Topik Bahasan

Indra Lukmana
Indra Lukmana
Published in
3 min readDec 12, 2015

Saya ingin publish sesuatu tapi entah apa, sudah beberapa minggu ini mencari topik yang pantas untuk dibahas tapi pikiran dan jari ini tak kunjung trengginas. Kalau penulis professional biasanya memiliki sebuah pakem standar output tulisan. Kalau blog-web ini hanya sekedar penggedabrusan, sebenarnya jarang diisi pun tak mengapa tapi ada rasa sayang sebenarnya. Seakan waktu ini tidak tergunakan dengan baik kalau belum ada yang dituangkan.

Banyak topik yang ingin saya tulis, sesungguhnya. Tapi entah mengapa tak kunjung hadir dalam bentuk teks, hanya angan-angan saja. Apakah karena rasa malas, inferiority complex, ketakutan akan berkarya, atau apa saya juga masih belum tahu. Yang pasti akhirnya berujung pada procrastination terhadap hal yang seharusnya bisa saya kerjakan, hal yang memberikan manfaat (kemungkinan).

Mungkin sedikit saya tuliskan topik yang berkecamuk dalam alam sadar saya, semoga suatu saat besok saya bisa menjabarkannya dalam teks kata yang memberikan manfaat, paling tidak untuk saya. Topik-topik ini adalah:

  • Big Data
    Salah satu fokus bahasan yang kekinian dalam dunia IT. Termasuk dalam buzzword yang sering dibahas dalam berbagai ranah. Saya tertarik untuk berkecimpung lebih jauh di dalamnya.
  • Writing
    Menulis merupakan sebuah ekspresi diri, ejawantah jiwa dari seseorang. Bukan masalah ada yang membaca atau tidak tapi lebih pada tinggal karya dari sang penulis yang akan menjadi warisannya kepada dunia. Saya tertarik untuk mendalami bagaimana proses menulis yang baik itu, karena selama ini saya hanya angger saja saat nggedabrus seperti ini.
  • Islam
    Saya mengaku beragama islam, tapi masih banyak sisi-sisinya yang saya sendiri masih jauh dari paham. Saya menginginkan bukan hanya pemahaman tekstual tapi jauh pada hal substansi yang menjadikan diri ini pribadi yang lebih baik. Dan semoga suatu saat islam saya bisa menghilangkan tabir-tabir yang ada antara saya dengan sang khaliq, ini adalah salah satu hal yang ingin saya pelajari tapi entah belajar di mana, dari siapa, dan bagaimana.
  • Programming
    Basis pendidikan saya adalah teknologi informasi, pula pekerjaan saya juga berkecimpung di dalamnya. Pemrograman adalah dunia yang sangat luar biasa dinamis. Setiap minggu akan ada saja sesuatu yang baru dari berbagai sumber. Saya masih perlu mengidentifikasikan fokus saya dalam sisi mana untuk hal ini. Karena saya sendiri manusia biasa dengan batasan-batasan yang saya punya, tidak mungkin saya mendalami segala yang ada tentang topik ini.
  • Family
    Ini mungkin sedikit saja saya singgung, karena per tanggal ini sesuatu saya masih belum dalam tataran yang bisa diceritakan. Mungkin yang ingin saya raba sedikit dari topik ini adalah bagaimana diri saya sendiri bisa menjadi pribadi yang pantas dalam posisi sebagai suami dan orang tua nantinya. Hal yang sepertinya masih asing dan perlu banyak belajar.
  • Productivity
    Sebagai manusia yang hidup di zaman moderen seperti ini segala sesuatu diukur seringkali dalam output. Untuk output yang bagus perlu sebuah sistem yang tertata, sekarang ini banyak sistem yang dapat diadopsi untuk meningkatakan produktivitas diri. Sayangnya saya seringkali mewacana saja, sehingga masih belum menemukan proses yang paling tepat yang dapat menjadikan diri saya produktif dalam arti yang baik.
  • dll

Masih banyak lagi topik yang berkecamuk dalam pikiran saya tapi mungkin itu hal-hal yang utama. Ada lagi sebenarnya tentang perguruan tinggi dan studi lanjut, tapi masi bingung agaknya bagaimana memroses topik-topik tersebut. Semoga saja saya nanti bisa membahas topik-topik di atas dengan lebih baik dan dapat memberikan manfaat.

--

--