Bagaimana UI Designer mendapat pekerjaan?

Sampai saat ini, setahu saya ada 4 cara bagi seorang UI Designer untuk mendapatkan pekerjaan, diantaranya adalah:

  1. Melamar ke Perusahaan ataupun Startup
  2. Menunggu calon klien menghubungi
  3. Mengikuti Bidding Pekerjaan
  4. Mengikuti Kontes atau Challenge UI Design

Mari kita bahas satu persatu…


1. Melamar ke Perusahaan ataupun Startup

Jika kamu tertarik untuk bekerja di sebuah perusahaan ataupun startup sebagai UI Designer, kamu bisa mulai dengan menyiapkan portfolio mu.

Setelah itu… langsung saja buka google dan ketikkan “UI Designer Jakarta”, atau “UI Designer Surabaya”. Maka akan muncul banyak sekali hasil pencarian yang berhubungan dengan pekerjaan UI Designer

Jika kamu klik salah satu linknya, akan mengarahkan kamu ke informasi yang lebih detail.

Atau, jika kamu memang ingin sekali bekerja sebagai UI Designer di salah satu perusahaan ataupun startup favoritmu, langsung saja cari alamat email bagian HRD nya ataupun alamat email dari design team nya, Lalu kirimkan email beserta portfoliomu, lalu jelaskan alasanmu ingin bekerja disana, jelaskan juga apa impact dan kontribusi yang ingin kamu berikan ke perusahaan tersebut.

Memangnya enggak apa apa ya kirim email tetapi mereka enggak buka lowongan?

Perusahaan ataupun Startup pasti selalu mengembangkan bisnisnya. Dan untuk itu mereka akan selalu membutuhkan tenaga baru. Walaupun mereka enggak buka lowongan, tetapi kalau kamu dirasa sebagai orang yang tepat untuk mengisi salah satu posisi di perusahaan / startup tersebut, pasti kamu akan dipanggil wawancara.



2. Menunggu calon klien menghubungi

Ini yang sering saya lakukan ketika masih aktif menjadi freelancer. Saya sering sekali mengupload design hasil eksplorasi ke situs showcase portfolio, salah satunya adalah dribbble.com.

Setelah beberapa hari mengupload, ada beberapa calon klien yang menghubungi lewat email maupun lewat fitur pesan di dribbble. Mereka menawarkan project seperti design website atau design aplikasi.

Beberapa tips agar peluang dihubungi calon klien semakin besar:

  • Upload sesering mungkin
  • Upload design mu atau portfolio mu tidak hanya di satu tempat, tapi di beberapa tempat. Banyak sekali situs showcase portfolio, diantaranya adalah dribbble.com , behance.net , uplabs.com
  • Upload design mu atau portfolio mu di sosial media mu seperti Instagram, Facebook ataupun Twitter.
  • Upload pada rentang hari Senin — Jumat yang merupakan hari kerja, Asumsinya adalah hari Senin — Jumat banyak calon klien membuka situs portfolio untuk mencari designer yang sesuai dengan project yang sedang mereka kerjakan.
  • Buat thumbnail semenarik mungkin, tips membuat thumbnail yang menarik bisa disimak di artikel berikut

3. Mengikuti Bidding Pekerjaan

Simple nya seperti ini. Ada calon klien yang membutuhkan design. Entah itu design website ataupun design aplikasi. Sang calon klien menginformasikan apa saja yang dibutuhkannya.

Setelah itu setiap designer yang tertarik dengan project tersebut bisa mengajukan penawaran harga. Setelah itu sang calon klien akan memilih siapa designer yang akan bekerja dengannya.

Beberapa situs yang mempertemukan calon klien dan designer adalah:

Freelancer.com


Upwork.com


Sedikit saran saat proses bidding

Jangan takut untuk memberikan penawaran harga melebihi budget klien ataupun melebihi penawaran harga rata rata. Asalkan kamu memberitahu dengan harga segitu apa saja service yang kamu berikan, Misalnya:

  • Komunikasi yang fleksibel walaupun terdapat perbedaan timezone yang cukup jauh.
  • Intensitas update progress setiap 2 jam misalnya.
  • Melakukan usability testing untuk setiap design yang telah disetujui oleh klien

4. Mengikuti Kontes atau Challenge UI Design

Simple nya seperti ini, ada klien yang membutuhkan desain. Ia akan memberitahukan spesifikasi design yang dibutuhkan. Dan juga ia akan menentukan jumlah hadiah dan jumlah pemenang nya.

Setelah itu setiap designer bisa mengirimkan design nya, Lalu sang calon klien akan memilih design yang ia sukai dan akan memberikan hadiah yang telah ditentukan kepada sang designer yang design nya terpilih.

Beberapa situs untuk mengikuti kontes UI Design diantaranya:

99 Designs


Topcoder


Semoga bermanfaat :)

Jika ada pertanyaan silahkan mengisi kolom komentar dibawah.


Jika temen temen ada waktu luang, boleh dong membantu mengisi survey untuk meningkatkan kualitas konten di medium insight ini

Link Survey → https://goo.gl/forms/k3kubwWedjsrS3Po2

Terima Kasih :)