Belajar Bahasa

Indra Lukmana
Indra Lukmana
Published in
2 min readApr 3, 2016

Saya sering ditanya tentang bagaimana tips untuk bisa berbahasa inggris, padahal saya bukan jurusan sastra atau pendidikan bahasa inggris. Kebetulan saja saya memiliki kemampuan untuk memahami ekspresi dalam bahasa inggris, itu saja, pun juga masih terbatas.

Untuk berbahasa sendiri saya sering tidak menggunakan istilah tips, karena bahasa termasuk dalam kemampuan yang tidak hanya digunakan sekali dua kali untuk mahir menggunakannya, saya lebih suka menggunakan istilah ‘kiat’. Jadi bagaimana kiat untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing? berikut kiat dari saya.

Use it or lose it

Gunakan atau hilang. Kalau ingin benar-benar menguasai suatu bahasa pergunakan secara intesif. Otak kita didesain mudah melupakan barang yang tidak perlu, hal ini untuk menjaga kesehatan mental kita. Kalau kita jarang menggunakan bahasa asing maka otak kita menganggap bahwa bahasa asing itu tidak terlalu berguna, maka oleh otak kita bahasa asing yang kita ingin pelajari tidak direkam dengan baik. Untuk menghindarinya gunakan bahasa asing dalam hal-hal yang memang bisa kita gunakan.

Be curious

Jadilah penasaran. Saat menemukan kosa-kata baru pupuk rasa penasaran tentang kata tersebut, minimal arti katanya. Kalau kita sudah penasaran lalu kita akan mencari tahu, lalu akhirnya kita paham. Tanpa rasa penasaran meski banyak kosa kata baru yang kita temui maka sering kali hilang kalau kita tidak merekammnya.

Have fun

Bersenang-senang. Dalam mempelajari bahasa jangan dalam keadaan tertekan. Pelajari dengan media-media yang menyenangkan. Kalau saya sendiri senang membaca manga, membaca berita,menonton video, dan bermain game yang semuanya sering kali dalam bahasa inggris. Semua media itu terkait hal-hal yang saya senangi. Anda mungkin memiliki kesenangan yang berbeda. Silakan anda cari dan gunakan untuk mengembangkan kemampuan bahasa. Kalau anda menyenanginya, anda tidak akan merasa sedang belajar, semuanya akan mengalir.

Mungkin itu dulu, sebenarnya masih banyak lagi tapi saya pikirkan lagi mungkin ada yang dapat membantu anda mengembangkan kemampuan bahasa lebih dalam lagi.

--

--