intellectual properties of native origin.

Larrimar Tia

Written by

Founder and author at Indigen, a blockchain project for the preservation of indigenous cultures. A Certified Blockchain Expert (CBE) and Developer (CBD).

indigen

indigen

Indigen is the very first cryptocurrency and blockchain project developed specifically for the indigenous people. Indigen hopes to preserve indigenous cultures, languages, products and intellectual properties of native origin.

More From Medium

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade