Design Pattern Aplikasi PsychoTip (Part 2)

Faraya Agatha
PsychoTeam
Published in
2 min readMay 2, 2019

Pada artikel sebelumnya, saya telah membahas pengertian desain pattern dan design pattern yang saya gunakan (MVP design pattern) dalam mengembangkan aplikasi PsychoTip. Kali ini saya akan membahas implementasi jenis design pattern lainnya yang digunakan kelompok saya.

Jenis design pattern yang akan dibahas kali ini adalah composite design pattern.

Composite design pattern merupakan design pattern yang masuk ke dalam kategori structural design pattern. Untuk mengetahui apa itu structural design pattern dapat melihat artikel saya sebelumnya.

Composite design pattern digunakan oleh tim saya dalam implementasi kelas User, Klien, dan Psikolog.

kelas User
kelas Klien
kelas Psikolog

Composite design pattern adalah pola desain yang menerapkan partitioning dan menggambarkan sekumpulan objek yang diperlakukan sama sebagai suatu instance dari tipe objek yang sama. Konsep nya adalah kita dapat memanipulasi suatu instance dari objek seperti kita memanipulasi sekumpulan objek tersebut.

Implementasi kelas User, Klien, dan Psikolog merupakan composite design pattern karena kami menggunakan Parcelable. Parcelable adalah suatu interface yang memungkinkan suatu instansi dari objek untuk dapat disimpan dan diambil dari sebuah Parcel. Sementara Parcel itu sendiri adalah suatu kontainer yang menampung kelas tersebut.

Salah satu ciri dari suatu kelas yang mengimplementasikan interface Parcelable adalah dengan adanya non-null static field bernama CREATOR, yang berfungsi untuk men-generate objek yang memakai interface Parcelable tersebut.

Sekian pembahasan saya mengenai penerapan design pattern dalam aplikasi PsychoTip.

Referensi:

--

--