Pindahan Web

Indra Lukmana
Indra Lukmana
Published in
1 min readMay 1, 2019

Rencananya, saya akan memindahkan hosting web pribadi saya ini ke selain Medium. Mungkin ini akan jadi tulisan terakhir yang saya publish via medium. Atau mungkin nanti masih saya isi dengan konten otomatis di rumah web saya yang baru, entahlah, lihat nanti.

Sudah agak lama saya vakum menulis di web pribadi saya. Alasannya sih sibuk, tapi mungkin ini tidak tepat. Mungkin web pribadi saya ini sudah tidak menjadi prioritas dalam beberapa waktu, sehingga terbengkalai. Padahal saya ingin konsisten menulis di sini.

Saya mau memindah rumah web saya, ini sebagai salah satu pancingan agar saya mulai menulis lagi. Apakah efektif? saya juga tidak tahu. Saya berharap kebaruan nanti bisa memancing hasrat menulis saya lagi.

Sebenarnya agak sayang mau meninggalkan Medium ini. Sayang karena saya bisa hosting di Medium ini dengan domain pribadi secara gratis. Sejak beberapa waktu lalu Medium memberlakukan biaya kalau kita menggunakan domain pribadi di Medium. Saya beruntung dulu memindahkan domain ke Medium waktu masih gratis sampai sekarang.

Tapi mungkin ada biaya yang saya bayar di sini. Biaya yang tidak berbilang uang. Biayanya, motivasi menulis saya. Sepertinya ada rasa jenuh bagi saya di platform ini, sehingga jarang menggunakan Medium ini. Semoga nanti setelah pindahan bisa lebih semangat menulis lagi.

--

--